User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Apakah penyebab penyakit herpes kelamin dapat diketahui? Kondisi ini bisa disebabkan oleh virus yang menghasilkan ruam berwarna merah melepuh pada alat kelamin. Penyakit herpes kelamin terbagi menjadi 2 yaitu herpes oral dan herpes genital. Dalam ke 2 kasus tersebut, virus dapat memasuki epidermis atau lapisan terluar kulit dan dapat menyebabkan luka berkembang. Luka yang terbuka ini memiliki kecenderungan untuk kambuh dan menyebar atau menular melalui kontak kulit ke kulit dan dapat diatasi dengan pengobatan meskipun virusnya tidak dapat dihilangkan.

Penyakit Herpes Kelamin Adalah

Apakah penyebab penyakit herpes kelamin sangat bahaya? Penyakit herpes kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum. Lalu apakah penyebab penyakit herpes dikenali? Kondisi ini disebabkan oleh virus. Pada kebanyakan orang yang terinfeksi penyakit herpes kelamin penularannya sangat ringan akan tetapi beberapa dapat memiliki gejala yang menyakitkan. Oleh karena ini pentingnya melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter dan melakukan pengobatan.

Apakah Penyebab Penyakit Herpes Kelamin Secara Umum


Apakah penyebab penyakit herpes kelamin ini diketahui? Kondisi ini disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV). Virus ini lebih dari 25 virus yang dapat menyebabkan luka. Penyakit herpes kelamin disebabkan oleh tipe 1 dan tipe 2. Selain itu ketahui apakah penyebab penyakit herpes kelamin ini sangat berbahaya?

• Herpes Simpleks Virus (HSV) Tipe 1
Apakah penyebab penyakit herpes kelamin berbahaya? Virus yang menyebabkan luka dan umumnya dapat menghasilkan gejala yang lebih ringan daripada HSV tipe 2, akan tetapi masih sangat menular dan bisa mengakibatkan ketidaknyamanan.

• Herpes Simpleks Virus (HSV) Tipe 2
Apakah penyebab penyakit herpes kelamin menular? Virus ini dapat menghasilkan gejala yang lebih parah daripada HSV tipe 1 dan sama menularnya. Infeksi dengan ke 2 nya dapat terjadi selama hidupnya. Meskipun lepuhan sangat menular, sebagian besar penularan terjadi ketika tidak adanya tanda-tanda infeksi yang jelas. Virus ini melepaskan sejumlah kecil partikel melalui kulit dalam perjalananya dari akar saraf tempatnya berada di dalam tubuh.

Baca Juga : Kenali, Apakah Penyakit Herpes Kelamin Berbahaya Jika Tertular?

 

Apa Saja Gejala Penyakit Herpes Kelamin?

Pada kebanyakan orang yang menderita penyakit herpes kelamin dan tidak mengetahui saat mengidap penyakitnya karena tidak adanya gejala. Namun jika memiliki gejala, dan gejalanya dapat meliputi:
 
• Gejalanya mirip dengan gejala pada flu dengan adanya demam, sakit dan nyeri di punggung bawah, kaki dan selangkangan.
• Kesemutan.
• Lepuhan yang menyakitkan pada penis atau di sekitar anus.
• Terasa nyeri saat berhubungan intim.
• Penyakit herpes kelamin gejala awal bisa terjadi selama 10 hari untuk bisa ditangani.
• Gejala selanjutnya biasanya semakin ringan dan berlangsung hanya beberapa hari dan menjadi jarang terjadi. Atau bisa tidak terjadi sama sekali.
• Beberapa orang pernah mengalami gejala tahap awal.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Herpes Kelamin?


Lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter setelah diketahui adanya gejala. Tidak ada tes atau pengujian rutin untuk penyakit herpes kelamin jika tidak adanya gejala sama sekali. Pada kebanyakan kasus, dokter dapat mendiagnosis penyakit herpes kelamin dengan melihat adanya kulit yang terkena paparan.

Dokter dapat mendiagnosis dengan mengambil cairan dari area yang terinfeksi. Swab dianalisis di laboratorium. Swab seperti cotton bud akan tetapi lebih kecil dan berbentuk bulat. Disapu di bagian tubuh yang terinfeksi untuk mengambil sampel cairan. Biasanya terasa menyengat jika lepuhan dan lukanya terasa lunak.

Dengan tes atau pengujian darah secara khusus bisa dilakukan untuk mencari antibodi terhadap virus. Tidak digunakan sebagai tes atau pengujian rutin untuk penyakit herpes kelamin dan kemungkinan tidak terlalu akurat. Tes atau pengujian skrining (Pap Smear) dan tes atau pengujian darah rutin tidak dapat mendeteksi HSV.

Apa Pengobatan Yang Ampuh Untuk Mengobati Penyakit Herpes Kelamin?


Apakah penyebab penyakit herpes kelamin ini bisa diobati? Pengobatan dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit dan untuk mencegah virus berkembang biak. Pengobatan sangat dianjurkan ketika memiliki gejala awal karena dapat mengobatinya lebih awal. Pengobatan dimulai dalam 5 hari gejala pertama dan sementara lepuhan serta luka baru masih terbentuk. Pengobatan antivirus dilakukan setiap hari selama 5 hari.

Beberapa orang terbantu dengan adanya pengobatan antivirus ketika gejala penyakit herpes kelamin yang lainnya muncul. Setiap orang yang memiliki gejala berulang (kambuh) biasanya lebih dari 5 kali dalam 1 tahun dapat diberikan pengobatan yang lama untuk mengurangi jumlah gejala. Pengobatan atau terapi supresif dapat direkomendasikan.

Pengobatan ini untuk mengurangi peluruhan asimtomatik dan dapat menghentikan gejalanya. Jika sedang hamil atau sedang program hamil, konsultasikan dengan dokter sehingga dapat direkomendasikan pengobatan khusus. Agar pengobatan lebih aman untuk calon janin. Karena penyakit herpes kelamin disebabkan oleh virus, maka pengobatan antibiotik tidak dapat membantu.

Untuk lebih jelasnya hubungi kami di Klinik Utama Gracia untuk melakukan pengobatan penyakit herpes kelamin. Hubungi nomor kami di 085714263063 atau bisa juga dengan mengkonsultasikannya melalui layanan online seperti dibawah ini. Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya, karena sangat terjangkau.

Baca Juga : Penyakit Herpes Kelamin Adalah Lepuhan Kulit Berisi Cairan

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.