User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Phimosis

Mungkin sebagian dari anda masih belum begitu banyak mengetahui tentang penyakit kelamin yang diderita oleh laki-laki yaitu, Phimosis. Phimosis adalah dimana kulup (kulit) penis pada laki-laki tidak bisa ditarik kembali melewati kelenjar atau ditarik kembali ke belakang. Sehingga muncul sebuah pembengkakan seperti adanya balon dibawah penis.

Phimosis terjadi akibat lubang pada kulup menyempit. Sehingga membuat air kencing tidak dapat keluar dengan lancar. Sehingga akan menyebabkan infeksi, bahkan jika tidak diatasi segera bisa terjadi kencing nanah dan penyakit ginjal lainnya.

Kondisi ini tidak hanya diderita oleh laki-laki dewasa. Penyakit kelainan pada kelamin ini sebenarnya sudah dialami oleh anak laki-laki, disebut sebagai fimosis fisiologis.

Sebenarnya penyakit kelainan pada kelamin ini sudah bisa dideteksi oleh orang tua sejak anak masih bayi. Namun penyakit tersebut akan hilang dengan sendirinya ketika anak memasuki usia tiga tahun.

Jika hal ini tetap terlihat ketika anak berusia tujuh hingga delapan tahun maka orang tua harus segera menindak lebih jauh dan membawa anak datang ke dokter kelamin. Untuk itu anda sebagai orang tua juga wajib mengecek kesehatan anak, termasuk kesehatan organ intim mereka.

Dimana biasanya jika seseorang menderita penyakit kelamin, maka saat penisnya ditarik ke belakang sehingga kepala penis tidak terlihat, dan saat kencing merasa sakit maka kemungkinan sang anak mengalami phimosis.

Biasanya hal ini bisa terjadi sejak si anak memasuki masa kanak-kanak. Dimana pada saat itu mereka sering melakukan menarik penis dengan cara memaksa. Akibat dari tarikan tersebut menyebabkan infeksi pada penis.

Hal lain yang bisa dideteksi oleh orang tua adalah ketika anak anda membuang urin. Dimana urine tertahan terlebih dahulu sebelum keluar, setelah tekanan akan terlihat gelembung, setelah itu urine keluar. Penyakit ini tidak hanya menyerang anak-anak saja, tetapi juga menyerang orang tua.

Biasanya penderita penyakit kelainan kelamin ini, urin tidak keluar secara keseluruhan. Mereka tertahan dibelakang kulit penis. Sehingga lama-kelamaan kulit tersebut akan mengalami munculnya bakteri pada penis.

Ada baiknya memang ketika seorang anak laki-laki dan dewasa mengalami hal yang ganjal pada organ intimnya. Agar segera untuk membawanya ke dokter kelamin, agar segera mendapatkan pertolongan sejak dini.

Namun jika hal itu terjadi saat anda dewasa, maka ada beberapa hal yang harus segera anda lakukan untuk mendapatkan penyembuhan dan menghindari lebih parahnya penyakit kelamin yang satu ini.

Karena biasanya penyakit ini terjadi akibat infeksi yang semakin parah. Bagi orang dewasa, penyakit ini akan terasa ketika ereksi. Saat ereksi maka akan terasa nyeri yang berlebihan. Sehingga hal ini harus dilakukan sesegera mungkin.

Berikut beberapa penyebab Phimosis:

  1. Tidak Merawat Penis secara bersih
  2.  Penyakit Diabetes
  3.  Balinitis (Rasa nyeri pada kulit dan kepala penis)
  4.  Urine Tidak Dikeluarkan Hingga Habis

Cara Mengobati Phimosis:

  1. Menggunakan Salep Khusus

Penggunaan salep ini digunakan agar kulit penis elastisitas. Salep ini juga bisa membantu untuk mengurangi peradangan dan juga pembengkakan pada penis. Pemberian salep ini dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. Tidak bisa hanya sebentar.

Tetapi banyak yang menilai, penggunaan salep tidak bisa mengobati dalam jangka waktu yang panjang. Pengunaan salep hanya bisa dilakukan secara sementara. Jika memang sudah tidak bisa diatasi dengan salep, maka anda harus melakukan langkah lain untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

  1. Meregangkan Lubang

Cara ini menjadi satu cara pengobatan yang cukup berbahaya. Karena anda harus meregangkan lubang penis dengan sendirinya. Bahkan ada yang melakukannya dengan membuka lubang menggunakan jari. Cara ini cukup berbahaya, terlebih jika anda melakukannya saat tangan anda dalam keadaan kotor dan cukup banyak bakteri yang menempel.

Tentunya hal ini harus dilakukan dengan saran dari dokter. Jangan sampai anda melakukannya hanya dari pengetahuan anda sendiri. Jangan sampai anda mengalami paraphimosis saat melakukan peregangan.

Paraphimosis adalah terjebaknya kulup dibelakang bagian depan penis. Sehingga kulup tidak kembali pada posisi normal. Jika anda mengalami hal ini maka anda harus mencoba menarik kembali dan coba konsultasikan kepada dokter.

  1. Khitan

Mungkin cara operasi yang terbaik dalam mengobati penyakit kelainan kelamin ini adalah dengan sunat. Memang banyak yang mengatakan jika sunat merupakan cara terbaik untuk menghindari dan mengobati setiap penyakit kelamin.

Untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik dan lebih tepat, anda disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Anda bisa melakukan konsultasi langsung dengan tim medis kami dengan mengklik banner di bawah ini.