User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi impotensi ada baiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu impotensi? Impotensi adalah kondisi dimana seorang pria tidak mampu ereksi atau tidak dapat mempertahankan ereksi dalam waktu yang lama.

Bagi seorang pria, mengalami impotensi adalah sesuatu hal yang sangat memalukan dimana akan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dan minder dengan pasangannya. Atau bagi seorang yang sudah menikah akan membuat hubungan rumah tangga menjadi tidak harmonis, karena tidak dapat memuaskan pasangannya.

Impotensi merupakan masalah seksual yang umum terjadi dikalangan pria, sebagian besar kasus ini dialami oleh pria berusia 40 tahun keatas. Impotensi atau disfungsi ereksi bukan merupakan masalah serius apabila hanya dialami sesekali. Tetapi apabila gejalanya tidak kunjung hilang patut diwaspadai, karena hal itu bisa menjadi peringatan bahwa Anda sedang menderita gejala serius, seperti diabetes atau penyakit jantung coroner. Oleh sebab itu, kebanyakan pria mencari cara mengatasi impotensi dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas dipasaran, padahal obat tersebut memiliki efek samping yang sangat berbahaya untuk tubuh.

Penyebab Impotensi

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seorang laki-laki mengalami impotensi. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Gangguan Psikologis

Misalnya rasa cemas dan stress yang cukup tinggi dapat menyebabkan masalah ini. Kondisi stress akan membuat seorang pria tidak bisa ereksi, gangguan seperti ini bisasanya dialami oleh pria yang berumur 40 tahun keatas.

2. Gangguan Fisik

Hal ini dipengaruhi oleh berbagai aktivitas seperti pekerjaan yang berat sehingga menyebabkan tubuh menjadi sangat lelah, pernah mengalami kecelakaan sehingga menyebabkan kecacatan dan berbagai hal lain yang terjadi pada fisik.

3. Gaya Hidup Yang Tidak Sehat

Merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol atau menggunakan obat-obatan terlarang adalah penyebab umum seseorang mengalami impotensi. Efeknya mungkin tidak akan terlihat dalam waktu yang cepat, tetapi apabila terus-menerus mengkonsumsi hal tersebut tidak hanya akan menyebabkan impotensi saja, tetapi akan menyebabkan gangguan penyakit lainnya.

4. Gangguan Pada Sistem Saraf

Hal ini terjadi karena diakibatkan oleh penyakit tertentu seperti, stroke, cedera tulang belakang, tumor tulang belakang, ceder parah dikepala. Penyakit Alzheimer, epilepsy.

5. Obesitas

Kegemukan jiga bisa menyebabkan seorang pria mengalami impotensi. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal seperti gangguan metabolism tubuh yang membuat hormon reproduksi tidak berjalan dengan baik. Biasanya orang yang mengalami obesitas aliran darah dalam tubuh tidak cukup baik sehingga menghambat ereksi.



Cara Mendiagnosis Impotensi



Biasanya dokter akan menanyakan beberapa hal sebagai langkah awal pemeriksaan impotensi, termasuk untuk mencari penyebabnya. Biasanya dokter akan bertanya seputar gejala-gejala yang Anda alami, riwayat kesehatan fisik dan psikologis, termasuk obat-obatan yang sedang atau yang pernah Anda konsumsi selama ini. Dokter juga tidak akan luput menanyakan tentang gaya hidup Anda seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol atau menggunakan obat-obatan terlarang.

Adapula beberapa tes yang akan dilakukan oleh dokter untuk mengetahui penyebab dari impotensi yang Anda alami seperti :

- USG (Ultrasonografi), pemeriksaan ini untuk mengetahui kelancaran aliran darah.
- Dokter juga akan melakukan tes darah, untuk mengetahui kadar testosteron dan mendeteksi diabetes, serta penyakit lainnya.
- Tes urin, untuk mendeteksi adanya penyakit lainnya.

Apakah Impotensi Bisa Diobati?

Impotensi tentu saja dapat diobati. Pengobatan impotensi tergantung kepada penyebabnya yang diketahui melalui hasil diagnosis. Apabila impotensi disebabkan oleh diabetes atau penyakit jantung, maka yang harus diobati terlebih dahulu adalah kedua kondisi tersebut.
Saat ini ada beberapa cara mengatasi impotensi dengan melakukan prosedur operasi yang dapat diterapkan, diantaranya :

a. Pompa Vakum

Alat ini berfungsi menarik darah kedalam penis sehingga terjadi ereksi. Pompa vakum sangat efektif dalam membantu mengobati impotensi, diketahui bahwa pria yang melakukan pengobatan menggunakan pompa vakum, impotensi dapat disembuhkan.

b. Operasi

Operasi akan dilakukan jika impotensi disebabkan oleh terhalangnya suplai aliran darah dari otak ke penis. Selain itu, operasi biasanya dilakukan untuk pria yang mengalami impotensi yang disebabkan oleh masalah anatomi atau akibat cedera yang cukup serius pada bagian panggul sehingga dokter akan merekomendasikan tindakan operasi sebagai cara mengatasi impotensi.

Adapula cara mengatasi impotensi dengan menerapkan pola hidup sehat seperti :

- Berhenti merokok dan minum-minuman beralkohol agar proses penyembuhan impotensi menjadi cepat.
- Apabila Anda mengalami obesitas sebaiknya segera menurunkan berat badan agar aliran darah menjadi lancer.
- Lakukan olahraga ringan untuk membantu menggerakan tubuh dan menjaga kesehatan tubuh.
- Kurangi tingkat stress dengan melakukan aktivitas seperti liburan, berkumpul dengan keluarga, teman, dan melakukan aktivitas yang Anda sukai.
- Mengkonsumsi makanan sehat dan makanan yang dapat menambah hormon testosteron adalah cara mengatasi impotensi yang mudah dilakukan.

Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai impotensi dari penyebabnya, mendiagnosis, pengobatan serta cara mengatasi impotensi. Apabila Anda mengalami hal tersebut ada baiknya segera periksakan diri kedokter atau Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk melakukan pengobatan.

Kami juga menyediakan layanan konsultasi online gratis, apabila Anda ingin mengetahui cara mengatasi impotensi yang efektif seperti apa. Dengan cara klik gambar dibawah ini.