User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

kutil kelamin

Kondilama akumilata mungkin tidak banyak yang mengetahui mengenai penyakit dari virus infeksi menular seksual. Kondilama merupakan penyakit yang dikenal ditularkan dari Human Papillomavirus (HPV), penyakit ini sering dikenal dengan sebutan kutil kelamin.

Baik pria maupun wanita sangat rentan terkena virus tersebut. Virus HPV menular melalui kontak seksual, yakni melalui hubungan seks, maupun melalui ciuman. Penderita yang mengalami kutil kelamin merupakan mereka yang sering bergonta-ganti pasangan.

Apabila anda sudah tertular penyakit kondiloma, maka anda harus melakukan perawatan hingga kutil-kutil pada hilang. Dan virus HPV sudah tidak ada lagi di tubuh anda. Perawatan yang dilakukan akan cukup lama sesuai dengan seberapa parahnya.

Gejala Kondiloma Akuminata

Gejala umumnya pada tahap awal, virus HPV akan menimbulkan kutil-kutil kecil yang kasat mata. Terkadang penderita tidak menyadari bahwa ia sudah terinfeksi virus HPV tersebut. Bahkan kutil tumbuh disekitar area genital dengan satu per satu sehingga akan menjadi cukup banyak.

Selain itu, kutil ini pun akan menyebabkan rasa gatal pada penderitanya, serta nyeri dibagian genital. Kutil yang tumbuh juga bisa pecah saat anda melakukan penetrasi. Sehingga menyebabkan rasa nyeri pada bagian genital.

Meskipun sebenarnya kondiloma akuminata bukanlah penyakit serius, karena keberadaan kutil tidak akan menganggu tingkat kesuburan, dan juga menganggu organ reproduksi lainnya. Namun hanya memunculkan tekanan psikologis pada penderitanya.

Dimana Kutil Akan Muncul?

Karena penyakit kondiloma akuminata menyerang bagian genital, maka kutil-kutil tersebut akan tumbuh dibagian-bagian genital. Bagian-bagian tersebut terdiri dari sekitar penis, vagina, dan juga dubur. Kutil memiliki warna merah ataupun abu-abu.

Apabila kutil pada laki-laki akan tumbuh disekitar batang penis, ujung penis, buah zakar, selangkangan, sekitar anus, dan juga uretra. Sementara pada wanita kutil akan muncul di vulva, dubur, wilayah antara anus dan vagina, leher rahim, serta paha bagian atas.

Tidak hanya itu, bagi orang yang sering melakukan oral seks, maka kutil pun dapat muncul disekitar mulut dan tenggorokan. Meskipun tidak akan menganggu tingkat kesuburan seseorang, kondiloma akuminata dapat membuat penderitanya merasa tidak percaya diri.

Bagaimana Mengobati Kutil Kelamin?

Kutil-kutil pada area genital bisa hilang dengan melakukan pengobatan dan beberapa perawatan sendiri di rumah. Adapun cara terbaik untuk menyembuhkan kutil-kutil tersebut, anda harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu di dokter spesialis kelamin untuk mengetahui penyebab kutil tersebut.

kondiloma akuminata

Pengobatan Medis

Dalam pengobatan medis terdapat dua cara yang biasa dilakukan untuk menyembuhkan kondiloma akuminata. Dua cara ini dilihat tergantung dengan seberapa parah kutil yang berada disekitar area genital. Kedua tindakan tersebut dikenal dengan pengobatan topikal dan ablasi.

Pengobatan topikal

Pengobatan topical merupakan salah satu teknik pengobatan dengan cara lokal. Yakni pengobatan yang dilakukan dengan cara menggunakan obat dari luar. Misal mengoleskan obat pada area yang menjadi penyebab penyakit.

Menggunakan Asam Trikloroasetat

Penggunaan asam ini digunakan untuk mematikan sel-sel penyebab kutil. Caranya adalah dengan mengoleskan asam pada bagian yang terdapat kutil. Anda akan merasakan rasa panas ketika kutil dioleskan asam trikloroasetat. Petunjuk pemakaian pun harus melalui petunjuk dokter.

Podophyllotoxin

Obat ini akan meracuni sel-sel penyebab kutil, sehingga kutil-kutil tersebut menjadi mati. Obat ini biasa digunakan untuk menghancurkan kutil-kutil yang satu per satu. Maupun mengobati kutil yang berjumlah kelompok. Namun obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada ibu hamil.

Imiquimod

Obat jenis ini akan berfungsi untuk membantu tubuh meningkatkan metabolism. Karena bakteri HPV menyerang metabolisme tubuh. Sehingga tubuh dapat melawan bakteri yang terdapat pada area genital. Obat ini akan membuat seseorang mengalami iritasi ringan.

Cara Ablasi

Apabila ketiga cara diatas tidak bisa menangani kutil kelamin. Maka anda harus menjalani ablasi. Ablasi semacam operasi kecil untuk menghilangkan kutil kelamin. Ada tiga teknik yang biasa digunakan dalam pembedahan kondiloma akuminata.

  • Eksisi, pemotongan pada kutil
  • Bedah listrik, akan dilakukan teknik pembakaran pada kutil-kutil diarea genital
  • Cryotheraphy, pembekuan jaringan kutil
  • Laser, teknik ini menggunakan laser untuk menghilangkan jaringan kutil

Itulah cara mengobati kutil kelamin yang anda alami. Apabila anda sudah melihat diarea genital ada jaringan kutil. Maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kelamin untuk menangani kutil anda. Jangan sampai anda telat dalam menangani kutil tersebut.