User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit herpes kelamin pria adalah penyakit menular seksual (PMS) yang umum. Penyakit herpes kelamin pria dapat menyebabkan luka pada penis dan di sekitar anus. Ketahui tanda-tanda menderita penyakit herpes kelamin dan gejala yang disebabkan oleh virus tersebut. Penyakit herpes kelamin diobati dengan pengobatan antivirus. Pengobatan ini dapat membantu tubuh melawan virus dan gejalanya lebih ringan dan hilang lebih cepat dibandingkan tidak melakukan pengobatan antivirus.

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Herpes Kelamin?

Virus penyakit herpes kelamin adalah virus yang sangat umum yang menyerang pria dan wanita. Virus yang menyebabkan penyakit herpes kelamin sangat mirip dengan virus yang menyebabkan luka. Virus akan tetap berada di tubuh dan beberapa dari pria menderita gejala berulang. Setiap orang dapat tertular penyakit herpes kelamin saat berhubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi.
 
Penyakit herpes seringnya tidak ditandai dengan gejala. Penularannya dari pasangan yang tidak mengetahui saat telah terinfeksi. Dengan menggunakan kondom setiap kali berhubungan seksual sangat mengurangi risiko terkena penyakit herpes kelamin atau infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Namun kondom tidak sepenuhnya dapat melindungi terhadap IMS tersebut.

Ketahui Penyebab Penyakit Herpes Kelamin


Penyakit herpes kelamin adalah IMS yang mempengaruhi sebagian pria berusia antara 14 tahun hingga 49 tahun. Ada 2 virus yang dapat menyebabkan penyakit herpes kelamin diantaranya:

• Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1.
• Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 2.

Baca Juga : Penyakit Herpes Genitalis Apakah Berbahaya?

 

Tanda-Tanda Penyakit Herpes Kelamin Pria

Tanda dan gejala penyakit herpes kelamin pria seringkali muncul sangat ringan. Sangat mudah keliru mengenai tanda dan gejalanya seperti jerawat kecil atau rambut yang tumbuh di dalam. Luka penyakit herpes kelamin muncul sebagai benjolan kecil berwarna merah atau lepuhan berwarna putih. Benjolan ini dapat muncul di bagian manapun dari alat kelamin.
 
Jika salah 1 dari lepuhan ini pecah, kemungkinan terlihat adanya ulkus yang menyakitkan. Ulkus ini bisa mengeluarkan cairan atau dapat menyebabkan sakit saat kencing. Saat bisulnya sembuh, ulkus tersebut akan membentuk keropeng. Usahakan tidak menyentuh keropeng, karena hanya akan membuat area keropeng tersebut lebih iritasi. Gejala potensial lainnya dapat termasuk:
 
• Terasa gatal di alat kelamin.
• Terasa sakit di alat kelamin.
• Gejalanya mirip dengan flu termasuk sakit di tubuh dan demam atau menggigil.
• Pembengkakan kelenjar getah bening di area selangkangan.

Penyakit Herpes Kelamin Dan Cara Mendiagnosisnya


Penyakit herpes kelamin tidak selalu menyebabkan gejala, konsultasikan dengan dokter untuk lebih jelas. Dokter dapat mendiagnosis dengan melihat gejalanya. Selain itu juga dapat mengambil sampel cairan dari blister dan melakukan tes atau pengujian darah. Pertanyaan mengenai riwayat seksual sangat penting untuk membantu menentukan tes atau pengujian untuk IMS yang harus dilakukan.

Atasi Sejak Dini Penyakit Herpes Kelamin Pria


Tidak ada pengobatan untuk penyakit herpes kelamin pria. Akan tetapi pengobatan antivirus dapat membantu mencegah virus berkembang biak dan dapat mengurangi jumlah gejala yang dimiliki. Selain itu juga dapat mengurangi risiko penularan virus ke orang lain. Pengobatan antivirus umum yang digunakan pada sebagian orang dengan mengobatinya saat gejala pertama muncul.

Akan tetapi jika gejalanya sering kambuh, maka harus direkomendasikan pengobatan setiap harinya. Untuk menghilangkan rasa sakit dan rasa gatal. Usahakan agar alat kelamin tetap bersih dan kering selama adanya gejala tersebut. Bisa juga dengan mengompres dengan air dingin (es) tertutup selama beberapa kali dalam 1 hari.

Pengobatan ini harus selalu berdasarkan resep dari dokter. Oleh karena itu pentingnya mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter. Karena jika melakukan pengobatan bebas ditakutkan adanya efek samping tersendiri pada tubuh karena tidak sesuai dengan diagnosis dari dokter atas hasil tes dan pengujian akuratnya. Kontak kami di 081336361555 dengan Klinik Utama Gracia. Klinik aman dan terpercaya dalam menangani permasalahan penyakit andrologi, ginekologi dan PMS lainnya.

Baca Juga : Herpes Genital Berulang Apa Berbahaya?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.