User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyebab impotensi pada pria bisa berasal dari berbagai macam faktor dan penyebab impotensi terbagi dalam dua bagian utama yaitu penyebab impotensi dari fisik dan psikologis, lalu apakah impotensi itu?

Impotensi adalah kondisi ketika alat kelamin pria tidak mampu untuk berereksi atau sulit bertahan di posisi ereksi walaupun sudah mendapatkan rangsangan secara seksual, sehingga hal tersebut dapat membuat kegiatan seksual terhambat.

Sehingga impotensi menjadi masalah yang sangat serius untuk semua pria, karena masalah klasik ini dapat menjadi serius jika tidak segera diobati, bahkan bisa menyebabkan seorang pria merasa tidak percaya diri dan minder dengan pasangan.

Dan pada umumnya kaum pria yang telah berusia lanjut sering mengalami gangguan tersebut dibandingkan dengan pria yang berusia lebih muda. Namun perlu diingatkan bahwa tidak semua pria yang telah berumur akan mangalami hambatan seksual tersebut.

Lalu, Apakah yang Menjadi Penyebab Impotensi Pada Pria?


A. Penyebab Impotensi Karena Kondisi Fisik
Tahukah Anda bahwa impotensi yang disebabkan oleh kondisi fisik tertentu bisa berpengaruh besar baik terhadap aliran darah yang menunju ke penis, karena sinyal syaraf menuju penis terganggu dan akhirnya menyebabkan pria mengalami kesulitan untuk berereksi selain itu gangguan hormonal yang pada akhirnya dapat menyebabkan impotensi.

Dan berikut di bawah ini adalah kondisi penyakit sistemik yang bisa menyebabkan masalah impotensi, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Gangguan pada sistem saraf yang di akibatkan oleh adanya penyakit stroke, parkinson, multiple sclerosis, cedera tulang belakang, tumor tulang belakang, cedera parah di kepala, tumor otak, penyakit alzheimer, epilepsi.

- Gangguan pada peredaran darah yang diakibatkan oleh hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

- Kelainan pada struktur penis di akibatkan oleh penyakit peyronie.

- Gangguan keseimbangan hormon.

Baca Juga: Cara Mudah Mencegah Impotensi

B. Penyebab Impotensi Karena Kondisi Psikologis
Faktor psikologis biasanya lebih jarang mengakibatkan impotensi di bandingkan penyebab fisik, dan gangguan psikologis yang menyebabkannya bervariasi dari gangguan ringan dan sementara hingga gangguan psikologis yang berat dan menetap, berikut di bawah ini adalah beberapa hal yang disebabkan oleh kondisi psikologis, diantaranya:

- Karena depresi

- Mengalami kecemasan yang berlebihan

- Mengalami perasaan bersalah

- Stres

- Perasaan sedih, marah, atau gelisah

C. Penyebab Impotensi Karena Mengkonsumsi Obat-Obatan Tertentu
Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis obat tertentu yang bisa menumbulkan efek samping berupa impotensi, karena obat-obatan tertentu bisa menjadi penyebab impotensi pada pria apabila dikonsumsi dengan secara salah, berlebihan dan dalam jangka waktu panjang.



D. Penyebab Impotensi Karena Gaya Hidup
Gaya hidup adalah faktor penyebab impotensi pada usia muda yang paling utama dan adapun gaya hidup yang bisa menyebabkan impotensi adalah:

- Kebiasaan merokok

- Konsumsi alkohol berlebihan

- Penyalahguna obat-obatan terlarang

Lalu, Apa Sajakah Gejala-Gejala Impotensi?
Gejala utama seorang pria yang mengalami impotensi meliputi sulitnya penis mencapai ereksi, sulitnya penis bertahan di posisi ereksi, serta penurunan gairah seksual. Gejala dari impotensi diantaranya adalah;

- Ereksi yang terlalu lembek untuk melakukan penetrasi hubungan seksual

- Ereksi yang terlalu singkat untuk melakukan penetrasi hubungan seksual

- Ketidak mampuan untuk mencapai ereksi

Bagaimanakah Impotensi Didiagnosis?



Biasanya dokter akan mengdiagnosa seorang pria dengan mengamati riwayat medis dan melakukan beberapa pemeriksaan fisik untuk mendapatkan diagnosa yang tepat dari kondisi impotensi yang di alami dan berbagai macam pemeriksaan yang di lakukan sebagai berikut:

- Uji pemeriksaan fisik untuk menemukan penyebab impotensi

- Melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui kemungkinan adanya penyakit diabetes, penyakit jantung, dan semua pemeriksaan hormon.

- Test urin akan dilakukan untuk mengetahui kemungkinan kadar gula darah yang tinggi dan menyebabkan impotensi.

- USG untuk mengetahui kondisi pembuluh darah pada bagian penis dan sekitarnya.

- Pemeriksaan psikologis yang berfungsi untuk menemukan penyebab impotensi dari pikiran atau stres.

Bagaimanakah Impotensi Dicegah?

Impotensi bukanlah suatu kondisi penyakit yang tidak bisa disembuhkan, dikarenakan impotensi adalah masalah seksual yang memiliki dampak yang cukup serius bagi Anda dan juga pasangan, maka tak ada salahnya jika para pria melakukan berbagai cara untuk mencegah impotensi dini.

Selain itu terdapat banyak cara mudah untuk mencegah masalah impotensi diantaranya adalah sebagai berikut:

- Berolahraga secara teratur.

- Berusaha mencegah atau mengurangi stres.

- Mengkonsumsi makanan sehat.

- Tidak merokok atau berhenti merokok.

- Tidak mengkonsumsi alkohol secara berlebihan

- Berusaha menurunkan berat badan jika mengalami obesitas

- Tidak mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

Bagaimanakah Pengobatan Impotensi Dilakukan?
Selain perawatan mandiri, mengatur pola gaya hidup, dan mengurangi kebiasan buruk, ada beberapa teknik pemberian obat-obatan dan tindakan medis yang bisa membantu anda mengatasi impotensi. Berikut di bawah ini adalah sejumlah pengobatan impotensi akan tetapi konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda, diantaranya adalah:

- Terdapat beberapa obat impotensi yang digunakan secara oral, yang memiliki efek untuk meningkatkan nitrat oksida dan fungsi dari pengobatan ini untuk meningkatkan aliran darah sehingga memungkinkan pasien mendapatkan ereksi saat memperoleh rangsangan seksual.

- Ada beberapa obat injeksi di organ vital yang harus langsung disuntikan ke pasien agar pasien segera mendapatkan ereksi dan metode ini menggunakan jarum halus untuk menyuntikan obat ke dasar atau bagian samping penis.

Nah, itulah tadi berbagai mancam penjelasan mengenai penyebab impotensi dan jika anda mengalami masalah impotensi maka segera diobati di Klinik Utama Gracia dan Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.