User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Apakah penyakit jengger ayam bisa sembuh? Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin disebabkan oleh virus dan merupakan pertumbuhan yang kecil atau benjolan yang muncul di sekitar area genital atau anal. Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin adalah jenis ke 2 yang paling umum dari infeksi menular seksual (IMS) setelah klamidia.

Pengertian Tentang Penyakit Jengger Ayam

Penyakit jengger ayam bisa sembuh dengan apa? Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin muncul sebagai pertumbuhan atau benjolan. Kutil dapat bergelombang maupun rata, pertumbuhan tunggal maupun ganda, berbentuk kecil maupun besar. Penyakit jengger ayam cenderung berwarna seperti daging atau berwarna putih dalam penampilannya. Kutil biasanya tidak menyebabkan rasa gatal, terbakar atau sakit. Namun sebagian besar infeksi virusnya tidak akan menyebabkan kutil yang terlihat dan kebanyakan orang tidak mengetahuinya ketika memiliki virus didalam tubuhnya.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Jengger Ayam?


Apakah virus penyakit jengger ayam bisa sembuh? Virus yang menyebabkan penyakit jengger ayam disebut Human Papilloma Virus (HPV). Infeksi HPV adalah IMS yang paling umum. Ada lebih dari 180 jenis HPV. Kebanyakan dari HPV ini tidak menimbulkan masalah. Dan beberapa dapat menyebabkan kutil pada bagian tubuh yang lain namun bukan di area alat kelamin.

Tipe 6 dan tipe 11 paling sering dikaitkan dengan kutil kelamin. Jenis HPV tertentu lainnya dapat menyebabkan perubahan prekanker pada serviks (leher rahim) atau kanker serviks (leher rahim) dan disebut sebagai HPV berisiko tinggi. Virus ini juga dapat menyebabkan kanker vagina atau kanker vulva, kanker anal dan kanker tenggorokan atau kanker mulut.

Cara yang paling umum untuk penularan HPV adalah melalui kontak kulit ke kulit dengan seseorang yang memiliki virus. Kontak tubuh sebagai bagian dari aktifitas seksual seperti seks vaginal atau seks anal, kontak genital ke genital non penetrasi, berbagi mainan seks (seks toys) atau dengan seks oral juga dapat menular.

HPV tidak dapat menular dari berciuman, berpelukan atau berbagi handuk dan berbagi pakaian atau melalui barang keseharian seperti peralatan makan atau kursi toilet. Kondom dapat membantu melindungi dari HPV akan tetapi virusnya masih bisa menular melalui area genital di sekitarnya yang bersentuhan.

Baca Juga : Inilah Salah Satu Ciri Penyakit Jengger Ayam

 

Gejala Umum Pada Penyakit Jengger Ayam

Sebagian besar orang yang memiliki infeksi HPV tidak memiliki gejala yang terlihat dan bisa berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum penyakit jengger ayam muncul. Jika penyakit jengger ayam muncul, pertumbuhannya dapat berupa tunggal atau berkelompok seperti bunga kol. Biasanya menimbulkan rasa sakit akan tetapi pada beberapa orang bisa juga merasakan gatal dan dapat meradang serta menyebabkan sedikit perdarahan. Area yang paling umum tumbuhnya penyakit jengger ayam ini ada di:
 
• Di sekitar pembukaan vagina (vulva).
• Di sekitar serviks (leher rahim).
• Di dalam vagina.
• Di sekitar atau di dalam anus.
• Di paha atas.
• Di area penis.
• Di atas skrotum.
• Di dalam uretra (area urine keluar) pada pria.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Jengger Ayam?


Penyakit jengger ayam bisa sembuh dengan melakukan diagnosis terlebih dahulu, melakukan beberapa tes atau pengujian yang menghasilkan sampe yang akan dianalisis di laboratorium untuk mendapatkan hasil diagnosis yang akurat dan bisa disarankan pengobatan terbaik. Jika mencurigai memiliki penyakit jengger ayam atau jika pasangan seksual memiliki infeksi ini maka harus segera melakukan konsultasi dengan dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan melihat area pertumbuhan penyakit jengger ayam tersebut. Dalam beberapa kasus, pemeriksaan yang lebih rinci dilakukan untuk melihat adanya kutil di dalam vagina atau di anus. Jika diagnosisnya diketahui, maka tahap selanjutnya bisa melakukan pengobatan untuk penyakit jengger ayam ini.

Penyakit Jengger Ayam Bisa Sembuh Jika Diobati Sejak Dini


Dengan pengobatan yang efektif, penyakit jengger ayam bisa sembuh. Pengobatan bersifat opsional karena sebagian besar kutil kelamin akan hilang seiring waktu akan tetapi bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan penampilan yang buruk. Penyakit jengger ayam bisa sembuh dengan pengobatan terbaik seperti Cryotherapy (pembekuan) kutil, laser dan operasi.

Karena penyakit jengger ayam disebabkan oleh virus, dengan pengobatan akan menghilangkan kutilnya namun tidak dapat menghilangkan virusnya. Kutil dapat muncul kembali saat infeksinya aktif kembali. Umumnya kutil tidak menimbulkan gejala apapun, akan tetapi kemungkinan menimbukan rasa sakit, gatal dan penampilan buruk.

Pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter tergantung pada berapa banyak kutil yang dimiliki, letak keberadaan kutil dan seberapa besar bentuknya. Untuk lebih jelasnya lakukan konsultasi sesegera mungkin di Klinik Utama Gracia. Klinik ini menangani penyakit jengger ayam atau kutil kelamin dan penyakit kelamin lainnya. Untuk kontak hubungi di 085714263063 atau dibawah ini.

Baca Juga : Penanganan Aman Untuk Penyakit Jengger Ayam Wanita

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.