User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

kondiloma akuminata

Kata kondiloma akuminata mungkin tidak banyak mengetahuinya. Masyarakat mungkin lebih mengenal dengan sebutan jengger ayam ataupun kutil kelamin. Memang hal itu tidak salah karena kondiloma akuminata adalah penyakit dengan timbulnya jaringan kutil pada kelamin.

Kutil ini timbul karena adanya virus dari infeksi menular seksual yang menyerang si penderitanya. Kutil yang sering disebut juga sebagai jengger ayam ini memang memiliki bentuk jengger ayam. Pada awalnya memang hanya bintik-bintik kecil yang menumpuk dan semakin banyak, sehingga akan terbentuk seperti jengger ayam ataupun kembang kol.

Kondiloma akuminata akan menyerang bagian sekitar vagina, penis, dan juga anus. Penyebab dari kondiloma akuminata adalah human papillomavirus (HPV). Virus ini menular dari hubungan seks. Hampir semua orang yang aktif secara seksual baik laki-laki maupun perempuan bisa mengalami virus ini. Namun wanita lebih rentan terkena dibandingkan pria.

Pada pria biasanya kutil ini akan menyerang bagian pangkal penis. Sementara pada wanita lebih mudah terserang pada bagian bibir vagina. Jika sering melakukan hubungan seks melalui anus, kutil pun bisa timbul pada bagian anus. Virus HPV sangat senang berada di kondisi yang lembab, jika dibagian genital anda memiliki kelembapan, maka perkembangbiakan virus pun semakin besar.

Gejala Kondiloma akuminata

Banyak orang yang tidak mengetahui apa saja gejala yang timbul selain adanya kutil, seperti:

  • Benjolan memiliki warna keabuan dan memiliki warna yang mirip dengan kulit
  • Kutil timbul dibagian berdekatan
  • Timbul rasa gatal dibagian kelamin dan area genital lainnya
  • Adanya darah ketika berhubungan seksual

Kutil biasanya akan tumbuh setelah satu hingga enam bulan tertular virus HPV. Pada wanita hamil, virus akan mempengaruhi kekebalan tubuh dan pertumbuhan kutil bisa sangat cepat. Sehingga harus segera diatasi dan ditangani.

Penyebab Kutil Kelamin

Kondiloma akuminata adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi menular seksual. Dimana tertular dari hubungan seks. Adapun sebab lain yang menyebabkan terkena kutil kelamin ini adalah :

  • Melakukan Seks Tidak aman
  • Sering melakukan seks dengan berganti-ganti pasangan
  • Berhubungan seks dengan penderita HPV
  • Aktif seks sejak muda

Diagnosis

Mendiagnosis kondiloma akuminata sangat mudah jika kutil terlihat, namun akan sulit jika kutil terdapat pada dinding rahim. Jika berada pada dinding rahim harus melakukan pemeriksaan pap smear untuk mengetahui kondisi tersebut.

Tes pap smear dilakukan dengan cara mengambil sel pada dinding rahim wanita untuk diteliti di laboratorium. Selain dengan pap smear, wanita juga bisa melakukan pemeriksaan dengan tes HPV, tes ini juga berlaku untuk laki-laki untuk melihat adanya virus HPV pada tubuh anda.

Pengobatan Kutil Kelamin

Setelah sudah melalui diagnosis, maka anda akan menjalani pengobatan untuk menghilangkan kutil tersebut dari daerah genital anda. Pengobatan dilakukan ketika penderita sudah merasa tidak nyaman dengan keberadaan kutil. Jika kutil tidak memberikan efek apapun, maka pengobatan tidak diperlukan.

Namun usai melakukan pengobatan, dokter akan memberikan beberapa jenis obat kutil kelamin untuk masa pemulihan. Pengobatan menggunakan obat-obat umum seperti :

Imiquimod

Imiquimod merupakan obat yang berupa krim, dimana obat imiquimod sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh dalam melawan virus HPV. Saat anda sedang menggunakan krim ini jangan melakukan hubungan seks.

Podifilin dan Podofilox

Obat ini merupakan obat yang mampu menghancurkan sel-sel penyebab kutil kelamin. Pada penggunaan pertama, obat ini harus dokter yang memberikan. Setelah itu maka anda bisa mengaplikasikan sendiri di rumah, dengan saran dokter.

Asam Triklorosetat

Obat ini untuk membunuh kutil kelamin yang ada didalam area genital. Namun anda akan mengalami iritasi seperti nyeri dan iritasi ringan lainnya.

Sinekatekin

Ini merupakan krim yang bisa digunakan disekitar anus. Namun saat digunakan akan mengalami kemerahan pada kulit, dan timbulnya rasa gatal.

Pembedahan

Pembedahan dilakukan, ketika penggunaan obat diatas sudah tidak bisa lagi dilakukan. Ada empat macam pembedahan yang biasa dilakukan yakni:

  • Bedah beku, dimana akan menyebabkan kebekuan pada kulit sehingga menimbulkan luka dan akan muncul jaringan kulit baru.
  • Elektrokauter, ini merupakan salah satu cara untuk melakukan pembakaran kutil utnuk membakar jaringan kutil kelamin.
  • Bedah eksisi, merupakan pembedahan untuk memotong jaringan kutil kelamin, dan biasanya akan dilakukan pembiusan agar pasien tidak merasakan sakit saat pemotongan.
  • Laser, merupakan penghancuran jaringan menggunakan gelombang cahaya.

Kondiloma akuminata adalah penyakit kelamin yang harus segera diobati jika anda sudah tertular. Karena jika tidak akan sangat berbahaya terhadap kondisi area genital anda. Apabila anda membutuhkan konsultasi medis maka anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.