User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Herpes merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian kulit. Ada dua macam herpes, kali ini kita akan membahas mengenai herpes genital. Herpes genital merupakan salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang menular dari hubungan seks. Penyebab penyakit herpes genital adalah virus herpes simplexs.

Meskipun virus ini akan selalu hidup pada tubuh manusia, dan mereka akan kembali aktif kembali ketika daya tahan tubuh sudah mulai menurun. Penularan virus herpes simpleks sendiri melalui membran mukosa tubuh, seperti kulit, mulut, dan kelamin.

Gejala umum herpes adalah ketika anda menemukan adanya luka yang cukup membuat rasa perih disekitar kelamin. Gejala ini merupakan salah satu gejala umum tertular virus herpes simpleks. Luka ini akan pecah dan menjadi luka yang terbuka. Meskipun menimbulkan gejala timbulnya luka, namun sebagian besar penderita herpes tidak menemukan gejala apapun. Sehingga mereka tidak menyadari jika sudah tertular herpes.

Gejala Herpes Simpleks

  • Timbulnya luka berwarna merah tanpa rasa sakit, gatal
  • Adanya rasa sakit ketika buang air kecil
  • Adanya sakit pada bagian punggung
  • Timbul rasa sakit disekitar daerah genital
  • Adanya luka pada leher rahim
  • Keluarnya cairan semacam keputihan pada vagina bagi wanita
  • Demam
  • Flu
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mudah mengalami kelelahan

Itulah beberapa gejala yang bisa menjadi tanda bahwa anda sudah terserang herpes simpleks. Namun banyak penderita herpes yang tidak menyadari bahwa virus tersebut sudah masuk ke dalam tubuh. Sehingga mereka menganggap hal itu adalah biasa dan tidak ada masalah berarti pada tubuh mereka.

Ketika virus sudah menyerang tubuh anda, bukan berarti virus tersebut akan langsung aktif. Mereka mungkin akan mulai aktif beberapa bulan bahkan tahun kemudian setelah menular. Ketika gejala diatas pun sudah tidak menyerang tubuh anda, bukan berarti virus juga hilang.

Diagnosis Herpes

Bagaimana anda mengetahui, apakah anda sudah tertular virus herpes atau belum? Salah satu caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kelamin. Dokter biasanya akan menanyakan gejala apa saja yang pernah anda alami hingga anda beranggapan bahwa sedang terserang virus herpes simpleks.

Untuk memperkuat diagnosis, dokter pun akan mengambil sampel dari tubuh anda. Sampel tersebut bisa dari bekas luka. Hasil tersebut akan di uji laboratorium untuk mengetahui keberadaan virus herpes yang ada pada tubuh anda.

Sebaiknya, jika anda wanita yang sedang hamil untuk segera melakukan pemeriksaan lebvih lanjut ke dokter kelamin. Hal ini dilakukan untuk menghindari janin yang ada dalam tubuh anda tertular virus herpes simpleks tersebut. Karena wanita yang mengandung dapat menularkan virus herpes yang ada dalam tubuhnya kedalam janinnya.

Penyebab Penyakit Herpes

Penyakit herpes tertular melalui hubungan seks, baik itu seks kelamin, anal, maupun seks oral. Virus herpes simpleks sendiri memiliki dua jenis yakni HSV 1 dan HSV 2. HSV 1 biasanya akan menyerang bagian atas seperti mulut atau yang dikenal dengan sebutan cold sores. Sementara jika HSV 2 biasanya menyerang bagian perut bawah, seperti kelamin.

Virus HSV tidak akan bisa hilang dari dalam tubuh penderitanya. Meskipun virus tersebut tidak akan aktif, namun tetap berada didalam tubuh. Virus HSV bisa akatif kembali ketika metabolisme tubuh anda sedang menurun.

Pengobatan Penyebab Penyakit Herpes

Penyakit herpes tidak bisa disembuhkan secara keseluruhan. Apabila anda mengunjungi dokter pun, dokter hanya akan memberikan obat-obat antibodi. Obat ini hanya berfungsi agar virus HSV tidak berkembang biak dan semakin memperparah kesehatan anda.

Cara termudah agar anda terhindar dari penyakit herpes adalah dengan melakukan seks aman. Seperti seks menggunakan kondom, dan juga melakukan hubungan seks hanya dengan satu pasangan saja. Jika anda sering bergonta-ganti pasangan maka sangat mudah tertular virus HSV.

Itula pembahasan mengenai penyakit herpes genital. Apabila anda mengalami gejala seperti yang sudah dijelaskan diatas sebaiknya segera periksakan diri anda ke Klinik Utama Gracia, supaya segera mendapatkan pengobatan dan infeksi virus tidak menyebabkan komplikasi. Konsultasikan dengan tim medis kami melalui chat online dengan cara klik gambar dibawah ini atau melalui telepon dengan menghubungi kami di 081336361555.