User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

ciri-ciri pria mandul

Memiliki anak merupakan impian setiap pasangan suami istri, apa lagi bagi mereka yang baru saja menikah. Tentunya sangat bersemangat untuk memiliki momongan. Tapi apa jadinya jika si pria mengalami kemandulan? Mungkin anda sebagai wanita akan kaget. Tetapi apa sih yang menyebabkan pria mandul?

Tentunya kemandulan bukan sesautu yang diinginkan oleh setiap pasangan. Meskipun terkadang mandul bukan hanya terjadi pada wanita saja yang akan mengandung. Melainkan juga terhadap laki-laki.

Lalu bagaimana anda sebagai seorang pria mengetahui kemandulan pada diri anda? Dan bagaimana anda ingin mengetahui bagaimana anda mengalami kemandulan. Banyak mitos di Indonesia yang beredar tentang ciri-ciri fisik seseorang pria yang mengalami kemandulan.

Tentunya anda yang ingin memiliki momongan, harus mengetahui apakah anda mengalami kemandulan atau tidak. Apa lagi jika anda sudah cukup lama menikah, tetapi belum juga diberikan momongan.

Hal ini akan membuat anda panik. Apakah anda mandul atau tidak lebih baik anda mengetahui ciri-ciri seorang pria mandul. Tetapi sebenarnya kemandulan tidak hanya dialami oleh pria. Namun juga wanita, ada baiknya anda melakukan konsultasi terhadap hal ini kepada dokter kandungan anda.

Penyebab Kemandulan

Banyak hal yang mempengaruhi kemandulan. Biasanya kemandulan terjadi akibat sel jantan dalam keadaan tidak normal. Ketidaknormalan tersebut dapat dilihat dari segi jumlah dan bentuk sperma si pria. Sebenarnya cukup banyak penyebab pria mandul. Mulai dari segi fisik dan juga segi psikologis dari si pria.

  1. Verikokel

Verikokel atau pelebaran pembuluh darah vena. Pelebaran inilah yang menyebabkan seseorang mengalami kemandulan. Belum diketahui secara pasti penyebab dari verikokel. Biasanya akibat adanya varises pada testis yang menganggu kesuburan pria.

  1. Ukuran Testis

Testis merupakan produsen sperma. Jika memang testis ini mengalami masalah, maka hal ini bisa menyebabkan seorang pria mengalami kemandulan. Ada baiknya memang anda memeriksakan ukuran testis anda kepada dokter untuk mengetahui apakah sperma anda sudah bagus atau belum. Jika memang pada testis anda mengalami masalah serius, maka anda akan mendapatkan penanganan medis.

  1. Ejakulasi

Faktor ejakulasi juga menjadi penyebab seorang pria dikatakan mandul atau tidak. Gangguan ejakulasi bisa terdiri dari ejakulasi dini, ejakulasi retrogade, dan volume ejakulasi rendah. Berikut penjelasannya:

Ejakulasi Dini:

Ejakulasi dini merupakan satu kejadian dimana saat melakukan orgasme dan pria mengeluarkan sperma dalam waktu singkat. Faktor ejakulasi dini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya faktor biologis maupun psikologis si pria tersebut.

Ejakulasi Retrogade Menjadi Salah Satu Ciri Pria Mandul

Ejakulasi jenis ini mempengaruhi bagaimana seorang pria mengalami ejakulasi, tetapi sperma tidak keluar melalui penisnya. Melainkan karena sperma masuk ke dalam kantung kemih anda. Ejakulasi ini juga mempengaruhi kemandulan seorang pria.

Volume Sperma

Jumlah sperma yang keluar dari penis seorang pria akan mempengaruhi pembuahan pada wanita. Padahal jika anda mengalami hal ini maka potensi anda untuk memiliki momongan dalam waktu dekat pun akan sulit tercapai.

Infeksi Prostat

Infeksi prostat pun bisa mempengaruhi seorang pria menjadi mandul atau tidak. Infeksi ini biasanya terjadi akibat masuknya bakteri ke dalam kandung kemih, jika anda memang sudah merasakan hal ini sudah sebaiknya diperiksakan ke dokter. Karena infeksi prostat dapat menyebabkan kemandulan secara sementara maupun kemandulan secara permanen.

Gaya Hidup

Gaya hidup seorang pria juga akan mempengaruhi kualitas spermanya. Jika anda tidak bisa menjaga pola hidup yang baik, maka itu akan mempengaruhi kualitas sperma anda. Bahkan hal ini juga akan menyebabkan anda mengalami kemandulan yang cukup berarti.

Ciri-Ciri Pria Mandul

Pria yang mandul bisa dilihat dari ciri-ciri yang menyelimuti dalam dirinya. Meskipun tidak terlihat, namun bagi wanita dapat melihat apakah pria anda dalam keadaan mandul atau tidak. Berikut ciri-ciri pria mandul:

Sperma yang Buruk

Bilamana anda memiliki sperma yang buruk, maka dapat dipastikan anda akan mengalami kemandulan. Kualitas sperma bisa terlihat dari volume sperma yang keluar ketika anda sedang berhubungan intim. Sperma yang berkualitas berjumlah 2-2,5ml, jika sperma anda keluar kurang dari itu maka dapat dipastikan sperma anda bermasalah.

Hal lain yang memperngaruhi sperma adalah warna dari sperma. Sperma yang baik berwarna putih keabu-abuan. Namun jika sperma berwarna campur antara merah dan putih maka bisa dipastikan sperma tidak dalam keadaan yang cukup baik.

Testis

Jika testis milik anda tidak turun, bisa dikatakan anda akan mengalami kemandulan. Karena testis sangat mempengaruhi keluarnya sperma. Sehingga hal ini wajib anda jaga dan anda pastikan jika testis tersebut bisa turun dengan baik dan mengeluarkan sperma.

Impotensi

Impotensi juga sangat mempengaruhi kemandulan seorang pria. Karena biasanya seorang pria mengalami kemandulan. Impotensi adalah sebuah gejala dimana penis pria tidak dapat ereksi ataupun bisa berereksi namun hanya dalam waktu singkat. Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, beberapanya adalah sering merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Gangguan Hormon

Gangguan hormon menyebabkan kondisi seorang pria mengalami kemandulan. Gangguan hormon adalah seberapa banyak atau rendah hormon seseorang sehingga mempengaruhi kesuburannya.

Penyakit Genetik

Kelainan genetik bisa disebabakan dari timbulnya kelebihan kromosom seks. Sehingga hal ini menyebabkan kemandulan pada seorang pria.

Apa yang harus anda lakukan ketika sudah mengalami kemandulan? Salah satu caranya mudahnya anda harus melakukan perubahan pola hidup. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang kemandulan dengan ahlinya, maka anda bisa mengunjungi Klinik Utama Gracia.