User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Jenis jenis penyakit menular secara umum ada banyak contohnya. Penyakit menular adalah gangguan yang disebabkan oleh organisme dan biasanya berukuran mikroskopis seperti bakteri, virus, jamur atau parasit yang ditularkan langsung atau tidak langsung dari 1 orang ke orang lainnya. Seseorang juga dapat terinfeksi setelah terpapar dengan sesuatu yang terinfeksi yang memiliki organisme parasit yang mampu menginfeksi seseorang.

Apa Penyakit Menular Itu?

Penyakit menular adalah penyebab utama kematian di dunia terutama pada anak-anak. Jenis jenis penyakit menular sebagian besar adalah penyebab kematian di dunia. Jenis jenis penyakit menular ini adalah infeksi bernafasan yang lebih rendah, penyakit diare, TBC, HIV dan AIDS. Penyakit menular lainnya termasuk malaria. Infeksi saluran pernafasan yang lebih rendah (pneumonia) dan penyakit diare disebabkan oleh berbagai infeksi. Penyakit menular lainnya adalah HIV, AIDS, TBC dan malaria disebabkan oleh infeksi tunggal.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Menular?


Penyakit menular dapat disebabkan oleh beberapa organisme parasit yang berbeda (kuman). Jenis jenis penyakit menular adalah virus, bakteri, protozoa dan jamur. Hampir semua organisme ini berukuran mikroskopis dan disebut mikroba atau mikroorganisme. Meskipun mikroba dapat menjadi infeksi, pada kebanyakan mikroba tidak menyebabkan penyakit pada seseorang.

Seseorang dengan kumpulan mikroba atau Microbiome yang memainkan peran penting dan bermanfaat dalam tubuh. Pada kebanyakan penyebab penyakitnya adalah virus atau bakteri, parasit juga menyebabkan malaria atau protozoa. Jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus adalah HIV atau AIDS, influenza, cacar, penyakit diare dan hepatitis. Jenis penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri adalah TBC, penyakit pernapasan dan diare.

Baca Juga : Kenali Gejala Awal Penyakit Menular

 

Gejala Dan Jenis Jenis Penyakit Menular

Gejala penyakit menular khusus untuk jenis jenis penyakit menular misalnya gejala mirip influenza seperti demam, panas dingin, kelelahan, nyeri otot dan sakit kepala. Penyakit menular lainnya yang dapat menyebabkan gejala yang lebih serius termasuk diare yang berdarah, muntah, demam, dehidrasi (kekurangan cairan) dan syok. Kemungkinan juga mengalami 1 atau beberapa gejala penyakit menular. Konsultasikan dan lakukan pemeriksaan dengan dokter jika memiliki gejala kronis yang berkelanjutan yang semakin memburuk dari waktu ke waktu.

Bagaimana Mendiagnosis Penyakit Menular?


Dokter mendiagnosis penyakit menular menggunakan berbagai tes atau pengujian yang dianalisis di laboratorium. Sampel darah, urine, feses, lendir atau cairan tubuh lainnya dilakukan pemeriksaan dan melalui proses diagnostik. Dalam beberapa kasus, dokter mengidektifikasi organisme menular dengan memeriksanya dibawah mikroskop.

Pengobatan Umum Untuk Penyakit Menular


Pengobatan tergantung pada mikroorganisme yang menyebabkan infeksi. Jika bakteri yang menyebabkan penyakit, pengobatan dengan antibiotik biasanya untuk membunuh bakteri dan mengatasi infeksi. Infeksi virus biasanya diobati dengan terapi seperti istirahat yang cukup dan asupan cairan. Terkadang seseorang mendapatkan obat-obatan antivirus.

Dokter mengobati infeksi jamur dan infeksi parasit dengan obat-obatan antijamur. Dan dalam semua kasus, dokter akan mengobati gejala yang spesifik penyakit menular. Pengobatan penyakit menular ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia dengan mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter yang lalu akan melakukan pemeriksaan.

Dengan adanya pemeriksaan dokter biasanya menyarankan melakukan berbagai tes atau pengujian untuk menentukan diagnosis yang tepat untuk dilakukan pengobatan untuk penyakit menular. Pengobatan jenis ini bisa dilakukan melalui layanan konsultasi online seperti dibawah ini atau dengan menghubungi klinik kami di nomor 081336361555 . Dengan begitu Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu di Klinik Utama Gracia.

Baca Juga : Kenali Penyakit Menular Seksual Berbahaya Sejak Dini

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.