User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Ada beberapa gejala penyakit sipilis pada wanita dan tergantung tahapannya. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala penyakit sipilis yang serius jika tidak segera diobati secara memadai. Penyakit ini pada kebanyakan menular dari kontak seksual. Atau dari seseorang yang aktif secara seksual dan berganti-ganti pasangan seksual.

Apa Pengertian Penyakit Sipilis Itu?

Penyakit sipilis adalah infeksi bakteri yang biasanya ditularkan melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Sangat penting untuk dites atau diuji dan diobati sesegera mungkin jika kemungkinan menderita penyakit sipilis, karena dapat menyebabkan masalah serius jika dibiarkan dan tidak diobati. Biasanya dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik yang singkat.

Penyebab Penyakit Sipilis Secara Umum


Penyakit sipilis adalah PMS yang telah ada selama berabad-abad. Ini disebabkan oleh organisme bakteri mikroskopis yang disebut Spirochete atau Treponema Pallidum. Spirochete adalah organisme cacing yang berbentuk spiral. Ini dapat menginfeksi orang dengan menggali ke dalam lapisan mulut atau alat kelamin yang lembab dan tertutup mukosa. Spirochete menghasilkan ulkus tanpa rasa sakit yang dikenal dengan chancre.

Baca Juga : Apa Penyakit Sipilis Bisa Diobati?

 

Ketahui Beberapa Gejala Penyakit Sipilis Pada Wanita

Gejala penyakit sipilis pada wanita dapat dilihat seperti banyaknya penyakit lainnya. Namun penyakit sipilis biasanya mengikuti perkembangan tahapan yang dapat berlangsung selama berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.
 
• Tahap Primer
Munculnya chancre tunggal menadai tahap primer (pertama) gejala penyakit sipilis pada wanita, akan tetapi kemungkinan adanya beberapa luka. Chancre biasanya berbentuk bulan dan tidak menyakitkan. Muncul di area dimana penyakit sipilis memasuki tubuh. Chancre tanpa rasa sakit ini dapat muncul di area tertentu (vagina atau anus). Chancre berlangsung selama 3 minggu hingga 6 minggu dan sembuh terlepas dari seseorang melakukan pengobatan atau tidak. Namun jika seseorang yang terinfeksi tidak melakukan pengobatan yang memadai, infeksi berlanjut ke tahap sekunder (kedua).
 
• Tahap Sekunder
Ruam kulit dan luka membran mukosa (luka di mulut, vagina atau anus) menandai gejala tahap sekunder. Tahap ini biasanya muncul dengan perkembangan ruam pada 1 area atau lebih di tubuh. Ruam yang berhubungan dengan tahap ini dapat muncul ketika chancre primer dalam penyembuhan atau beberapa minggu setelah chancre sembuh.
 
Ruam biasanya tidak menyebabkan rasa gatal. Ruam khas tahap ini dapat muncul sebagai bintik-bintik yang kasar, berwarna merah atau cokelat kemerahan baik pada telapak tangan atau pada bagian bawah kaki. Namun ruam dengan penampilan yang berbeda dapat terjadi pada bagian tubuh yang lain, terkadang menyerupai ruam yang disebabkan oleh penyakit lain.
 
Terkadang ruam yang terkait dengan tahap ini tidak diketahui. Luka besar, terangkat, berwarna abu-abu atau putih yang dikenal dengan Kondiloma Lata, dapat berkembang dalam kondisi hangat, area lembab seperti area mulut, ketiak atau selangkangan. Gejala penyakit sipilis pada wanita tahap sekunder ini akan hilang dengan atau tanpa pengobatan. Namun tanpa pengobatan, infeksinya akan berlanjut ke tahap laten dan tahap tersier.
 
• Tahap Laten
Tahap laten (tersembunyi) adalah periode waktu ketika tidak adanya gejala penyakit sipilis pada wanita yang terlihat. Tanpa pengobatan, orang yang terinfeksi akan terus memiliki penyakit sipilis ditubuh meskipun tidak adanya gejala penyakit sipilis pada wanita. Tahap laten awal dan tahan laten dimana infeksi terjadi dalam 12 bulan terakhir. Tahap laten lanjut adalah tahap laten dimana infeksi terjadi lebih dari 12 bulan. Tahap laten dapat bertahan selama bertahun-tahun.
 
• Tahap Tersier
Tahap tersier jarang terjadi dan berkembang dalam infeksi yang tidak diobati. Dapat muncul 10 tahun hingga 30 tahun setelah infeksi pertama kali didapat dan bisa berakibat fatal. Tahap tersier dapat mempengaruhi berbagai sistem organ, termasuk otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang dan persendian. Gejala penyakit sipilis pada wanita tahap tersier bervariasi tergantung pada sistem organ yang terkena.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Sipilis?


Untuk mendiagnosis biasanya akan ditanyakan mengenai riwayat seksual dan beberapa gejala yang terjadi serta beberapa tes atau pengujian seperti:

• Pemeriksaan Fisik
Pemeriksaan alat kelamin (didalam vagina) atau bagian lain dari tubuh untuk mencari pertumbuhan atau ruam yang kemungkinan disebabkan oleh penyakit sipilis.

• Tes Atau Pengujian Darah
Dapat menunjukkan saat menderita penyakit sipilis atau atau bisa mengetahui bahwa pernah memiliki riwayat penyakit ini.

• Tes Atau Pengujian Swab
Digunakan untuk mengambil sampel kecil cairan dari luka apapun sehingga dapat dilakukan pemeriksaan untuk pemeriksaan penyakit sipilis.

Selain itu harus dites atau diuji untuk IMS lain seperti klamidia atau gonore (kencing nanah) karena kemungkinan memiliki lebih dari 1 IMS pada suatu waktu. Usahakan hindari berhubungan seks atau menutup kontak seksual dengan orang lain.

Cara Menangani Penyakit Sipilis Di Kemudian Hari


Bergantung pada tahapan penyakitnya, pemilihan pengobatan untuk penyakit sipilis sangat bervariasi. Pengobatan intravena jangka panjang sangat efektif dalam mengobati penyakit sipilis tahap awal dan tahap akhir. Pengobatan neurosifilis membutuhkan pengobatan intravena. Jika tidak segera diobati, penyakit sipilis dapat menyebabkan kebutaan atau bahkan kematian pada bayi. Pengobatan penyakit sipilis ini bisa temui hanya di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik terpercaya dalam menangani permasalahan penyakit menular. Hubungi kami untuk melakukan pengobatan di 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Waspadai Tentang Penularan Penyakit Sipilis Yang Umum

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.