User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Herpes genital menular adalah PMS yang umum yang bisa didapatkan oleh orang yang aktif secara seksual. Pada kebanyakan orang dengan virus ini tidak memiliki gejala. Bahkan tanpa adanya tanda-tanda penyakit. Herpes genital masih bisa menyebar atau menular ke pasangan seksual lainnya. Oleh karena itu harus segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Apa Yang Dimaksud Dengan Herpes Genital Menular?

Herpes genital menular adalah penyakit yang disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV), dimana ada 2 jenis. Tipe 2 biasanya menyebabkan herpes oral, infeksi pada bibir dan mulut. Gejala umumnya dikenal sebagai chancre atau lepuhan. HSV-1 tidak diketahui dapat menyebabkan herpes genital, akan tetapi bisa berubah terumama pada orang-orang yang berhubungan seksual pada usia muda. Namun pada kebanyakan kasus, herpes genital menular disebabkan oleh tipe 2 (HSV-2). HSV-2 hidup dalam saraf.

Apa Penyebab Umumnya?


Infeksi ditularkan melalui kontak dengan Herpes Simpleks Virus (HSV) pada luka herpes, permukaan mukosa, sekresi genital atau sekresi oral. HSV-1 dan HSV-2 dapat terlepas dari mukosa atau kulit dan genital yang tampak normal. Seseorang bisa mendapatkan infeksi HSV-2 selama kontak genital dengan seseorang yang memiliki infeksi HSV-2 genital. Dengan menerima seks oral dari seseorang dengan infeksi HSV-1 oral dapat mengakibatkan infeksi HSV-1 genital. Penularan biasanya terjadi dari kontak dengan pasangan yang terinfeksi yang tidak memiliki luka yang terlihat dan kemungkinan tidak mengetahui saat terinfeksi.

Baca Juga : Alami Gejala Herpes Kelamin? Ini Pengobatannya

 

Tanda Dan Gejala Umum Herpes Genital

Pada kebanyakan orang yang terinfeksi HSV tidak menunjukkan gejala atau memiliki gejala yang sangat ringan yang tidak diketahui atau menyerupai kondisi kulit lainnya. Ketika gejalanya muncul, luka herpes biasanya muncul sebagai lepuhan kecil pada sekitar alat kelamin, dubur atau mulut. Masa inkubasi untuk infeksi herpes awal adalah 4 hari setelah paparan. Luka pecah dan meninggalkan bekas yang menyakitkan yang kemungkinan membutuhkan waktu 2 minggu hingga 4 minggu untuk sembuh setelah infeksi herpes awal.

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?


Tes atau pengujian HSV untuk penderita dengan ulkus genital aktif dengan mendeteksi DNA HSV. Kultur HSV membutuhkan pengumpulan sampel dari luka dan setelah pertumbuhan virus terlihat. Setelah itu konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui kondisi Anda. Pengobatan harus sesuai dengan resep dokter.

Inilah Pengobatan Aman Untuk Herpes Genital Menular


Tidak ada pengobatan untuk herpes. Namun obat-obatan antivirus dapat mencegah atau mempersingkat gejala selama periode waktu seseorang mengobatinya. Selain itu terapi supresif untuk herpes dapat mengurangi kemungkinan penularan pada pasangan seksual. Saat tidak adanya vaksin yang melindungi terhadap infeksi herpes genital.

Pengobatan antivirus untuk menghnetukan gejala semakin memburuk maka harus melakukan pengobatan sejak dini. Jika memiliki gejala lebih dari 5 hari maka harus menjalani tes atau pengujian untuk mengetahui penyebabnya. Konsultasikan dengan dokter jika telah didiagnosis dengan herpes genital dan memerlukan pengobatan untuk gejalanya.

Pengobatan antivirus dapat membantu mempersingkat gejala dalam 1 hari hingga 2 hari. Gejala berulang biasanya lebih ringan daripada gejala pertama herpes genital menular. Beberapa orang yang memiliki lebih dari 6 gejala dalam 1 tahun maka harus melakukan pengobatan antiirus selama 6 bulan hingga 12 bulan. Pengobatan herpes ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Pengobatan yang dilakukan sangat aman dan terpercaya. Segera hubungi kami di 081336361555 atau seperti dibawah ini.

Baca Juga : Mengetahui Herpes Genital Bahaya Tidak Pada Remaja

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.