User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit kelamin sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius jika tidak segera ditangani atau tidak segera diobati. Penyakit kelamin sipilis dibagi menjadi beberapa tahapan sipilis yaitu tahap primer, sipilis tahap sekunder, sipilis tahap laten dan sipilis tahap tersier.

Apa Itu Penyakit Kelamin Sipilis?

Penyakit kelamin sipilis adalah penyakit yang dapat menyebabkan ruam diseluruh tubuh. Ruam kemungkinan adalah tanda-tanda penyakit sipilis yang paling umum. Dan biasanya pada tahap akhir penyakit sipilis yang tidak segara diobati dapat menyebabkan beberapa kelainan. Seperti kelainan pada jantung, kelainan yang mengganggu gangguan mental, kelainan pada mata atau terjadinya kebutaan, kelainan atau masalah neurologis lainnya dan kematian.

Apa Penyebab Penyakit Sipilis?


Treponema Pallidum (T. Pallidum) adalah salah satu bakteri yang dapat menyebabkan sipilis. Sipilis dapat bergerak ke seluruh tubuh, merusak banyak organ seiring waktu. Dan berkembang biak serta dilepaskan ke dalam aliran darah dimana sipilis dapat menyerang setiap bagian tubuh seseorang dengan sangat cepat.

Baca Juga : Cara Aman Pengobatan Sipilis Pada Pria

 

Tanda Dan Gejalanya Meliputi:

Tanda dan gejalanya mengenai sipilis bisa meliputi:
 
• Tahap Primer
Luka adalah area atau lokasi dimana sipilis memasuki tubuh. Luka biasanya terlihat kencang, berbentuk bulat dan terkadang tidak terasa nyeri. Luka biasanya berlangsung selama 3 minggu hingga 6 minggu.
 
• Tahap Sekunder
Selama tahap sekunder kemungkinan memiliki ruam kulit atau luka membran mukosa. Ruam dapat terlihat seperti bintik-bintik yang sangat kasar, berwarna merah atau kemerahan pada telapak tangan atau bagian bawah kaki. Ruam biasanya tidak terasa gatal dan terkadang tidak bisa disadari keberadaannya. Tanda dan gejala lainnya yang kemungkinan dimiliki penderita sipilis tahap sekunder yaitu termasuk demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, rambut rontok, sakit kepala, penurunan berat badan, nyeri otot dan kelelahan.
 
• Tahap Laten
Pada tahap laten sipilis adalah waktu ketika tidak ada tanda-tanda atau gejala sipilis yang terlihat. Jika tidak segera melakukan pengobatan, maka dapat terus memiliki sipilis di dalam tubuh selama bertahun-tahun tanpa adanya gejala sama sekali.
 
• Tahap Tersier
Pada kebanyakan orang dengan sipilis yang tidak segera diobati. Ketika penyakitnya berpindah ke tahap tersier maka dapat mempengaruhi banyak sistem organ yang berbeda. Termasuk mempengaruhi jantung dan mempengaruhi pembuluh darah serta mempengaruhi otak dan mempengaruhi sistem saraf.

Bagaimana Penyakit Kelamin Sipilis Didiagnosis?


Sipilis terkadang gejalanya mirip dengan penyakit lain. Sementara tes atau pengujian darah dapat memberikan bukti infeksi. Penyakit sipilis didiagnosis dengan melakukan beberapa atau berbagai tes atau pengujian yang direkomendasikan oleh dokter setelah melakukan pemeriksaan fisik dengan penderitanya selama melakukan konsultasi dengan dokter spesialis.

Penanganan Khusus Untuk Penyakit Kelamin Sipilis


Pada tahap awal infeksi bakteri mudah diobati. Dosis tunggal pengobatan biasanya dapat menyembuhkan seseorang yang telah terinfeksi selama kurang dari 1 tahun. Dosis tambahan juga diperlukan untuk mengobati seseorang yang menderita sipilis selama lebih dari 1 tahun. Seseorang yang alergi terhadap pengobatan bisa disarankan pengobatan lain.

Jika berisiko terkena infeksi bakteri ini, tes atau pengujian yang rutin akan membantu mengetahui infeksi pada tahap paling awal dan paling dapat diobati. Segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter untuk bisa mendapatkan pengobatan yang tepat. Salah satu klinik yang menangani permasalahan penyakit kelamin lainnya termasuk sipilis adalah Klinik Utama Gracia. Klinik ini sangat terpercaya dengan segala pengobatannya. Banyak orang melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Untuk penanganan sipilis Anda bisa menghubungi nomor 081336361555 atau dengan layanan konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga : Berbagai Cara Mengatasi Sipilis Dengan Cepat

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.