User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit sipilis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman (bakteri). Fase penyakit sipilis ada 4 tahapan yaitu primer, sekunder, laten dan tersier. Tahap paling awal biasanya menyebabkan luka pada area genital. Jika infeksi tidak diobati, maka dapat terus mengembangkan gejalanya di bagian lain dari tubuh.

Pengertian Penyakit Sipilis Adalah

Penyakit sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS). Infeksi ini ditularkan dari orang ke orang melalui kontak dengan luka (chancre). Serta tergantung dimana ulkus berada, infeski ini dapat ditularkan dari seks vagina, seks anal dan seks oral. Penyakit sipilis adalah salah satu IMS yang kurang umum. Jumlah kasus terus meningkat. Tingkat infeksi tertinggi diantara pria yang berhubungan seksual dengan pria lagi. Penyakit sipilis jauh lebih umum terutama di negara berkembang.

Penyebab Penyakit Sipilis Secara Umum


Penyakit sipilis disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum. Penyakit ini dilewatkan melalui hubungan seks oral, seks anal dan seks vaginal tanpa kondom. Namun ada selain itu penyakit sipilis dapat ditularkan melalui kontak kulit seseorang yang terinefksi yang mengalami sakit atau ruam. Bahkan jika menggunakan kondom tidak terlindungi sepenuhnya dari penyakit sipilis. Adanya luka atau ruam pada seseorang yang terinfeksi tidak tergantung pada penggunaan kondom.

Baca Juga : Ketahui Ciri Ciri Gejala Sipilis Sejak Dini

 

Tanda Umum Atau Fase Penyakit Sipilis

Umumnya ditularkan melalui hubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi. Ada beberapa tahapan penyakit sipilis, seperti:
 
• Fase Penyakit Sipilis Primer
Tahap paling awal dan umumnya terjadi dari 10 hari hingga 3 bulan setelah infeksi. Biasanya menyebabkan bisul yang tidak menyakitkan pada alat kelamin.
 
• Fase Penyakit Sipilis Sekunder
Tahap kedua dari penyakit sipilis. Banyak gejala yang berbeda dapat terjadi akan tetapi biasanya berlangsung beberapa minggu. Namun bisa muncul dan hilang hingga 2 tahun.
 
• Fase Penyakit Sipilis Laten
Laten berarti tersembunyi, terjadi setelah gejala tahap sekunder hilang. Dengan penyakit sipilis tahap laten, tidak adanya gejala. Penyakit sipilis tahap laten dapat bertahan selama bertahun-tahun.
 
• Fase Penyakit Sipilis Tersier
Tahap tersier ini dapat mempengaruhi banyak organ tubuh, termasuk otak dan jantung dan bisa mengakibatkan kematian.

Penyakit Sipilis Dan Cara Mendiagnosisnya


Penyakit sipilis bisa sangat sulit didiagnosis hanya berdasarkan gejala. Karena ada banyak sekali gejala yang berbeda dan seringkali gejala ini dapat terjadi dengan kondisi lain. Inilah sebabnya penyakit sipilis seperti penyakit yang lainnya. Namun ada tes atau pengujian khusus untuk penyakit sipilis ini. Dengan melihat perbedaannya kemungkinan bisa mudah untuk melakukan diagnosisnya dengan tes atau pengujian.

Obati Penyakit Sipilis Dengan Cepat


Karena penyakit sipilis disebabkan oleh kuman atau bakteri, maka penyakit sipilis mudah diobati dengan pengobatan antibiotik.

• Pengobatan Antibiotik
Pengobatan yang biasa digunakan untuk membunuh kuman atau bakteri dan untuk mencegah penyakitnya berkembang lebih jauh lagi. Pengobatan intravena dengan dosis tunggal dapat diberikan untuk penyakit sipilis tahap primer dan penyakit sipilis tahap sekunder. Tahap selanjutnya kemungkinan membutuhkan pengobatan yang lebih rutin dan pengobatan yang lebih efektif. Neurosifilis biasanya membutuhkan pengobatan dengan dosis yang rutin juga.

• Pengobatan Lain
Pengobatan lain yang terkadang digunakan jika mengalami alergi terhadap pengobatan yang ada. Jika mengalami alergi terhadap pengobatannya, maka bisa direkomendasikan dengan pengobatan yang lain.

Pengobatan untuk penyakit sipilis ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani permasalahan penyakit menular dan penyakit lainnya. Anda tidak perlu khawatir ketika ingin melakukan pengobatan di klinik ini. Karena melakukan pengobatan di klinik ini sangat terjangkau. Hanya dengan menghubungi nomor 081336361555 atau dengan konsultasi seperti dibawah ini.

Baca Juga : Inilah Tanda Dan Gejala Awal Penyakit Sipilis

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.