User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit dengan penularan sipilis biasanya melalui kontak seksual. Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri terutama penyakit menular seksual (PMS). Ini juga dapat menyebar atau menular dari ibu ke bayi selama kehamilan yang dapat menyebabkan bayi lahir mati atau berat badan lahir rendah. Dan jika tidak segera diobati, bayi dengan penularan sipilis dapat mengembangkan katarak, tuli atau kejang. Dalam beberapa kasus, bayi dapat meninggal karena penularan sipilis ini.

Apa Arti Dari Sipilis?

Ini adalah infeksi bakteri menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini menyebar atau menular melalui kontak langsung dengan luka sipilis melalui kulit dan selaput lendir seperti bibir, mulut, vagina, anus atau dubur. Penularan sipilis terjadi selama aktifitas seksual seperti oral, anal dan vaginal. Penularan sipilis juga dapat terjadi dari berciuman.

Penyebab Umum Sipilis Menular


Penularan sipilis melalui kontak seksual dengan orang yang treinfeksi. Sipilis disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema Pallidum. Sipilis kongenital menyebar atau menular dari ibu ke janin. Penularan ini melalui kontak seksual dan membutuhkan paparan luka yang lembab pada kulit atau selaput lendir.

Sipilis dapat ditularkan melalui hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral tanpa kondom. Ini ditularkan melalui kontak langsung dengan luka sipilis. Bakteri dapat memasuki aliran darah melalui robekan pada kulit atau selaput lendir. Sipilis juga dapat ditularkan melalui berbagi jarum suntik saat menyuntikkan obat-obatan terlarang. Pada wanita hamil juga dapat menularkan sipilis ke janin yang sedang berkembang.

Baca Juga : Inilah Tanda Tanda Awal Sipilis

 

Apa Saja Tanda Dan Gejala Pada Sipilis?

Pada kebanyakan orang yang menderita sipilis tidak memiliki gejala. Penderitanya dapat menularkan infeksi pada pasangan seksual tanpa menyadarinya. Ketika bakteri memasuki tubuh, penyakitnya melewati beberapa tahap seperti:
 
• Tahap Primer
Dari 3 hari hingga 90 hari setelah terpapar, luka sakit yang disebut chancre kemungkinan muncul pada penis, anus, vagina, tenggorokan atau bagian tubuh lain area bakteri masuk. Banyak orang tidak menyadari sakitnya karena tidak terasa sakit dan terkadang hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun jika tanpa pengobatan, infeksinya akan berlanjut ke tahap berikutnya.
 
• Tahap Sekunder
Dari 2 minggu hingga 12 minggu setelah chancre muncul, ruam dapat muncul pada telapak tangan, telapak kaki atau pada bagian tubuh manapun. Dalam beberapa kasus, terjadi kerontokan rambut, nyeri otot atau persendian atau pembengkakan kelenjar. Gejalanya dapat hilang tanpa pengobatan. Tanpa pengobatan infeksi akan berlanjut ke tahap berikutnya.
 
• Tahap Laten
Setelah seseorang terinfeksi selama 1 tahun atau lebih kemungkinan berada pada tahap laten. Penderitanya tidak dapat menularkan infeksi pada orang lain akan tetapi infeksinya kemungkinan mulai merusak tubuhnya sendiri.
 
• Tahap Tersier
Beberapa orang yang tidak mendapatkan pengobatan kemingkinan memasuki tahap tersier antara 10 tahun hingga 20 tahun setelah pertama kali terinfeksi. Namun jika seseorang juga memiliki HIV, gejala tahap tersier ini dapat muncul lebih awal. Tahap tersier sipilis dapat menyebabkan penyakit jantung, otak, hati, mata dan tulang yang serius.

Cara Mendiagnosis Penularan Sipilis Yang Parah


Tes atau pengujian darah digunakan untuk mendiagnosis sipilis. Membutuhkan waktu 2 minggu hingga 12 minggu agar infeksinya muncul dalam darah. Jika merasa telah terinfeksi, konsultasikan pada dokter serta lakukan pemeriksaan agar disarankan tes atau pengujian agar bisa didiagnosis dengan tepat mengenai pengobatan yang harus dilakukan.

Cara Menangani Sipilis Dengan Aman


Sangat penting untuk mengobati sipilis sedini mungkin. Pengobatan akan mencegah komplikasi serius. Ini juga akan mencegah dari penularan infeksi pada orang lain. Pengobatan antibiotik akan menyembuhkan sipilis. Meskipun telah melakukan pengobatan, sipilis bisa kambuh di masa yang akan datang jika tertular dari pasangan yang memiliki sipilis.

Sipilis dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik namun kerusakan yang disebabkan oleh sipilis tidak dapat disembuhkan, jadi sangat penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter jika menderita sipilis. Sipilis juga dapat kambuh, jika tidak ditindak lanjuti oleh dokter. Oleh karena itu harus memastikan bahwa infeksi sudah hilang.

Selain itu selalu berkonsultasi dengan pasangan seksual Anda bahwa pasangan Anda juga sudah terbabas dari sipilis. Agar penyakitnya tidak terjadi atau berpindah secara bolak balik sebelum melakukan hubungan seksual kembali. Dibawah ini layanan konsultasi untuk melakukan pengobatan sipilis di Klinik Utama Gracia atau dengan menghubungi nomor 081336361555 .

Baca Juga : Tanda Umum Atau Ciri Ciri Terkena Penyakit Sipilis Menular

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.