User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin adalah salah 1 penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum. Bentuk penyakit jengger ayam bisa juga menyerupai bunga kol. Sebagian besar orang dapat terpapar. Dan tidak semua orang yang terinfeksi dapat mengalami gejala. Penyakit jengger ayam adalah pertumbuhan atau benjolan yang muncul di vulva, didalam atau disekitar vagina atau anus, di serviks (leher rahim), di penis, di skrotum, di pangkal paha, di paha, di mulut atau di tenggorokan.

Penyakit Jengger Ayam Yang Dimaksud Adalah

Penyakit jengger ayam adalah infeksi menular seksual (IMS) virus yang paling umum. Penyakit jengger ayam disebabkan oleh virus yang dapat ditularkan selama kontak seksual. Tidak semua orang yang menderita virus dapat mengembangkan kutil kelamin. Pada kebanyakan orang termasuk yang memiliki kutil yang terlihat, virusnya dapat tidak aktif dari tubuh seiring waktu.

Adakah Yang Menyebabkan Penyakit Jengger Ayam?


Penyakit jengger ayam disebabkan oleh infeksi kulit pada area genital dan anal dengan Human Papilloma Virus (HPV). Ada lebih dari 100 jenis HPV yang dapat mempengaruhi bagian tubuh yang berbeda termasuk tangan dan kaki (kutil pada kaki disebut veruka). Sekitar 30 jenis HPV dapat hidup di dalam dan di sekitar area genital dan anal, akan tetapi sebagian besar bentuk penyakit jengger ayam disebabkan oleh 2 jenis virus yaitu tipe 6 dan tipe 11 yang tidak menyebabkan kanker.

Baca Juga : Apakah Penyakit Jengger Ayam Bisa Sembuh Dengan Cepat?

 

Tanda Dari Bentuk Penyakit Jengger Ayam

Jika kutilnya muncul, bisa muncul dari waktu 3 minggu hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah bersentuhan dengan virus. Adanya pertumbuhan kecil dengan bentuk penyakit jengger ayam seperti daging, benjolan atau perubahan kulit yang kemungkinan muncul dimana saja di area genital atau anal. Berikut tanda-tanda dari bentuk penyakit jengger ayam, antara lain:
 
• Pada alat kelamin wanita, kutil dapat ditemukan pada vulva (bibir di sekitar lubang vagina), serviks (leher rahim) dan di dalam vagina.
• Pada alat kelamin pria, kutil dapat ditemukan pada penis, skrotum dan uretra (tabung tempat keluarnya urine).
• Kutil kelamin juga dapat ditemukan di paha atas dan di sekitar atau di dalam anus.
• Kemungkinan adanya kutil dengan melihatnya dan merasakannya atau dapat diperhatikan oleh orang lain. Karena sangat kecil atau sangat sulit untuk dilihat sehingga tidak mengetahuinya saat memilikinya.
• Bentuk penyakit jengger ayam berupa benjolan yang kecil dan rata atau cukup besar atau benjolan seperti bunga kol.
• Kutil dapat muncul dengan sendirinya (kutil tunggal) atau secara berkelompok.
• Kutil kelamin biasanya tidak menimbulkan rasa sakit akan tetapi terkadang terasa gatal dan menyebabkan beberapa peradangan.
• Gejalanya dapat menyebabkan perdarahan dari anus atau uretra.
• Jika aliran urine terdistorsi kemungkinan tandanya kutil di uretra.

Bagaimana Bentuk Penyakit Jengger Ayam Didiagnosis?


Lakukan pemeriksaan jika adanya kontak dengan virus. Karena kutil yang terlihat tidak selalu berkembang secara langsung. Pemeriksaan utama untuk kutil kelamin adalah untuk melihat adanya kutil kelamin dengan menggunakan mikroskop. Selain itu melakukan pemeriksaan internal vagina atau anus untuk melihat kutil didalamnya.

Kasus yang jarang, perlu dilakukan biopsi (sampel kecil) kutil untuk pemeriksaan lebih dekat. Tergantung pada area yang diperiksa, anestesi lokal dapat digunakan. Tidak ada tes atau pengujian darah secara rutin untuk jenis virus ini. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan terbaik penyakit jengger ayam ini.

Cara Mudah Obati Penyakit Jengger Ayam


Pengobatan dilakukan jika memiliki kutil yang terlihat. Pengobatan akan tergantung pada bentuk penyakit jengger ayam, banyaknya jumlah kutil dan letak keberadaan kutil. Tujuan pengobatan adalah untuk menghilangkan kutil yang terlihat. Pengobatannya harus dilakukan secara efektif dan bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis kutil.

Pengobatan yang digunakan tergantung pada sistem kekebalan tubuh dalam melawan virusnya. Pengobatan kutil lebih awal cenderung membuat kutil sembuh lebih cepat. Karena kutil disebabkan oleh virus dan bukan bakteri, pengobatan antibiotik tidak akan menghilangkan kutil. Kutil yang terlihat dapat dihilangkan dengan beberapa cara yang berbeda diantaranya:

• Pembekuan (Cryotherapy).
• Pembakaran (Electrocautery) dengan anestesi lokal.
• Pembedahan dengan anestesi lokal.
• Laser dengan anestesi lokal.

Beberapa kutil kemungkinan menyebabkan ketidaknyamanan akan tetapi tidak terasa sakit. Pengobatan dapat menyebabkan iritasi dan nyeri selama beberapa hari. Dokter dapat merekomendasikan pengobatan untuk menghilangkan rasa sakit. Pencegahan yang lainnya termasuk:

• Usahakan hindari sabun, minyak, busa, krim atau lotion hingga pengobatannya selesai karena benda-benda ini dapat mengiritasi kulit.
• Konsultasikan dengan dokter ketika sedang hamil atau sedang program hamil, karena pengobatan bisa disesuaikan dengan kondisi kehamilan.
• Tidak melakukan pengobatan tanpa resep dari dokter.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melakukan pengobatan ini di Klinik Utama Gracia. Lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokternya. Dengan menghubungi nomor kami di 085714263063 atau dengan mengkonsultasikannya terlebih dahulu melalui layanan konsultasi online seperti dibawah ini. Dokter klinik kami dapat membantu semua keluhan Anda.

Baca Juga : Inilah Salah Satu Ciri Penyakit Jengger Ayam

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.