User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit herpes pada kelamin laki laki adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh virus. Sebagian besar penyakit herpes pada kelamin terjadi pada seseorang berusia 14 tahun hingga 49 tahun. Penularan dari pria yang terinfeksi ke pasangan wanitanya lebih sering terjadi. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan organ kelamin dengan benar. Dengan tidak melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan seksual.

Pengertian Utama Penyakit Herpes

Penyakit herpes pada kelamin laki laki adalah infeksi menular seksual (IMS) yang menyebabkan luka kulit di area genital. Penyakit herpes pada kelamin laki laki menyebar atau menular dari orang ke orang melalui :
 
• Kontak langsung kulit kelamin ke kontak kulit.
• Seks vaginal (penis dalam vagina).
• Seks anal (penis dalam dubur).
• Seks oral (mulut ke penis).
• Mulut ke mulut.
 
Sementara virusnya lebih mungkin ditularkan ketika luka kulit trelihat, virusnya juga dapat menyebar atau menular ketika tidak adanya gejala.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Herpes?


Penyakit herpes pada kelamin adalah infeksi yang disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1 dan tipe 2.

• Virus tipe 1 dapat ditularkan ke alat kelamin akan tetapi yang paling utama dapat mempengaruhi mulut dan dapat menyebabkan infeksi.
• Virus tipe 2 dapat mempengaruhi alat kelamin. Sangat jarang ditularkan ke mulut.

Setiap orang dengan penyakit herpes pada kelamin tipe 1 atau tipe 2 akan tetap terinfeksi selama hidupnya.

Baca Juga : Penyakit Herpes Kelamin Bisa Sembuh Total Jika Diobati Dengan Tepat

 

Apa Saja Gejala Penyakit Herpes Pada Kelamin Laki Laki?

Gejala penyakit herpes pada kelamin laki laki bervariasi dari orang ke orang. Sebagian orang tidak mengetahui saat menderita penyakit herpes karena gejalanya sangat ringan atau bahkan tidak ada gejala sama sekali. Gejala muncul dalam 20 hari setelah paparan. Gejala penyakit herpes pada kelamin laki laki dapat termasuk:
 
• Lepuhan berisi cairan di area genital (batang penis, kulup penis, skrotum, didalam uretra, bokong, anus atau paha).
• Terasa nyeri di area genital atau anal.
• Terasa nyeri saat kencing.
• Seperti flu (mengalami demam dan nyeri pada persendian atau otot).
• Pembengkakan nyeri di kelenjar getah bening pangkal paha.
• Terasa gatal pada kelamin dengan atau tanpa luka.

Bagaimana Mendiagnosis Penyakit Herpes Pada Kelamin?


Dokter dapat mendiagnosis penyakit herpes pada kelamin dengan pemeriksaan visual jika gejalanya terlihat. Dokter dapat mengambil sampel dari rasa sakitnya dan melakukan tes atau pengujian. Terkadang infeksi HSV ini dapat didiagnosis dengan melakukan tes atau pengujian darah. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar lebih mudah untuk mendiagnosis penyakitnya.

Selama gejalanya aktif, tahap awal atau berulang, sangat penting untuk melakukan beberapa langkah pencegahan untuk mempercepat penyembuhan dan untuk menghindari penyebaran atau penularan infeksi ke area lain dari tubuh atau ke orang lain. Langkah-langkah pencegahannya adalah dengan cara sebagai berikut:

• Usahakan menjaga area yang terinfeksi agar tetap bersih dan kering untuk mencegah infeksi berkembang.
• Usahakan hindari menyentuh luka. Mencuci tangan setelah kontak dengan luka.
• Hindari kontak seksual saat gejala awal hingga lukanya sembuh. Atau hingga bekas keropengnya hilang dan kulit baru telah terbentuk diatas area luka.

Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Herpes Pada Kelamin?


Tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan penyakit herpes. Namun pengobatan antivirus dapat mencegah atau mempersingkat gejalanya. Selain itu, terapi supresi dengan pengobatan antivirus untuk penyakit herpes yang dapat mengurangi penularan ke orang lain. Penyebab penyakit herpes dengan luka dapat diobati dengan pengobatan anti retroviral.

Pengobatan dapat membantu mempercepat atau menyembuhkan luka selama gejalanya ada dan mengurangi jumlah gejala serta mengurangi penyebaran atau penularan virus ke orang lain selama gejalanya masih ada. Untuk lebih jelas lakukan pengobatan secara langsung hanya di Klinik Utama Gracia. Pengobatannya ditangani langsung oleh dokter ahli dengan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk info hubungi kami di 085714263063 atau dengan layanan online dibawah ini.

Baca Juga : Cegah Penyakit Herpes Kelamin Pada Pria Sejak Dini

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.