User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit jengger ayam pada pria adalah kutil yang terbentuk di kulit area genital. Penyakit jengger ayam pada pria disebabkan oleh tipe tertentu dari virus, virus yang sama yang menyebabkan kutil pada area lain dari tubuh. Kutil kelamin tersebar melalui hubungan seksual, sehingga diklarifikasikan sebagai penyakit menular seksual (PMS) dan dapat mempengaruhi pria dan wanita. Kutil kelamin juga dikenal sebagai Condyloma Acuminata. Ini dapat berkembang di alat kelamin atau dubur.

Apa Itu Penyakit Jengger Ayam?

Penyakit jengger ayam pada pria adalah pertumbuhan pada kulit organ seksual dan kemungkinan pada anus juga. Termasuk benjolan berwarna seperti daging yang trelihat seperti bunga kol atau jengger ayam. Penyakit jengger ayam pada pria, area yang paling umum adalah disekitar batang atau ujung penis.
 
Jika merasa memiliki kutil kelamin atau telah didiagnosis dengan kutil kelamin maka jangan pernah panik. Kutil biasanya dapat dikontrol dengan pengobatan dan terdapat beberapa opsi yang berbeda mengenai cara mengobatinya. Jika merasa memiliki kutil kelamin, maka sangat penting untuk mencari pengobatan sesegera mungkin dan menghindari kontak seksual untuk menghindari penyebaran virus ke pasangan.

Apa Yang Menjadi Penyebab Penyakit Jengger Ayam?


Kutil kelamin disebabkan oleh virus yang disebut Human Papilloma Virus (HPV). Sebagian besar kutil kelamin disebabkan oleh tipe 6 dan tipe 11. Virus ini ditularkan dari 1 orang ke orang lain melalui kulit pada kontak kulit dan biasanya saat hubungan seksual. Virus dapat menyebar ketika orang yang terinfeksi tidak memiliki gejala atau pertumbuhan fisik. Akan tetapi paling sering tertular dari kulit ke kulit dengan seseorang yang memiliki luka.

Baca Juga : Kondiloma Akuminata Adalah Penyakit Kutil Kelamin

 

Tanda Dan Gejala Penyakit Jengger Ayam Pada Pria

Sementara gejala yang jelas dari kutil kelamin adalah adanya pertumbuhan secara berkali-kali, baik pada pria maupun pada wanita tidak memiliki pertumbuhan fisik atau gejala yang jelas ketika memiliki kutil kelamin. Virus dapat menyebar atau menular diantara pasangan seksual bahkan ketika keduanya tidak menunjukkan gejala apapun.
 
Terkadang adanya ketidaknyamanan dengan hubungan seksual, terasa gatal, terbakar dengan kutil kelamin. Kutil kelamin muncul pada permukaan yang lembab terutama pada dubur. Kutil dapat muncul dimana saja di area genital atau anal. Kutil merupakan benjolan kecil, rata, berwarna seperti daging atau benjolan kecil seperti bunga kol atau jengger ayam. Kutil tunggal biasanya memiliki diameter 1 milimeter hingga 2 milimeter jauh lebih kecil. Dalam beberapa kasus, kutil bisa sangat kecil sehingga tidak bisa terlihat. Kutil kelamin kemungkinan tidak menyebabkan gejala apapun atau dapat menyebabkan gatal, terbakar, nyeri tekan dan sakit.

Bagaimana Diagnosis Penyakit Jengger Ayam?


Dokter akan menanyakan mengenai riwayat medis mengenai kebiasaan seksual dan penyakit kelamin sebelumnya. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan untuk mencari bukti adanya kutil kelamin. Tes atau pengujian diagnostik lain kemungkinan termasuk:

• Biopsi jaringan yang diangkat dan diperiksa di laboratorium.
• Kolposkopi yang digunakan untuk memperbesar dan memeriksa kemungkinan kutil.
• Pap smear.

Semua pasangan seksual juga harus diuji dan dites untuk infeksi.

Bisakah Diobati Penyakit Jengger Ayam Pada Pria?


Pengobatan tergantung pada ukuran dan lokasi kutil. Meskipun kutil dapat dihilangkan, namun masih ada beberapa virus yang tersisa di kulit, oleh karena itu sebabnya kutil sering muncul kembali atau kambuh kembali. Beberapa pengobatan yang digunakan untuk mengobati kutil kelamin tidak dapat digunakan selama kehamilan. Maka sangat penting untuk mengkonsultasikannya dengan dokter jika sedang hamil.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa menghubungi kami di Klinik Utama Gracia untuk melakukan pengobatan secara rutin dan secara efektif. Pengobatan yang dilakukan ditangani secara langsung oleh dokter yang bersangkutan. Biaya pengobatannya juga sangat terjangkau. Tidak akan kalah dengan melakukan pengobatan di klinik lain. Hubungi segera kami di 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Human Papilloma Virus Adalah Penyebab Kanker Dan Kutil Kelamin

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.