User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit menular adalah penyakit yang disebabkan oleh penyebaran mikroorganisme (bakteri, virus, jamur atau parasit) dari seseorang ke orang lain termasuk makanan dan air. Infeksi terjadi ketika organisme asing memasuki tubuh seseorang dan menyebabkan kerusakan. Kebanyakan parasit mengeluarkan racun yang memicu respons negatif dari tubuh.

Apa Itu Penyakit Menular?

Organisme menggunakan tubuh seseorang untuk menopang dirinya, berkembang biak dan menyebar atau menular. Organisme menular ini dikenal sebagai parasit. Contoh-contoh parasit termasuk bakteri, virus dan jamur. Parasit dapat berkembang biak dan beradaptasi dengan cepat. Beberapa infeksi ringan dan hampir tidak terlihat, akan tetapi yang lain parah dan mengancam jiwa serta beberapa resisten terhadap pengobatan.
 
Infeksi dapat ditularkan dengan berbagai cara. Termasuk kontak kulit, cairan tubuh, kontak dengan kotoran, partikel di udara dan menyentuh benda yang telah disentuh oleh yang yang terinfeksi. Suatu infeksi menyebar atau menular dan mempengaruhi terhadap tubuh tergantung pada jenis penyebabnya. Sistem kekebalan adalah penghalang yang efektif terhadap infeksi, akan tetapi parasit dapat tumbuh terlalu besar untuk dilawan oleh sistem kekebalan tubuh. Pada tahap ini, infeksi akan menjadi lebih berbahaya.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Menular?


Penyakit menular disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus, bakteri, jamur atau parasit dan dapat menyebar atau menular antar individu dan masuk ke dalam tubuh dari suatu organisme. Penyebab infeksi adalah jenis organisme yang telah menginvasi tubuh. Virus tertentu dapat menjadi penyebab virus. Efek dari infeksi yaitu pembengkakan atau pilek yang terjadi sebagai akibat dari sistem kekebalan tubuh yang melawan organisme penyerang. Luka yang diisi dengan nanah terjadi ketika sel darah putih berada di lokasi cedera untuk melawan bakteri asing.

Baca Juga : Kenali Penyakit Menular Seksual Berbahaya Sejak Dini

 

Apa Saja Tanda Dan Gejala Penyakitnya?

Gejala-gejala infeksi tergantung pada organisme yang berada di lokasi infeksi. Virus menyerang sel-sel spesifik seperti yang ada di alat kelamin atau saluran pernapasan bagian atas. Beberapa virus menyerang sel-sel kulit dan menyebabkan kutil. Virus lainnya menyerang rentang sel yang lebih luas yang mengarah ke berbagai gejala penyakit menular.
 
Virus dapat menyebabkan pilek, nyeri otot dan sakit perut. Seseorang dengan infeksi bakteri akan sering mengalami kemerahan dan terasa panas, pembengkakan, demam, rasa sakit di lokasi infeksi dan pembengkakan kelenjar getah bening. Infeksi bakteri cenderung mempengaruhi area tubuh yang luas daripada infeksi biasa. Ruam dapat menjadi indikator infeksi jamur pada kulit. Gejala umum penyakit termasuk kerusakan otak, kehilangan ingatan dan kesulitan kognitif lainnya. Selain itu juga dapat memicu penumpukan plak di otak.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakitnya?


Dokter mencurigai infeksi berdasarkan gejala, hasil pemeriksaan fisik dan faktor risiko. Setelah dokter memastikan diagnosisnya, biasanya akan disarankan pengobatan untuk mengobati mikroorganisme spesifik yang menyebabkan infeksi. Kebanyakan mikroorganisme yang berbeda dapat menyebabkan infeksi dari virus, bakteri atau jamur. Pengobatannnya berbeda dari setiap mikroorganisme.

Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Menular?


Cara mengatasi infeksi virus seperti HIV melibatkan pengobtaan dan dukungan moral termasuk terapi antiretrovial. Infeksi bakteri dapat diobati dengan memberikan pengobatan antibiotik pada penderitanya. Infeksi ragi terutama dapat ditangani dengan metode sterilisasi. Penyakit seperti kanker bisa diobati dengan kemoterapi.

Berbagai teknik baru telah membuktikan tidak adanya penyakit yang tidak bisa diobati. Klinik Utama Gracia sudah banyak menangani penderita dengan penyakit kelamin. Klinik ini ditangani langsung oleh dokter ahli dan dibantu oleh peralatan medis terbaik karena canggih dan modern. Anda tidak perlu khawatir, biaya yang harus dikeluarkan sangat terjangkau. Tunggu apalagi segera lakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia dengan menghubungi 081336361555 atau konsultasi di bawah ini.

Baca Juga : Gejala Penyakit Menular Seksual

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.