User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Arti sipilis adalah sebuah infeksi sistemik penyakit yang kemungkinan diperoleh karena bawaan atau diperoleh melalui kontak seksual atau terkontaminasi oleh jarum suntik. Arti sipilis atau penyakit menular ini dapat disebabkan oleh Spirochete dan biasanya ditularkan secara seksual atau dalam rahim dan ditandai pada awalnya oleh pembentukan chancre lokal dan berkembang jika tidak segera diobati dapat menjadi bakterimia dan kerusakan organ yang meluas seperti ulserasi kulit.

Apa Arti Sipilis?

Arti sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri. Ada beberapa arti sipilis dan tahap sipilis serta setiap tahapnya memiliki gejala yang berbeda. Arti sipilis tahap primer terjadi dari 2 minggu hingga 3 minggu setelah infeksi dengan gejala tunggu atau lebih kecil, ulkus yang tidak nyeri (chancre) di area kontak seksual.
 
Karena chancre tidak menyakitkan dan hilang dengan sendirinya, pada kebanyakan orang tidak mengobatinya. Dan dapat menyebabkan sipilis tahap sekunder beberapa minggu atau beberapa bulan kemudian. Arti sipilis dan gejala tahap sekunder termasuk seperti flu, demam, ruam yang meluas dan pembengkakan kelenjar getah bening.
 
Jika masih tidak segera diobati, gejala-gejalanya hilang dan berarti sipilis tahap laten dapat berlangsung selama beberapa tahun dan selama itu kemungkinan tidak adanya gejala. Gejala sipilis tahap tersier dapat muncul yang meliputi kerusakan serius pada banyak organ seperti jantung, otak, sumsum tulang belakang dan tulang.

Apa Yang Menyebabkan Sipilis?


Berarti sipilis disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum Spirochete. Spirochete adalah bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui membran mukosa atau berada dalam kulit. Spirochete ditularkan oleh kontak seksual. Risiko penularan sipilis tertinggi selama tahun pertama infeksi yang dapat mencakup sipilis tahap primer, tahap sekunder, tahap laten dan tahap tersier. Sipilis dapat dicegah dengan melakukan hubungan seksual yang aman dan dapat diobati pada tahap apapun dengan pengobatan antibiotik. Sipilis juga dapat ditularkan pada setiap tahapan dari wanita hamil ke janinnya.

Baca Juga : Hindari Berbagai Penularan Sipilis Menular

 

Apa Saja Tanda Dan Gejala Sipilis?

Gejala sipilis dibedakan dalam 4 tahap, meliputi:
 
1. Sipilis Primer
Sipilis primer adalah tahap dari organisme yang masuk ke dalam tubuh. Tanda dari infeksi nya tidak selalu terlihat. Masa inkubasi antara 10 hari hingga 90 hari, penderitanya akan mengembangkan chancre yang merupakan suatu lepuhan seperti sakit dengan ukuran tertentu. Pada kebanyakan chancre tumbuh di dalam alat kelamin akan tetapi kemungkinan juga mengembangkannya di dalam mulut atau di dalam payudara.
 
Chancre pada dubur yang umum muncul pada pria homoseksual. Chancre pada wanita terkadang diabaika jika berkembang di dalam vagina atau di dalam serviks (leher rahim). Chancre tidak terasa sakit dan menghilang dalam 3 minggu hingga 6 minggu bahkan tanpa adanya pengobatan. Chancre menyerupai borok dari Limfogranuloma Venereum, Herpes Simpleks Virus (HSV) atau kulit tumor. Penderita sipilis tahap primer juga mengembangkan pembengkakan kelenjar getah bening dekat dengan chancre.
 
2. Sipilis Sekunder
Sipilis memasuki tahap sekunder antara 6 minggu atau 8 minggu hingga 6 bulan setelah itu infeksinya muncul. Chancre kemungkinan masih muncul meskipun sudah melakukan pengobatan. Sipilis tahap sekudner adalah infeksi sistemik yang ditandai oleh lepuhan dari kulit ruam dan bisul di dalam membran mukosa. Ruam pada kulit akan mirip dengan sejumlah gangguan kulit lainnya akibat dari reaksi obat-obatan, Rubella, kurap, Mononucleosis dan Pitiriasis Rosea.
 
Tidak adanya rasa sakit dan gatal. Munculnya di dalam telapak tangan dan telapak kaki. Lepuhannya dapat bertahan dalam beberapa minggu atau beberapa tahun. Penderitanya kemungkinan juga mengembangkan kondiloma lata. Ruam kulit, mulut atau bisul pada genital dan kondiloma lata termasuk sangat menular.
 
Penderita sipilis tahap sekunder mengembangkan pembengkakan kelenjar getah bening di dalam ketiak, pangkal paha dan area leher. Sebagian mengembangkan radang dari mata, ginjam, hati, limpa, tulang dan sendi. Kemungkinan gejalanya mirip dengan gejala flu, demam, menggigil, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan dan sakit sendi.
 
• Sipilis Laten
Sipilis laten adalah fase dari penyakit yang ditandai oleh adanya gejala eksternal. Sipilis laten terkadang dibagi menjadi tahap awal (kurang dari 2 tahun setelah infeksi) dan tahap akhir. Selama tahap awal, penderitanya berisiko kambuh lagi yang ditandai dengan adanya bisul atau kulit ruam dari sipilis tahap sekunder. Pada tahap akhir, gejala kekambuhan ini jauh lebih kecil.
 
• Sipilis Tersier
Penderita sipilis tahap tersier tidak dapat menginfeksi orang lain dengan penyakitnya. Gejala ini merupakan gejala tertunda hipersensitivitas reaksi untuk Spirochete. Beberapa penderitanya mulai mengalami infeksi dari 3 tahun hingga 10 tahun setelah infeksi dan ditandai oleh pengembangan gumma atau pertumbuhan tumor yang kemungkinan melibatan kulit atau tulang. Akan tetapi dapat dikembangkan di dalam mata, membran mukosa, tenggorokan, hari atau lapisan perut.

Cara Mendiagnosis Sipilis Pada Umumnya?


Dokter biasanya akan menyarankan untuk dilakukan tes atau pengujian untuk sipilis untuk mencari antibodi yang melawan infeksi sipilis. Jika hasilnya positif, tes atau pengujian Treponema Pallidum kemungkinan digunakan untuk mengkonfirmasi keberadaan bakteri. Dengan melakukan tes atau pengujian sangat penting karena infeksi yang tidak bergejala kemungkinan terjadi dan tanda sadar menularkannya ke pasangannya.

Pengobatan Aman Untuk Penyakit Sipilis


Tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan sipilis akan tetapi sipilis mudah disembuhkan pada tahap awal. Pengobatan dengan intravena tunggal akan menyembuhkan seseorang yang menderita sipilis tahap primer, tahap sekunder atau tahap laten. Pengobatan akan membunuh bakteri sipilis dan mencegah kerusakan lebih lanjut akan tetapi tidak akan memperbaiki kerusakan yang sudah dilakukan.

Seseorang yang menerima pengobatan sipilis harus menjauhkan diri dari kontak seksual dengan pasangan seksualnya sampai luka sipilis dinyatakan sembuh oleh dokter. Seseorang dengan sipilis harus memberitahu pasangan seksualnya agar pasangan seksualnya dilakukan tes atau pengujian dan pengobatan juga. Pengobatan untuk sipilis bisa ditangani di Klinik Utama Gracia. Salah satu pengobatan ternama di Jakarta Indonesia. Info lanjut di 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Inilah Tanda Tanda Awal Sipilis

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.