User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Tanda penyakit kelamin pada wanita adalah adanya infeksi menular seksual (IMS) yang menular dari 1 orang ke orang lain melalui kontak seksual. Beberapa penyakit kelamin dapat menyebar atau menular melalui penggunaan jarum suntik obat-obatan yang tidak disterilkan atau dari ibu ke bayinya selama persalinan, menyusui dan transfusi darah.

Area genital umumnya pada lingkungan yang lembab dan hangat, idealnya untuk pertumbuhan ragi, virus dan bakteri. Orang-orang dapat menularkan mikroorganisme dari kulit atau selaput lendir ke alat kelamin. Organisme menular juga dapat berpindah diantara orang-orang dalam air mani, cairan vagina atau darah selama hubungan seksual. Seseorang menularkan IMS lebih mudah ketika tidak menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom, bendungan dan sanitasi mainan seksual (seks toys).

Pengertian Tentang Penyakit Kelamin Adalah

Beberapa infeksi dapat menular melalui kontak seksual akan tetapi tidak tergolong sebagai IMS. Meningitis dapat ditularkan selama kontak seksual akan tetapi seseorang dapat tertular infeksi meningitis karena alasan lain. Oleh karena itu tidak digolongkan sebagai penyakit kelamin. Lebih dari 1 juta IMS baru yang diperoleh setiap harinya secara global. Orang-orang antara usia 15 tahun hingga 24 tahun memperoleh sebagian dari semua IMS baru, dan sebagian wanita remaja yang aktif secara seksual memiliki IMS, namun IMS di kalangan manula meningkat.

Penyebab Utama Penyakit Kelamin


Ada 3 penyebab utama penyakit kelamin, diantaranya:

• Bakteri termasuk klamidia, gonore (kencing nanah) dan sipilis (raja singa).
• Virus termasuk HIV dan AIDS, Herpes Simpleks Virus (HSV), Human Papilloma Virus (HPV), virus hepatitis B, Cytomegalovirus (CMV) dan Zika.
• Parasit seperti Trichomonas Vaginalis atau tungau kudis.

Penyakit kelamin dapat menyebar atau menular melalui aktifitas seksual termasuk hubungan seksual dan beberapa penyakit kelamin yang juga disebarkan atau ditularkan melalui seks oral dan aktifitas seksual lainnya.

Baca Juga : Gejala Penyakit Kelamin Pada Wanita Secara Umum

 

Beberapa Tanda Penyakit Kelamin Pada Wanita

1. Tanda Penyakit Kelamin Pada Wanita Yang Umum
• Tidak adanya tanda penyakit kelamin pada wanita.
• Keputihan yang tebal atau tipis atau berwarna seperti putih susu, kuning dan hijau dari vagina.
• Terasa gatal pada vagina.
• Adanya lepuhan pada vagina atau lepuhan pada area genital.
• Adanya ruam pada vagina atau ruam di area genital.
• Kencing yang terasa terbakar.
• Kencing yang menyakitkan.
• Nyeri saat berhubungan intim.
 
2. Tanda Penyakit Kelamin Pada Wanita Yang Kurang Umum
• Perdarahan atau adanya bercak diantara siklus menstruasi.
• Ulkus tanpa rasa sakit pada vagina.
• Nyeri panggul (pelvic).
• Nyeri punggung bagian bawah.
• Demam.
• Mual.
• Radang tenggorokan (setelah seks oral).
• Pembengkakan sendi (seperti pada lutut dan siku).
• Nyeri dubur, perdarahan atau keputiuhan (setelah seks anal).
 
Ketika tanda penyakit kelamin pada wanita muncul, biasanya muncul dalam beberapa hari atau beberapa minggu setelah paparan penyakit kelamin. Seringkali, tanda penyakit kelamin pada wanita tidak pernah muncul atau tidak diperhatikan. Bahkan jika infeksinya tidak pernah menghasilkan tanda penyakit kelamin pada wanita yang jelas. Penyakit kelamin masih dapat ditularkan dan berkembang menjadi kondisi yang lebih seirus yang dapat mengakibatkan efek samping yang tidak dapat diubah.

Bagaimana Diagnosis Penyakit Kelamin Secara Umum?


Dokter melakukan tes atau pengujian untuk mencari tahu penderita penyakit kelamin dan penyakit menular lainnya atau kondisi yang berbeda. Konsultasikan dengan dokter jika memiliki gejala. Diagnosis sejak dini bisa mendapatan pengobatan lebih awal dan risiko komplikasi lebih kecil. Dengan adanya gejala akan lebih mudah untuk didiagnosis. Terkadang gejalanya bisa hilang, akan tetapi tidak berarti penyakit kelaminnya telah sembuh. Penyakit kelamin masih dapat ditemukan dan gejalanya dapat kambuh kembali.

Cara Menangani Penyakit Kelamin Pada Wanita


Bebarap penyakit kelamin dapat disembuhkan. Konsultasikan dengan dokter mengenai pengobatan serta langkah-langkah pencegahan untuk memastikan tidak tertular penyakit kelamin. Dokter dapat mengobati penyakit kelamin tertentu. Contohnya termasuk:

• Mengobati infeksi klamidia dengan pengobatan antibiotik.
• Menyembuhkan gonore (kencing nanah) dengan menggunakan pengobatan antibiotik. Namun beberapa jenis virus yang resisten terhadap obat-obatan telah muncul yang tidak menanggapi pengobatan.
• Dengan mengkonsumsi pengobatan antibiotik dapat menyembuhkan penyakit sipilis. Obat-obatan resep dari dokter tergantung pada tahapan penyakitnya.

Beberapa penyakit kelamin tidak dapat disembuhkan akan tetapi pengobatan dapat mengurangi gejalanya. Herpes dan HPV adalah 2 penyakit kelamin. Tidak ada pengobatan khusus untuk HPV, kemungkinan diresepkan obat-obatan topikal untuk mengurangi munculnya rasa gatal dan ketidaknyaman.

Bahkan jika telah melakukan pengobatan dan tidak lagi menderita penyakit kelamin. Pengobatan untuk penyakit kelamin ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Pengobatan yang dilakukan harus efektif. Pengobatan dilakukan oleh dokter yang ahli dalam bidangnya. Segera hubungi nomor Klinik Utama Gracia di 081336361555 untuk melakukan pengobatan. Atau dengan konsultasi online terlebih dahulu di bawah ini.

Baca Juga : 6 Penyakit Kelamin Pada Wanita Yang Berbahaya

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.