User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sipilis adalah peniru ulung karena gejalanya dapat dikira sebagai gejala dari banyak penyakit lainnya. Sangat penting dilakukan penyembuhan sipilis pada pria dengan cepat. Sipilis ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan sakit. Kontak ini biasanya terjadi selama hubungan seks vaginal, seks oral dan seks anal dengan pasangan yang terinfeksi karena luka dapat ditemukan pada penis, anus, dubur atau bibir dan mulut.

Biasanya tanda-tanda dan gejala infeksi sipilis dapat membantu menentukan tahapan infeksi dan penyembuhan sipilis pada pria yang tepat. Infeksi sipilis berkembang melalui tahap primer, tahap sekunder, tahap laten dan tahap tersier. Waktu berkembang antara awal gejala dari 21 hari, akan tetapi dapat berkisar antara 10 hari hingga 90 hari.

Pengertian Sipilis Pada Pria Secara Umum

Sipilis adalah infeksi bakteri yang sangat menular dan menyebar melalui kontak seksual. Penyembuhan sipilis pada pria pada tahap awal akan tetapi dapat menyebabkan komplikasi yang sangat serius dan kemungkinan tidak dapat dipulihkan jika infeksinya tidak segera mendapatkan penyembuhan sipilis pada pria. Tanda dan gejalanya dapat menyertai berbagai macam penyakit.

Apa Yang Menyebabkan Sipilis?


Bakteri Treponema Pallidum dapat menyebabkan sipilis. Bakteri ini biasanya memasuki tubuh melalui jaringan yang melapisi tenggorokan, hidung, dubur dan vagina. Bakteri sipilis juga dapat ditularkan melalui kontak dengan penis atau vulva. Seseorang dengan sipilis yang memiliki luka atau ruam dapat menularkan infeksinya pada orang lain.

Baca Juga : Atasi Penyakit Kelamin Sipilis Sejak Dini

Tanda Tanda Sipilis Pada Pria

Tanda-tanda sipilis pada pria ada beberapa tahap, diantaranya :

• Tahap Primer

Munculnya luka kecil, berstektur bulat dan tidak nyeri yang disebut chancre adalah gejala klasik dari infeksi sipilis tahap primer. Luka ini kemungkinan tidak terlihat tergantung pada area lokasinya. Sipilis tahap primer adalah tahap yang paling menular.

• Tahap Sekunder

Gejala pada tahap sekunder dapat tumpang tindih dengan penyembuhan sipilis pada pria tahap primer. Kemungkinan ada hingga 10 minggu antara sakitnya hilang dan pengembangan gejala tahap sekunder. Gejala tahap sekunder yang paling umum adalah adanya ruam kulit, biasanya terletak pada telapak tangan atau telapak kaki, akan tetapi juga bisa pada bagian tubuh lainnya. Terkadang ruamnya luput dari perhatian. Gejala lain kemungkinan termasuk :
 
• Luka selaput lendir (luka di mulut, di vagina atau di anus).
• Demam.
• Pembengkakan kelenjar getah bening.
• Sakit tenggorokan.
• Kerontokan rambut yang merata.
• Sakit kepala.
• Penurunan berat badan.
• Nyeri otot.
• Kelelahan.
 
Tanpa penyembuhan sipilis pada pria yang tepat, infeksinya akan berpindah ke tahap laten dan kemungkinan ke tahap tersier.

• Tahap Laten Dan Tahap Tersier


Tahap laten sipilis muncul ketika gejala tahap primer dan tahap sekunder hiang. Infeksinya akan tetap ada akan tetapi tidak menimbulkan gejala. Jika terus dibiarkan selama lebih dari 1 tahun, sipilis dapat berkembang ke tahap tersier dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ internal seperti mata, otak, sendi, tulang, hati dan jantung.

Kesulitan dalam mengkoordinasikan gerakan otot, kelumpuhan, kebutaan bertahap dan demensia (gangguan memori atau perubahan kepribadian). Infeksi sipilis yang tidak segera diobati juga dapat menyebabkan kematian. Sipilis dapat menyerang sistem saraf pada setiap tahap infeksi dan dapat menyebabkan berbagai gejala yang bervariasi dan bahkan tidak ada gejala sama sekali.

Bagaimana Sipilis Pada Pria Didiagnosis?

Lakukan tes atau pengujian jika menderita sipilis. Pasangan seksual Anda juga harus melakukan tes atau pengujian juga. Usahakan hindari hubungan seks hingga infeksinya tidak ada lagi. Pemeriksaan secara rutin sangat disarankan pada kebanyakan orang. Dokter merekomendasikan skrining setiap tahunnya untuk sipilis jika :
 
• Pria yang berhubungan seksual dengan pria lain.
• Menderita HIV.
• Memiliki pasangan seksual yang telah di tes atau di uji dengan hasil positif menderita sipilis.
 
Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi kesehatan Anda dengan dilakukan tes atau pengujian yang tepat. Kemungkinan juga disarankan tes atau pengujian untuk PMS lain juga termasuk HIV. Untuk menguji sipilis, sampel darah dapat diambil atau sampel cairan dari sipilis dapat diambil.

Bagaimana Pengobatan Dan Penyembuhan Sipilis Pada Pria


Karena sipilis adalah infeksi bakteri, maka dapat diobati dan penyembuhan sipilis pada pria dapat dilakukan. Meksipun sipilis dapat disembuhkan pada tahap apapun, kerusakan apapun yang telah dilakukan tidak dapat diperbaiki. Sipilis mudah disembuhkan dengan menggunakan pengobatan antibiotik.

Jika diobati dengan tepat pada tahap awal. Selama tahap awal infeksi sipilis, 1 dosis pengobatan yang efektif untuk mengobati dan menyembuhkan sipilis. Pada tahap selanjutnya, dosis yang lebih tinggi sangat diperlukan. Kerusakan fisik dan neurologis seperti kerusakan jantung atau sistem saraf yang khas pada sipilis tahap ketiga tidak dapat dikembalikan lagi.

Jika alergi terhadap pengobatan maka bisa direkomendasikan dengan pengobatan lain. Pengobatan ini harus dilakukan secara rutin. Pengobatan sipilis ini terdapat di Klinik Utama Gracia. Klinik spesialis yang menangani permasalahan sipilis dan penyakit kelamin lainnya. Hanya dengan melakukan konsultasi dibawah ini atau dengan menghubungi nomor 081336361555 Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia.

Baca Juga : Inilah Fase Fase Penyakit Sipilis Yang Harus Diketahui


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.