User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit sipilis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Akibat penyakit sipilis ini dapat menyebar atau menular melalui kontak dengan luka penyakit sipilis (chancre) dengan seks anal tanpa kondom, oral dan lubang depan atau bahkan ciuman. Kasus penyakit sipilis telah meningkat secara signifikan di setiap kota maju dan berkembang. Terutama pada pria gay dalam beberapa tahun terakhir.

Penyakit Sipilis Artinya Adalah

Penyakit sipilis ini menular dari berhubungan seksual tanpa kondom yang dapat meningkatkan risiko terkena IMS. Jika tidak segera diobati, maka dapat mengakibatkan penyakit serius atau penyakit dalam kasus yang sangat jarang sekali terjadi, yaitu kematian. Karena bakterinya benar-benar sangat berbahaya untuk kondiri tubuh seseorang.

Apa Penyebab Penyakit Sipilis Yang Paling Umum?


Penyakit sipilis adalah IMS yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum dan biasanya ditularkan melalui hubungan seks anal, seks vaginal atau seks orang dengan kontak langsung dengan luka penyakit sipilis. Pada wanita hamil dapat menularkan infeksi pada bayinya yang belum lahir selama kehamilan atau selama persalinan. Dan ini disebut dengan penyakit sipilis bawaan. Hal seperti ini dapat menyebabkan cacat lahir atau lahir mati.

Baca Juga : Penyakit Sipilis Menular Atau Tidak Tanpa Pengobatan?

 

Gejala Dan Akibat Penyakit Sipilis

Gejala dan akibat penyakit sipilis terbagi dalam 4 tahapan, meliputi:
 
• Tahap Primer
Sebuah chancre yang muncul di pantat atau di mulut. Lukanya tidak menimbulkan rasa sakit dan bisa tersembunyi di bagian bawah lidah atau di pantat. Kemungkinan juga pada kebanyakan orang tidak memperhatikannya dan tidak menyadarinya.
 
• Tahap Sekunder
Ruam tubuh berkembang dari 2 minggu hingga 12 minggu kemudian. Ruam biasanya tidak terasa gatal dan bisa meredup sehingga penderitanya tidak menyadarinya. Kemungkinan juga mengalami gejala atau akibat penyakit sipilis seperti flu sakit tenggorokan, demam dan kelelahan.
 
• Tahap Laten
Luka dan ruam hilang. Tidak ada gejala yang terlihat akan tetapi penyakit sipilis (bakterinya) masih tetap ada didalam tubuh.
 
• Tahap Tersier
Bakterinya mempengaruhi otak, kognisi, organ sensorik, jantung dan pembuluh darah. Komplikasinya termasuk kerusakan otak dan kematian dapat terjadi setelah bertahun-tahun jika tidak segera ditangani oleh dokter.

Bagaimana Penyakit Sipilis Didiagnosis?


Penyakit sipilis sangat umum, melakukan tes atau pengujian penyakit sipilis sebagai bagian yang rutin dari pemeriksaan kesehatan. Tes atau pengujian darah bisa dilakukan untuk mendiagnosis penyakit inni. Chancre dapat langsung diseka jika masih aktif. Jika memiliki gejala atau akibat penyakit sipilis disarankan harus melakukan tes atau pengujian.

Setiap 1 tahun 1 kali jika memiliki banyak pasangan seksual mengharuskan melakukan tes atau pengujian. Atau setiap 3 bulan 1 kali jika memiliki banyaknya pasangan seksual. Jika mendiagnosis penderita penyakit sipilis bisa juga dilakukan tes atau pemeriksaan HIV secara bersamaan. Memiliki penyakit sipilis dapat meningkatkan peluang terkena HIV.

Bagaimana Menangani Pengobatan Penyakit Sipilis?


Penyakit sipilis dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik. Seseorang yang terinfeksi penyakit sipilis harus memberi tahu setiap pasangan seksualnya dan harus didiagnosis. Setiap pasangan sekusal nya juga harus melakukan tes atau pengujian serta pengobatan. Jika saat di tes atau saat di uji hasilnya positif penyakit sipilis selama kehamilan, maka pengobatan mengharuskan dengan segera mungkin.

Pada bayi yang memiliki penyakit sipilis harus melakukan pengobatan atau jika tidak melakukan pengobatan maka dapat mengembangkan masalah kesehatan lain yang serius. Tergantung pada hasil evaluasi medis pada bayi, dan pengobatan antibiotik sangat diperlukan. Setiap bayi yang dirawat harus mendapatkan pengobatan lanjutan untuk memastikan pengobatannnya tersebut dinyatakan sembuh oleh dokter.

Setelah didiagnosis dan diobati karena penyakit sipilis, tes atau pengujian lanjutan dengan dokter dilakukan setidaknya selama 1 tahun untuk memastikan pengobatannya bekerja dengan baik. Sangat penting untuk menerima pengobatan sesegera mungkin. Pengobatannya hanya dapat membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan tidak dapat memperbaiki akibat penyakit sipilis atau kerusakan yang telah terjadi. Pengobatan ini tersedia hanya di Klinik Utama Gracia. Pengobatannnya bisa hubungi nomor 081336361555 atau konsultasi medis online dibawah ini.

Baca Juga : Salah Satu Cara Mengatasi Penyakit Sipilis Dengan Cepat

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.