User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyebab sering buang air kecil, Foto: Kompas.com

Terlalu sering buang air kecil memang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi bagaimana jika anda lebih sering buang air kecil dengan jumlah urine yang banyak padahal anda tidak banyak mengkonsumsi cairan. Bisa jadi penyebab sering buang air kecil ini bisa diindikasikan jika anda mengalami gangguan kesehatan.

Setiap manusia normal, mereka biasanya buang air sebanyak 1-1,8 liter dalam satu hari. Namun apabila anda melebihi jumlah tersebut, maka anda harus mencoba untuk berkonsultasi kepada dokter. Terlebih bila anda harus terbangun di malam hari hanya karena kebelet pipis. Ini kan cukup menganggu istirahat anda.

Mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkan anda mengalami gangguan tersebut. Terutama kondisi kesehatan tubuh anda. Sehingga anda diminta untuk tidak menyepelekan hal ini. Karena memang hal terbaik adalah mengetahui apa yang menjadi kendala anda sering pipis.

Beberapa hal yang mempengaruhi seringnya anda buang air:

  1. Infeksi saluran Kemih atau Urinary Tract Infection (UTI)

Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang sistem organ kemih yang terdiri dari ginjal, ureter, uretra, serta kandung kemih. Organ tersebut mengalami infeksi. Biasanya hal ini terjadi apabila anda mengalami sering kencing dan saat anda mengeluarkan urine terasa sakit.

Infeksi Saluran Kemih biasanya cukup banyak dialami oleh wanita. Hal ini disebabkan uretra wanita lebih pendek. Terkadang terjadi karena organ kemih terinfeksi bakteri e.Coli. Bakteri ini biasanya muncul karena seseorang tidak membuang air kecil dan besar secara tidak bersih. Bisa juga disebabkan oleh alat pembersihnya yang tidak higienis.

  1. Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang bisanya menyerang ginjal. Penyakit ini disebabkan oleh timbulnya sesuatu didalam ginjal yang cukup keras, sehingga disebut batu ginjal.

Batu ginjal tersebut timbul akibat zat-zat kotoran yang menumpuk dalam ginjal sehingga mengkristal. Sehingga kristal tersebut harus dibuang dalam waktu sesegera mungkin, agar tidak terlalu banyak dan tidak lagi membesar didalam ginjal. Biasanya penderita batu ginjal akan merasa sakita dibagian perut bawah, dan air urine yang keruh.

  1. Diabetes Menyebabkan Sering Buang Air Kecil

Mengapa demikian? hal itu dikarenakan tubuh yang ingin mencoba membersihkan diri dari gula darah yang cukup banyak didalam tubuh. Sifat gula akan selalu ingin menarik air dalam tubuh dan menyebabkan anda selalu ingin ke kamar mandi bahkan ketika anda dalam istirahat malam.

  1. Mengkonsumsi Obat Diuretik

Obat diuretik merupakan obat yang cukup sering dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Jika anda memang sedang dalam konsumsi obat diuretik akan sering membuang urine. Hal ini karena obat bekerja untuk meningkatkan cairan melalui ginjal, sehingga anda selalu merasakan ingin buang urine.

  1. Gangguan Prostat

Gangguan prostat bisa diamati dari gejala yang muncul. Biasanya jika anda mengalami gangguan prostat anda sering kencing di malam hari, dan saat pagi anda sulit kencing dan terasa sakit. Jika gejala ini semakin para bisa menyumbat saluran urine. Sehingga anda harus memeriksakannya ke dokter.

  1. Sering Minum

Sering minum membuat anda sering ke kamar mandi, mungkin ini menjadi satu hal yang wajar. Namun jika anda tidak banyak minum tapi anda selalu ingin pipis maka ini harus segera diselesaikan. Mungkin ini terjadi akibat adanya gangguan pada saluran kemih anda.

Jika hal tersebut terjadi, maka anda bisa coba berkonsultasi kepada dokter yang profesional dalam hal ini. Anda juga bisa mengunjungi Klinik Utama Gracia, Jakarta Pusat untuk mengkonsultasikan penyebab anda sering pipis. Tenaga medis di Klinik Gracia akan membantu anda untuk menyembuhkan penyakit yang anda derita hingga tuntas.