User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit menular mempengaruhi orang-orang diseluruh dunia. Pada kebanyakan orang melakukan pencegahan penyakit menular sejak awal. Gejalanya bisa berkisar dari yang ringan hingga yang berat, dan pengobatannya tergantung pada apa yang menjadi penyebab penyakitnya. Penyakit menular sangat umum. Beberapa penyakit menular lebih sering menyerang dan antara 1 orang hingga 5 orang terinfeksi virus setiap tahunnya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Menular Itu?

Penyakit menular dapat disebabkan oleh banyak parasit termasuk bakteri, virus, jamur dan parasit yang dapat menyebabkan penyakit. Pada kebanyakan orang, penularan parasit dapat terjadi dalam berbagai cara yaitu dengan menyebar dari orang ke orang melalui kontak langsung, air atau penyakit bawaan makanan atau aerosolisasi partikel yang terinfeksi di lingkungan. Tanda atau gejala dan pengobatannya tergantung pada parasit yang menyebabkannya.

Apa Penyebab Penyakit Menular Yang Umum?


Penyakit menular pada seseorang disebabkan oleh mikroorganisme termasuk:

• Virus yang menyerang dan berkembang biak di dalam sel-sel sehat.
• Bakteri atau organisme bersel tunggal yang kecil dan dapat menyebabkan penyakit.
• Jamur yang mencakup berbagai jenis jamur.
• Parasit yang merupakan organisme yang hidup di dalam tubuh dan menyebabkan penyakit.

Penyakit menular menyebar atau menular dalam berbagai cara. Dalam banyak kasus, kontak langsung dengan seseorang yang sakit baik melalui kontak kulit ke kulit (termasuk kontak seksual) atau dengan menyentuh sesuatu yang disentuh orang lain, mentransmisikan penyakit tersebut yang baru. Kontak dengan cairan tubuh seperti darah dan air liur juga dapat menyebarkan atau menularkan penyakit menular.

Beberapa penyakit menyebar atau menular melalui tetesan yang keluar dari tubuh orang yang sakit ketika batuk atau bersin. Tetesan ini berlama-lama di udara untuk waktu yang singat, dan menyentuh kulit orang sehat atau terhirup ke paru-paru. Dalam beberapa kasus, penyakit menular menyebar atau menular ke udara untuk waktu yang lama dalam partikel kecil. Orang sehat menghirup partikel tersebut dan kemudian menjadi sakit. Hanya penyakit tertentu yang menyebar atau menular dengan penularan melalui udara termasuk TBC dan virus rubella.

Baca Juga : Ketahui Jenis Jenis Penyakit Menular Secara Umum

 

Apa Saja Tanda Dan Gejala Penyakit Menular?

Tanda dan gejala penyakit menular seperti demam, panas dingin, kelelahan, nyeri otot dan sakit kepala. Penyakit menular lainnya seperti Shigella yang menyebabkan tanda dan gejala serius lainnya termasuk diare berdarah, muntah, demam, dehidrasi (kekurangan cairan) dan syok. Kemungkinan juga mengalami 1 gejala atau beberapa gejala penyakit menular ini. Oleh karena itu sangat penting untuk mengkonsultasikannya dengan dokter jika memiliki tanda dan gejala yang kronis atau berkelanjutan yang semakin memburuk dari waktu ke waktu, serta cara cara agar pencegahan penyakit menular bisa segera diatasi.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Menular?


Dokter mendiagnosis penyakit menular dengan menggunakan berbagai tes atau pengujian yang di analisis di laboratorium. Seperti sampel darah, urine, feses, lendir atau cairan tubuh lainnya yang dilakukan pemeriksaan dan dilakukan proses diagnosis. Dalam beberapa kasus, dokter mengidentifikasi organisme menular dengan melakukan pemeriksaan dibawah mikroskop. Pengobatan dan pencegahan penyakit menular sangat penting untuk dilakukan.

Pengobatan Dan Pencegahan Penyakit Menular Dengan Efektif


Pengobatan dan pencegahan penyakit menular tergantung pada mikroorganisme yang menyebabkan infeksi. Jika bakterinya dapat menyebabkan penyakit, maka pengobatan dan pencegahan penyakit menular dengan antibiotik yang biasanya digunakan dan dapat membunuh bakteri dan menghilangkan infeksi.

Infeksi virus juga biasanya diobatu dengan terapi yang efektif, seperti istirahat yang cukup dan peningkatan asupan cairan. Terkadang seseorang dapat manfaat dari obat-obatan antivirus. Dokter dapat mengobati infeksi jamur da parasit dengan obat-obatan antijamur dan obat-obatan antiparasit. Dalam kebanyakan kasus, dokter akan mengobati tanda dan gejalanya yang spesifik penyakit menular sesuai dengan resep medis. Konsultasikan dengan dokter di Klinik Utama Gracia. Oleh karena ituh segera hubungi kami melalui konsultasi seperti dibawah ini atau di 081336361555 .

Baca Juga : Kenali Gejala Awal Penyakit Menular

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.