User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit pada kemaluan wanita adalah penyakit yang biasanya dipisahkan dalam genitalia seperti ekternal dan internal. Genitalia eksternal wanita terdiri dari pudendum, klitoris dan uretra wanita. Dan genitalia internal wanita terdiri dari ovarium, tuba fallopi, rahim, serviks (leher rahim) dan vagina. Ini adalah organ kemaluan wanita.

Fakta Umum Penyakit Pada Kemaluan Wanita

Penyakit pada kemaluan wanita yang lebih rendah menjadi alasan utama terserang penyakit seperti fistula rektovaginal pada penyakit Crohn atau keluhan lainnya seperti pada kandidiasis vagina pada seorang wanita dengan diabetes (kencing manis) yang tidak terkontrol dengan baik. Beberapa luka dapat ditemukan pada pemeriksaan yang dilakukan karena alasan lain.

Apa Yang Menjadi Penyebab Penyakit Kemaluan Wanita?


Bacterial Vaginosis (BV) adalah penyebab yang paling umum dari penyakit pada kemaluan wanita. Bakteri vaginosis disebabkan oleh perubahan atau ketidakseimbangan dalam jenis bakteri yang biasanya ditemukan di vagina dan menyebabkan pertumbuhan berlebih dari organisme seperti Gradnella Vaginallis.

Faktor risikonya termasuk kehamilan, penggunaan alat kontrasepsi (IUD) dan sering melakukan douching. Ini terkair dengan aktifitas seksual dan kemungkinan pasangan seksual yang baru atau banyaknya pasangan seksual. Pada wanita yang belum pernah melakukan hubungan seksual jarang terpengaruh. Bakteri vaginosis tidak dapat tertular melalui kursi toilet, tempat tidur atau kolam renang. Sebagian wanita hamil mengalami bakteri vaginosis. Dan ini sangat bervariasi berdasarkan rasa dan etnis.

Baca Juga : Atasi Tanda Tanda Penyakit Kelamin Pada Wanita

 

Tanda Dan Gejala Penyakit Pada Kemaluan Wanita

Keputihan, terasa gatal dan terasa terbakar adalah tanda dan gejala umum dari berbagai bentuk vaginitus. Meskipun tanda dan gejala infeksi ini bisa sangat mirip, dan ada beberapa perbedaan dalam warna atau bau keputihan. Ada beberapa keputihan yang cukup umum dan normal untuk wanita usia subur.
 
Kelenjar serviks (leher rahim) menghasilkan sekresi lendir yang bening yang berlendir ke bawah, bercampur dengan bakteri, sel-sel vagina yang dibuang dan sekresi kelenjar Bartholin di dekat pembukaan vagina. Zat-zat ini dapat mengubah warna lendir menjadi keputihan dan cairan tersebut berubah kekuningan ketika terpapar udara.
 
Selama siklus menstruasi ketika kelenjar serviks (leher rahim) memproduksi lebih banyak lendir daripada yang lainnya tergantung pada jumlah hormon estrogen yang diproduksi dan ini hal yang normal. Kegembiraan seksual dan stress emosional keduanya dikaitkan dengan peningkatan keputihan fisiologis yang normal. Debit ini terkadang jernih dan berair dalam konsistensi. Jika keputihan abnormal (tidak normal) kemungkinan berwarna hijau, memiliki bau busuk, konsistensi yang berubah atau secara signifikan meningkat atau berkurangnya jumlah. Kemungkinan dapat mengembangkan bentuk vaginitis.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakitnya Pada Wanita?


Diagnosis untuk penyakit kemaluan seperti vulva, vagina dan serviks (leher rahim) cukup luas dan ada banyak cara untuk mendiagnosisnya. Untuk mendiagnosisnya berdasarkan lokasi dan jenisnya. Atau dari gejala dan keadaan penderitanya secara hormonal. Hal-hal tersebut dapat membantu mendiagnosis penyakitnya. Dan pengobatan yang tepat dapat dilakukan.

Inilah Pengobatan Untuk Penyakit Pada Kemaluan Wanita


Diagnosis biasanya dilakukan berdasarkan gejala dan hasil tes atau hasil pengujian urine dan terkadang kultur vagina (sampel yang dilakukan analisis di laboratorium). Pengobatan didasarkan pada organisme penyebab infeksi. Tergantung pada penyebab infeksinya, pengobatan dilakukan atas resep dari dokter.

Pengobatan untuk vagina, pengobatan antijamur atau pengobatan antibiotik (pengobatan oral maupun pengobatan intravena). Pengobatan dilakukan sangat bervariasi tergantung pada bentuk penyakitnya yang dimiliki, tingkat keparahan infeksinya, durasi infeksinya, kekambuhan infeksinya dan sedang hamil atau tidak.

Tindak lanjut dokter untuk hasil tes atau pengujian di laboratorium serviks (leher rahim) dan pap smear. Selain itu pemeriksaan fisik yang lengkap setiap tahunnya sangat dianjurkan. Pengobatan ini bisa ditemui di salah satu klinik di Jakarta Indonesia yaitu Klinik Utama Gracia. Klinik ini memiliki dokter ahli dan biaya yang dikeluarkannya pun sangat terjangkau. Info pengobatan ada di 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Gejala Penyakit Kelamin Pada Wanita Secara Umum

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.