User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit herpes kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh virus tipe 1 dan tipe 2. Penyakit herpes kelamin adalah penyakit yang didefinisikan sebagai infeksi virus pada pangkal paha, area kemaluan, uretra (tabung urine dan semen keluar dari tubuh), vagina, vulva, serviks (leher rahim), klitoris, labia, penis, perineum (area antara anus dan skrotum atau vagina), anus, rektum atau bokong.

Pengertian Penyakit Herpes Kelamin Adalah

Penyakit herpes kelamin adalah IMS dari virus yang menyebabkan luka. Sebagian orang yang aktif secara seksual dapat menderita penyakit herpes kelamin. Penyakit herpes kelamin dapat menyebabkan pecahnya lepuhan atau luka pada alat kelamin dan anus. Setelah terinfeksi, maka dapat terus memiliki gejala selama hidupnya. Jika memiliki penyakit ini maka segera lakukan konsultasi dengan dokter sesegera mungkin untuk memastikan diagnosis dan pengobatan terbaik.

Penyebab Penyakit Herpes Kelamin Adalah


Virus yang dapat menyebabakan penyakit herpes kelamin adalah Herpes Simpleks Virus (HSV) yang biasanya menyebar atau menular dari 1 orang ke orang lainnya selama hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral. Virus ini dapat masuk ke tubuh melalui kulit. Dan juga bisa masuk melalui kulit di mulut, penis, vagina, lubang saluran kemih atau anus.

Penyakit herpes kelamin paling mudah menyebar atau menular ketika lepuhan atau luka dapat terlihat pada orang yang terinfeksi. Akan tetapi dapat menyebar atau menular kapan saja bahkan ketika orang tersebut menderita penyakit herpes kelamin yang tidak mengalami gejala apapun. Penyakit herpes kelamin juga dapat menyebar atau menular dari 1 area di tubuh ke area lain di tubuh.

Jika menyentuh luka pada alat kelamin maka dapat membawa virusnya ke jari-jari tangan. Kemudian dapat menularkan ke bagian lain dari tubuh termasuk mulut atau mata. Wanita hamil harus mengkonsultasikan dengan dokter dan melakukan pemeriksaan jika memiliki penyakit herpes kelamin atau jika pernah melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi.

Jika memiliki infeksi penyakit herpes kelamin aktif dalam dekat waktu kelahiran maka dpaat menularkannya pada bayinya. Ketika bayi melewati jalah lahir dan bersentuhan dengan luka maka dapat terinfeksi vrius ini. Ini dapat menyebabkan kerusakan otak, kebutaan atau bahkan kematian pada bayi yang baru lahir. Jika memiliki gejala penyakit herpes kelamin yang aktif ketika akan melahirkan. Dokter dapat menyarankan untuk melakukan operasi caesar. Maka bayi tidak harus melalui jalan lahir dan terkena virus.

Baca Juga : Waspada Tanda Penyakit Herpes Pada Kelamin Laki Laki

 

Gejala Penyakit Herpes Kelamin Adalah

Pada kebanyakan penderita penyakit herpes kelamin tidak memiliki gejala. Terkadang gejalanya sangat ringan dan mirip dengan gejala kondisi kulit lain. Jika mengalami adanya gejala, maka gejalanya kemungkinan dapat termasuk:
 
• Luka yang sangat menyakitkan di area genital, dubur, bokong atau paha.
• Terasa gatal.
• Kencing yang menyakitkan.
• Keputihan atau adanya cairan yang berwarna putih.
• Benjolan di pangkal paha.
 
Selama gejala pertama kemungkinan gejalanya mirip seperti gejala flu. Termasuk terasa sakit pada seluruh tubuh, demam dan sakit kepala. Pada kebanyakan orang yang memiliki infeksi penyakit herpes kelamin akan menaglami gejala luka dan gejalanya dari waktu ke waktu. Gejalanya biasanya tidak terlalu parah dibandingkan gejala awal. Frekuensi gejala juga cenderung menurun dari waktu ke waktu.

Cara Akurat Mendiagnosis Penyakit Herpes Kelamin


Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan melihat adanya luka. Dengan melakukan kultur cairan dari luka dan melakukan pengujian untuk penyakit herpes kelamin. Tes atau pengujian darah atau tes dan pengujian lainnya pada cairan dari blister juga bisa dilakukan. Dokter dapat mendiagnosis penyakit herpes kelamin dengan melakukan pemeriksaan.

Selain itu juga dengan menanyakan mengenai gejala dan faktor risiko saat penularan infeksi tersebut. Jika kondisi ini adalah gejala pertama, biasanya dengan mengambil sampel jaringan dari rasa sakit untuk dilakukan tes atau pengujian. Tes atau pengujian ini dapat membantu memastilkan penderita alami penyakit herpes kelamin. Selain itu juga dapat dilakukan tes atau pengujian darah.

Cara Ampuh Atasi Penyakit Herpes Kelamin


Jika merasa memiliki penyakit herpes kelamin maka segera lakukan konsultasi dan lakukan pemeriksaan dengan dokter sesegera mungkin. Lebih mudah untuk didiagnosis ketika adanya luka. Selain itu dapat lebih cepat melakukan pengobatan dan lebih sedikit rasa sakit yang terjadi oleh infeksi. Tidak ada pengobatan untuk penyakit herpes kelamin.

Akan tetapi pengobatan dapat membantu. Pengobatan dapat melawan virus penyakit herpes kelamin. Pengobatan dapat mempercepat penyembuhan dan dapat mengurangi rasa sakit pada kebanyakan orang. Pengobatan ini dapat diberikan saat muncul gejala awal atau gejala saat kambuh kembali. Saat mengobati gejala berulang atau gejala yang kambuh dapat merasakan kesemutan, terasa terbakar atau terasa gatal-gatal.

Pengobatan dapat dilakukan setiap hari untuk mencegah kekambuhan lagi. Pengobatan untuk penyakit herpes kelamin adalah pengobatan yang harus dilakukan secara rutin dan efektif. Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya dalam menangani setiap permasalahan penyakit menular. Info lebih jelas hubungi kami di 085714263063 atau dengan layanan dibawah ini.

Baca Juga : Penyakit Herpes Kelamin Bisa Sembuh Total Jika Diobati Dengan Tepat

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.