User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Mungkin bagi seorang pria pasti sudah tidak asing bukan jika mendengar impotensi, lalu apa itu impoten? Impoten merupakan suatu gangguan seksual yang biasanya ditandai dengan ketidakmampuan untuk mempertahankan ereksi pada Mr P saat melakukan hubungan badan dengan pasangannya.

Apa itu impoten? Diketahui bahwa impoten merupakan bentuk dari disfungsi ereksi (DE) yang merupakan sebuah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sebuah kondisi pada pria yang tidak bisa ereksi saat melakukan hubungan badan.

Terkadang walaupun bisa ereksi akan tetapi kemungkinan besar ereksinya itu terasa lembek, dan ternyata impotensi juga memiliki tingkatan yang tentu sangat bervariasi mulai dari ringan sampai berat bahkan pada tingkatan impotensi yang berat seorang pria hampir tidak bisa sama sekali untuk berereksi.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa impotensi bisa terjadi pada usia berapapun, namun lebih sering terjadi pada pria yang berusia lebih tua dari 65 tahun, sedangkan pada masalah fisik bisa menyebabkan impotensi sekitar 70% kasus, masalah emosional menyebabkan sekitar 10-20% kasus, dan 10-20% memiliki penyebab fisik dan emosional yang sangat beragam.

Lalu, Apakah yang Menjadi Penyebab Impotensi?

Diketahui bahwa penyebab impotensi yang paling umum adalah masalah kesehatan yang bisa mempengaruhi pembuluh darah dan aliran darah pada Mr P dan hal ini termasuk pengerasan arteri (aterosklerosis), yang terkait dengan diabetes, obesitas, merokok, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Karena itu masalah ini bisa jadi pertanda bahwa terdapat penyakit jantung atau masalah kesehatan serius lainnya dan penyebab umum lainnya dari impotensi meliputi:

  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kurangnya keinginan seksual, karena ini bisa diakibatkan oleh depresi, kecemasan, penyakit otak seperti stroke, dan rendahnya hormon testosteron  yaitu hormon seks pada pria
  • Karena kerusakan pada saraf bisa mengantarkan sinyal dari otak ke Mr P sehingga dapat terjadi karena adanya penyakit seperti diabetes, multiple sclerosis, cedera tulang belakang, operasi pelvis atau prostat, akibat terapi radiasi, atau trauma panggul.
  • Ketidakseimbangan hormon, karena testosteron rendah, prolaktin tinggi, dan kadar hormon tiroid yang abnormal dapat menyebabkan masalah DE
  • Penyakit ginjal dan hati kronis, karena penyakit ini bisa mempengaruhi pembuluh darah, saraf, dan kadar hormon yang bisa menyebabkan impotensi
  • Penyebab langka impotensi lainnya termasuk karena jaringan parut dan Mr P melengkung (penyakit Peyronie)

Bagaimanakah Cara Untuk Mencegah Impotensi?

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Tahukah Anda bahwa makanan yang tidak baik untuk jantung tentu saja tidak baik bagi kesehatan Mr P, karena dapat mengakibatkan kemampuannya untuk ereksi dan menyebabkan aliran darah ke Mr P terganggu.

Bahkan terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa pola makan yang sama yang dapat menyebabkan serangan jantung akibat aliran darah yang terbatas di arteri koroner juga dapat menghambat aliran darah yang menuju ke Mr P, selain itu aliran darah dibutuhkan agar Mr P bisa tetap tegak.

Diketahui bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung sedikit kandungan buah dan sayuran bersama dengan banyak makanan berlemak, makanan yang digoreng, dan olahan dapat menyebabkan penurunan sirkulasi darah ke seluruh tubuh termasuk sirkulasi darah pada Mr P.

Karena apa pun yang buruk bagi kesehatan seorang pasti juga buruk bagi kesehatan Mr P, menurut Andrew McCullough, MD, profesor urologi klinis dan direktur program kesehatan seksual pria di New York University Langone Medical Center.

Selain itu studi terbaru menunjukkan bahwa DE relatif jarang terjadi pada pria yang mengkonsumsi makanan sehat yang meliputi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, lemak sehat untuk jantung termasuk kacang-kacangan dan minyak zaitun, ikan, dan anggur yang terutama berwarna merah.

Mempertahankan Berat Badan yang Sehat

Tahukah Anda bahwa kelebihan berat badan ataupun obesitas dapat membawa banyak masalah pada kesehatan? Salah satunya termasuk diabetes tipe 2, yang ternyata dapat menyebabkan kerusakan saraf di seluruh tubuh sehingga bisa mempengaruhi saraf yang memasok darah ke Mr P dan menyebabkan impotensi.

Hindari Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol Tinggi

Ternyata kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi bisa merusak pembuluh darah, termasuk yang membawa darah ke Mr P, sehingga akhirnya hal ini bisa menyebabkan masalah impotensi.

Sehingga jika Anda merasa mengalami impotensi maka ada baiknya segera lakukan pemeriksaan kadar kolesterol dan tekanan darah ke dokter dan jika kadar kolesterol Anda tinggi maka segeralah turunkan dengan bantuan dokter.

Hindari Obat-Obatan Tertentu

Ternyata obat tekanan darah mungkin bisa menyulitkan seorang pria untuk ereksi maka ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsi obat ini, akan tetapi dokter mengatakan bahwa kebanyakan kasus ED yang disalahkan pada obat ini, namun sebenarnya disebabkan oleh adanya kerusakan arteri akibat tekanan darah tinggi (juga disebut hipertensi).

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai apa itu impotensi dan misalkan Anda menduga menderita gangguan impotensi maka sudah saatnya Anda untuk melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia.