User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit jengger ayam adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh strain Human Papilloma Virus (HPV) tertentu. HPV adalah virus yang sangat umum dengan lebih dari 100 strain. Beberapa strain dapat menyebabkan perubahan kanker, semenatra yang lainnya tidak menyebabkan gejala fisik dan hilang dengan sendirinya.

Apa Itu Penyakit Jengger Ayam?

Penyakit jengger ayam adalah pertumbuhan berdaging yang kecil atau benjolan dan perubahan kulit yang muncul di sekitar area genital dan anal. Jengger ayam sangat umum dan merupakan jenis infeksi menular seksual (IMS) ke 2 yang paling umum setelah klamidia. Jengger ayam atau kutil kelamin adalah hasil dari ingeksi kulit virus yang disebabkan oleh HPV. Jengger ayam ini biasanya tidak terasa sakit dan tidak menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan. Akan tetapi keberadaannya atau kemunculannya dapat membuat tidak nyaman untuk dilihat dan dapat menyebabkan tekanan psikologis. Kesuburan tidak terpengaruh oleh kondisi ini.

Apa Yang Menjadi Penyebab Penyakit Ini?


Kutil kelamin atau jengger ayam disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). HPV bukan virus tunggal akan tetapi lebih dari 100 jenis virus yang berbeda. Namun sebagian besar kasus jengger ayam disebabkan oleh 2 jenis virus yaitu tipe 6 dan tipe 11. Sebagian besar kasus infeksi HPV tidak memiliki gejala yang terlihat, sehingga banyak orang dapat terinfeksi HPV dan tidak menyadarinya.

 

Apa Saja Gejala Pada Penyakit Jengger Ayam?

Pada kebanyakan orang yang memiliki infeksi HPV tidak akan mengembangkan kutil yang terlihat. Jika penyakit jengger ayam muncul, kemungkinan beberapa minggu, bulan atua bahkan bertahun-tahun setelah pertama kali bersentuhan dengan virus (terpapar). Kutil dapat muncul sebagai pertumbuhan yang kecil, berdaging, benjolan dan perubahan kulit dimana saja pada alat kelamin atau disekitar anus. Dalam beberapa kasus, kutil sangat kecil sheingga sulit untuk diketahui keberadaannya. Seseorang dapat memiliki 1 kutil atau sekelompok kutil multiple yang tumbuh secara bersama-sama (berkelompok) untuk membentuk semacam penampilan jengger ayam atau bunga kol.
 
1. Jengger Ayam Pada Wanita
Area paling umum untuk mengembangkan kutil kelamin pada wanita adalah:
 
• Di sekitar vulva (pembukaan vagina).
• Di serviks (leher rahim).
• Di dalam vagina.
• Di sekitar atau di dalam anus.
• Di paha atas.
 
2. Jengger Ayam Pada Pria
Area paling umum untuk mengembangkan kutil kelamin pada pria adalah:
 
• Dimana saja di penis.
• Pada skrotum.
• Di dalam uretra (tabung keluarnya urine).
• Di sekitar atau di dalam anus.
• Di paha atas.
 
Gejala lainnya pada penyakit jengger ayam yaitu kutil biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, meskipun pada beberapa orang dapat merasakan gatal dan meradang. Jika kutil meradang maka dapat menyebabkan perdarahan dari uretra, vagina atau anus. Uretra adalah tabung yang terhubung ke kandung kemih yang dilewati urine. Kutil yang berkembang di dekat atau di dalam uretra juga dapat mengganggu aliran normal urine.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Ini?


Jika merasa memiliki jengger ayam, maka segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Dokter akan mendiagnosis jengger ayam dan memberikan pengobatan tertentu. Akan tetapi pengobatan sangat bervariasi. Dokter menyarankan beberapa tes atau pengujian untuk mendapatkan hasil diagnosis dan bisa menentukan pengobatan yang tepat untuk kondisi yang sedang dialami. Tidak ada tes atau pengujian darah untuk memeriksa infeksi HPV aktif.

Cara Mengobati Penyakit Jengger Ayam Dengan Ampuh


Jika merasa memiliki jengger ayam atau kutil kelamin, lakukan pemeriksaan dengan dokter. Kemungkinan juga memiliki lebih dari 1 IMS pada suatu waktu. Dengan mengkonsultasikannya dengan dokter maka bisa mengetahui penyebab mendasar yang menyababkan kondisi tersebut bisa terjadi. Pengobatan untuk kutil ini tergantung pada berapa banyak kutil yang dimiliki dan letak kutil tersebut.

Beberapa pengobatan tersedia, seperti cairan dan untuk membekukan kutil (Cryotherapy). Jika didiganosis dengan kutil, usahakan tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu, termasuk anal atau oral seks. Hingga kutil kelamin telah sepenuhnya dinyatakan sembuh oleh dokter. Ini akan membantu mencegah penularan infeksi pada orang lain. Dan juga membantu mempercepat pemulihan. Untuk info selanjutnya mengenai pengobatan hubungi kami di Klinik Utama Gracia dengan nomor 081336361555 atau dengan mengkonsultasikannya melalui layanan online dibawah ini.

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.