User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit jengger ayam atau kutil kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS). Kenali salah satu ciri penyakit jengger ayam secara umum. Ciri penyakit jengger ayam adalah benjolan kecil pada alat kelamin yang bisa dilihat atau yang bisa dirasakan. Penyakit jengger ayam biasanya tidak terasa sakit. Penyakit jengger ayam disebabkan oleh virus. Penyakit jengger ayam dapat tumbuh pada vagina, vulva, serviks (leher rahim), dubur, penis dan terkadang di mulut atau di tenggorokan.

Penyakit Jengger Ayam Adalah

Ciri penyakit jengger ayam atau kutil kelamin adalah benjolan yang kecil, rata dan berwarna seperti daging atau bisa berbentuk bunga kol. Penyakit jengger ayam disebabkan oleh virus. Ada banyak jenis virus, akan tetapi tidak semua virus dapat menyebabkan penyakit jengger ayam. Virus penyebabnya dikaitkan dengan kanker vulva, kanker anus dan kanker penis. Namun infeksi virus ini tidak selalu menyebabkan kanker.

Apa Penyebab Umum Penyakit Jengger Ayam?


Human Papilloma Virus (HPV) adalah penyebab penyakit jengger ayam atau kutil kelamin. HPV adalah IMS. Cara penularan paling umum tentang HPV adalah saat melakukan hubungan seks oral, seks anal dan seks vaginal dengan seseorang yang terinfeksi HPV. Salah 1 cara untuk mencegah penyakit jengger ayam adalah tidak melakukan hubungan seksual.

Jika aktif secara seksual, maka harus melakukan hubungan seks hanya dengan pasangan yang tidak terinfeksi HPV untuk menurunkan risiko terkena penyakit jengger ayam. Penyakit jengger ayam yang tidak terlihat bukan berarti tidak memiliki virusnya. Infeksi dapat memiliki masa inkubasi yang panjang. Terkadang penyakit ini membutuhkan waktu selama bertahun-tahun untuk berkembang.

Pada wanita, penyakit ini kemungkinan tumbuh pada area yang sulit dilihat seperti di dalam tubuh atau di permukaan serviks (leher rahim). Dengan menggunakan kondom dapat mencegah penularan HPV dari seseorang yang memilikinya. Namun kondom juga tidak selalu bisa menutupi kulit yang terinfeksi virus tersebut.

Baca Juga : Penanganan Aman Untuk Penyakit Jengger Ayam Wanita

 

Tanda-Tanda Dan Ciri Penyakit Jengger Ayam

Jika melihat atau meradakan benjolan yang tidak biasa pada alat kelamin atau jika berhubungan seksual dengan seseorang yang memiliki penyakit jengger ayam maka segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Penyakit jengger ayam kemungkinan tidak selalu jelas, seperti ketika tumbuh di serviks (leher rahim) atau di dalam uretra (tabung pengeluaran dari kandung kemih).
 
Ciri penyakit jengger ayam adalah kutil itu sendiri. Pada pria, penyakit jengger ayam dapat tumbuh pada penis, dekat anus atau antara penis dan skrotum. Pada wanita, penyakit jengger ayam dapat tumbuh di area vulva dan perineum, di vagina dan di serviks (leher rahim). Penyakit jengger ayam berbeda-beda dalam setiap ukurannya dan bahkan bisa sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Jengger Ayam?


Jika melihat adanya penyakit jengger ayam di area genital, maka segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Dokter akan melakukan diagnosis penyakit ini dengan melakukan pemeriksaan. Pada wanita, biasanya dilakukan tes atau pengujian Pap yang dapat membantu mendeteksi perubahan pada serviks (leher rahim) yang disebabkan oleh penyakit jengger ayam.

Pengobatan Ampuh Untuk Penyakit Jengger Ayam


Penyakit jengger ayam harus dilakukan pengobatan dengan dokter. Tidak bisa diobati dengan sendirinya. Penyakit jengger ayam dapat dihilangkan, akan tetapi infeksi virusnya tidak dapat disembuhkan. Virusnya akan terus hidup di dalam kulit. Inilah sebabnya penyakit ini sering kambuh meski sudah diobati dan dihilangkan. Oleh karena itu pengobatan dilakukan lebih dari 1 kali.

Dokter dapat mengobati penyakit ini dengan beberapa cara dan merekomendasikan pengobatan terbaik. Seperti Cryotherapy yaitu penyakit jengger ayam yang dibekukan. Pengobatan dengan laser atau dengan operasi pengangkatan penyakit jengger ayam. Usahakan tidak menggunakan pengobatan yang bukan resep dari dokter untuk jenis penyakit jengger ayam atau kutil yang lainnya.

Selain itu, semua pasangan seksual Anda juga harus dilakukan pemeriksaan dan pengobatan jika memiliki ciri penyakit jengger ayam. Usahakan tidak melakukan hubungan seksual saat memiliki penyakit jengger ayam yang bisa dilihat dan dirasakan. Hindari seks selama masa pengobatan. Gunakan kondom dengan pasangan selama 6 bulan setelah pengobatan untuk mencegah penyakit ini kambuh kembali.

Karena virus ini dapat menginfeksi area yang tidak dicakup oleh kondom. Kondom tidak akan sepenuhnya melindungi dari penularan HPV, akan tetapi kondom dapat membantu dalam pencegahan HPV. Untuk lebih efektif pengobatan bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Klinik ini dapat mengobati berbagai ciri penyakit jengger ayam. Caranya dengan menghubungi kami di 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Waspada Tanda-Tanda Penyakit Jengger Ayam

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.