User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh Spirochete. Namun ada berbagai ciri ciri penyakit sipilis wanita yang harus diketahui. Penyakit sipilis dapat mempengaruhi seluruh tubuh dan memerlukan pengobatan dengan antibiotik sejak dini untuk menghindari masalah serius. Infeksi ini mudah diobati jika dikenali dan terdeteksi dan mudah dihindari dengan menggunakan kondom atau pengurangan jumlah pasangan seksual.

Pengertian Penyakit Sipilis Adalah

Penyakit sipilis adalah salah 1 IMS yang lebih dikenal sebagai penyakit menular seksual (PMS). Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, dikenali dengan adanya luka ulseratif terbuka atau chancre pada alat kelamin, mulut, anus atau dubur. Pengobatan antibiotik dapat mengobati penyakit sipilis akan tetapi tergantung pada tahapan infeksinya. Setiap tahap memiliki ciri ciri penyakit sipilis wanita yang khas dan kemungkinan terjadi komplikasi.

Apa Penyebab Utama Penyakit Sipilis?


Treponema Pallidum adalah bakteri berbentuk spiral yang menyebabkan penyakit sipilis. Bakteri ini kemungkinan masuk ke dalam selaput lendir dan memasuki kulit. Penyakit sipilis ditularkan melalui seks oral, seks vaginal dan seks anal atau dari ibu ke anaknya selama kehamilan. Penyakit sipilis dapat menular melalui ciuman jika kulit yang sakit bersentuhan dengan luka yang terbuka. Penyakit sipilis tidak dapat ditularkan melalui kursi toilet, peralatan yang dipakai secara bersamaan atau peralatan makan.

Baca Juga : Tanda Dan Gejala Penyakit Sipilis Pada Wanita

 

Ketahui Ciri Ciri Penyakit Sipilis Wanita

Beberapa ciri ciri penyakit sipilis wanita ditandai dengan tahapan infeksi. Berikut adalah ciri ciri penyakit sipilis wanita, meliputi:
 
• Tahap Primer
Ditandai dengan adanya chancre dan biasanya dalam waktu 21 hari setelah terpapar. Karena chancre biasanya tidak terasa sakit, chancre dapat dengan mudah diatasi. Tanpa adanya pengobatan, chancre dapat hilang dalam 3 minggu hingga 6 minggu, namun infeksinya akan tetap berada di dalam tubuh dan bisa berpindah ke tahap sekunder.
 
• Tahap Sekunder
Terjadi dalam 4 minggu hingga 10 minggu setelah infeksi tahap primer. Salah 1 ciri ciri penyakit sipilis wanita yang khas adalah ruam yang menyebar atau menular luas pada tubuh dan paling jelas terlihat pada telapak tangan dan telapak kaki. Ciri ciri penyakit sipilis wanita mirip dengan flu yang dapat menyertai ruam. Kondisi ini cenderung sembuh tanpa pengobatan dalam 3 minggu hingga 6 minggu namun infeksi tetap berada di dalam tubuh dan berpindah ke tahap laten.
 
• Tahap Laten
Ditandai dengan tidak adanya ciri ciri penyakit sipilis wanita yang relatif yang berlangsung dari tahunan hingga dekade. Didasarkan pada tes atau pengujian darah untuk didiagnosis. Tahap ini bisa berlanjut ke tahap tersier.
 
• Tahap Tersier
Tahap infeksi yang paling serius. Ditandai dengan penyakit utama kulit, tulang, jantung, hati dan organ lainnya. Neurosipilis adalah komplikasi yang paling parah dan mempengaruhi otak dan paling sulit diobati.
 
• Penyakit Sipilis Bawaan
Kondisi medis serius dimana seorang ibu yang terinfeksi menularkan penyakit sipilis ke bayinya yang belum lahir. Selain gangguan paru-paru, hati, limpa dan otak. Penyakit sipilis kongenital dapat menyebabkan kelainan fisik dan wajah, keterlambatan perkembangan dan kecacatan intelektual.

Bagaimana Penyakit Sipilis Didiagnosis?


Tes atau pengujian non treponemal dapat mendeteksi kerusakan yang disebabkan oleh Treponema Pallidum didiagnosis bersamaan dengan tes atau pengujian treponemal dapat mendeteksi bakteri tersebut. Ke 2 tes atau pengujian ini berbasis darah. Karena tes atau pengujian non treponemal lebih sensitif maka biasanya dilakukan terlebih dahulu.

Jika hasil tes atau pengujian positif, tes atau pengujian treponemal akan digunakan untuk mengkonfirmasi diagnosis. Dengan tes atau pengujian darah, penyakit sipilis biasanya dapat dideteksi dalam 1 minggu atau 2 minggu setelah paparan. Darah, jaringan dan cairan tubuh juga dapat dilakukan tes atau pengujian dengan prosedur mikroskop. Prosedur ini dapat memberikan bukti visual yang jelas. Prosedur ini dapat digunakan selama infeksi dini atau tahap lanjut ketika infeksi lebih sulit untuk didiagnosis.

Pengobatan Yang Cocok Untuk Penyakit Sipilis


Infeksi penyakit sipilis dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Melalui intravena dianggap sebagai pengobatan ampuh, akan tetapi pengobatan yang lain dapat digunakan jika seseorang mengalami alergi terhadap pengobatan tersebut. Pengobatan penyakit sipilis dapat bervariasi berdasarkan tahapan infeksinya.

• Penyakit sipilis tahap laten, tahap primer dan tahap sekunder dapat diobati dengan pengobatan intravena tunggal.
• Penyakit sipilis tahap laten dan tahap tersier membutuhkan pengobatan intravena dosis lebih, dan diberikan dalam 1 minggu.
• Penyakit sipilis tahap tersier sama dengan pengobatan penyakit sipilis tahap laten jika otak dan sistem saraf pusat tidak terlibat.
• Neurosipilis membutuhkan pengobatan antara 10 hari hingga 14 hari, baik dengan pengobatan biasa atau kombinasi pengobatan intravena dan pengobatan oral.

Bahkan jika infeksi tahap tersier diobati, segala kerusakan yang terjadi pada otak atau organ lainnya kemungkinan tidak dapat dipulihkan seperti semula. Pengobatan tambahan termasuk operasi yang kemungkinan diperlukan untuk membantu mengelola atua memperbaiki kerusakan yang ada. Untuk lebih aman dan jelasnya segera hubungi Klinik Utama Gracia dengan nomor 081336361555 atau layanan dibawah ini.

Baca Juga : Apa Penyakit Sipilis Bisa Diobati?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.