User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit gonore adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum. Penyakit gonore disebabkan oleh bakteri. Infeksi penyakit gonore ada setiap tahunnya. Penyakit gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) yang menginfeksi lapisan uretra, serviks (leher rahim), rektum dan tenggorokan atau selaput yang menutupi bagian depan mata (konjungtiva dan kornea).

Apa Arti Dari Penyakit Gonore?

Penyakit gonore adalah PMS yang umum dan mudah disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Ketahuilah penyakit gonore disebabkan oleh bakteri agar mudah dalam mengobatinya. Akan tetapi jika tidak segera melakukan pengobatan dengan tepat waktu maka bisa mengalami beberapa masalah kesehatan dalam jangka panjang yang serius seperti infertilitas atau kemandulan. Kondisi ini berlaku pada wanita dan pada pria.

Penyakit Gonore Disebabkan Oleh Apa?


Penyakit gonore disebabkan oleh bakteri yang bernama Neisseria Gonorrhoeae. Infeksi ini ditularkan dari 1 orang ke orang lain melalui hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral. Berikut ini ada beberapa penularan penyakit gonore, meliputi:

• Seorang pria kemungkinan dapat terkena infeksi saat melakukan hubungan seksual dengan wanita yang juga ternyata memiliki atau terinfeksi penyakit gonore.
• Seorang wanita berpeluang tertular infeksi ini saat melakukan hubungan seksual dengan pria yang juga terinfeksi penyakit gonore.
• Seorang ibu yang terinfeksi dapat menularkan penyakit gonore pada bayinya saat persalinan secara normal.

Baca Juga : Simak Fakta Mengenai Penyakit Gonore Pada Laki Laki

 

Apa Saja Tanda Dan Gejala Penyakit Gonore?

Gejalanya dapat muncul dalam 2 hari hingga 10 hari setelah paparan pada orang yang terinfeksi bahkan lebih lama pada wanita kurang lebih 3 minggu.
 
1. Gejala Penyakit Gonore Pada Wanita
• Wanita yang terinfeksi tidak memiliki gejala pada kebanyakan kasus. Dengan demikian kemungkinan saat terinfeksi penyakit gonore dan tidak mengetahui mengenai infeksinya.
• Penyakit gonore dapat menyebabkan penyakit radang panggul (PID) atau kondisi medis yang serius yang dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan.
• Infeksi dan iritasi serviks (leher rahim).
• Seringnya kencing.
• Terasa gatal dan terbakar pada vagina dan biasanya dengan cairan berwarna kuning atau berwarna hijau yang tebal.
• Infeksi dan iritasi pada vagina (infeksi biasanya muncul pada anak-anak yang kemungkinan menjadi korban pelecehan seksual).
• Perdarahan diantara periode menstruasi.
 
2. Gejala Penyakit Gonore Pada Pria
• Terasa nyeri atau terbakar saat kencing pada kebanyakan pria.
• Cairan dari penis yang tebal dan berwarna kuning dari waktu ke waktu.
• Peradangan dan nyeri pada kelenjar prostat.
 
3. Gejala Penyakit Gonore Pada Bayi Yang Baru Lahir
• Iritasi pada selaput lendir di mata (jika tidak segera diobati dapat menyebabkan kebutaan).
 
4. Gejala Penyakit Gonore Oral Dan Rektal
• Infeksi tenggorokan gonokokal harus dipertimbangkan pada orang yang mengeluh sakit tenggorokan dan memiliki tanda-tanda lain infeksi gonokokal. Infeksi tenggorokan akibat penyakit gonore ditularkan melalui hubungan seks oral.
• Nyeri dubur, keputihan atau cairan berwarna putih bisa menjadi tanda infeksi prostat dan ditularkan melalui hubungan seks anal.

Bagaimana Cara Penyakit Gonore Didiagnosis?


Untuk mendiagnsosi dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, sebagai berikut:

• Kelembutan pada wanita di area organ seksual dan keluarnya cairan nanah dari vagina atau dari penis bersama dengan jumlah sel darag putih yang tinggi dan demam dapat mengindikasikan infeksi.
• Sampel dianalisis di laboratorium. Selain itu dilakukan tes atau pengujian diagnostik untuk memeriksa sampel cairan dibawah mikroskop.
• Sebagian melakukan kit urine yang akan menyaring penyakit gonore. Tes atau pengujian ini tidak sepeka kultur genital akan tetapi merupakan tes atau pengujian yang baik untuk skrining.

Cara Aman Dan Ampuh Mengatasi Penyakit Gonore


Penyakit gonore disebabkan oleh apa? Jika mengetahui penyebabnya, maka pengobatan dapat direkomendasikan. Beberapa pengobatan antibiotik dapat menyembuhkan penyakit gonore pada remaja dan dewasa. Namun jenis penyakit gonore yang kebal akan pengobatan meningkat. Oleh karena itu pengobatan penyakit gonore menjadi lebih sulit.

Karena banyaknya orang dengan penyakit gonore juga menderita penyakit klamidia atau infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Sangat penting untuk mengetahui penyakit gonore disebabkan oleh bakteri. Pengobatan antibiotik untuk ke 2 jenis infeksi ini biasanya diberikan secara bersamaan. Seseorang dengan penyakit gonore harus melakukan tes atau pengujian untuk IMS lain.

Setelah mengetahui penyakit gonore disebabkan oleh bakteri. Maka sagat penting untuk mengkonsumsi semua obat-obatan yang diresepkan oleh dokter untuk menyembuhkan penyakit gonore. Meskipun pengobatan akan menghentikan infeksi, namun tidak akan memperbaiki kerusakan secara permanen yang telah terjadi oleh penyakit tersebut. Untuk lebih jelasnya hubungi kami di Klinik Utama Gracia di nomor 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Atasi Penyakit Gonore Dan Cara Pencegahannya Dengan Cepat

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.