User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit menular seksual berbahaya yang ditularkan dari orang ke orang melalui kontak seksual. Orang lain dapat tertular penyakit ini jika berhubungan seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi juga. Ada banyak orang yang didiganosis setiap tahunnya tertular penyakit menular ini. Usia antara 15 tahun hingga 24 tahun adalah usia yang rentan akan penyakit menular seksual berbahaya yang baru karena usia reproduksi.

Apa Itu Penyakit Menular Seksual?

Penyakit menular seksual berbahaya adalah infeksi yang ditularkan dari 1 orang ke orang lain selama hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral. Ada banyak orang yang memiliki penyakitnya namun tidak memiliki gejalanya. Penyakit menular seksual berbahaya akan tetapi jika segera melakukan tes atau pengujian maka dapat ditangani.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Menular Seksual?


Penyebab penyakit menular seksual berbahaya adalah bakteri, parasit atau patogen, ragi dan virus. Ada lebih dari 20 jenis penyakit menular seksual, termasuk:

• Chlamydia.
• Gonore (kencing nanah).
• HIV atau AIDS.
• Human Papilloma Virus (HPV).
• Sipilis (raja singa).
• Trikomoniasis.

Pada kebanyakan penyakit menular seksual mempengaruhi pria dan wanita, akan tetapi dalam banyak kasus masalah kesehatan yang ditimbulkan bisa lebih parah bagi wanita. Jika seorang wanita hamil menderita penyakit menular seksual maka dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi bayinya.

Baca Juga : Penyakit Menular Seksual (PMS)

 

Apa Saja Gejala Dari Penyakit Menular Seksual Berbahaya?

Jika melakukan hubungan seks oral, seks anal dan seks vaginal atau sentuhan genital maka bisa tertular penyakit menular seksual atau bisa juga disebut infeksi menular seksual. Normal atau gay, menikah atau lajang akan tetap rentan terhadap gejala PMS atau IMS. Penggunaan kondom dengan benar sangat efektif dalam mengurangi transmisi beberapa PMS.
 
Gejala penyakit menular seksual ini tidak selalu jelas. Jika merasa memiliki gejalanya atau terpapar PMS maka segera lakukan konsultasi dengan dokter. Beberapa PMS mudah diobati dan disembuhkan, namun beberapa lagi membutuhkan pengobatan yang lebih rumit. Penyakit ini sangat penting untuk segera di evaluasi dan didiagnosis karena bisa segera diobati.
 
Pasangan seksual Anda juga harus melakukan konsultasi, tes atau pengujian untuk didiagnosis dan pengobatan. Jika tidak segera diobati dapat meningkatkan risiko tertular PMS lain seperti HIV. Ini terjadi karena PMS dapat menstimulasi respon imun di area genital atau dapat menyebabkan luka yang keduanya dapat meningkatkan risiko penularan HIV.
 
Beberapa PMS yang tidak segera diobati juga dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan, kerusakan organ, beberapa jens kanker atau kematian. Pada kebanyakan PMS tidak memiliki tanda dan gejala. Penggunaan pelindung seperti kondom sangat penting saat berhubungan seksual. Lakukan pemeriksaan dengan dokter secara teratur untuk skrining PMS, sehingga dapat mengidentifikasi dan mengobati infeksi sebelum dapat menularkannya kembali.

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?


Tes atau pengujian diagnostik yang akurat untuk PMS sangat berguna untuk mendiagnosis infeksi tanpa gejala. Salah satu tes atau pengujian yang cepat adalah tes atau pengujian untuk sipilis atau HIV. Tes atau pengujian akurat ini dapat memberikan hasil diagnosis. Setiap wanita hamil harus melakukan tes atau pengujian untuk sipilis ini.

Cara Menangani Penyakit Menular Seksual Berbahaya


Pengobatan yang efektif untuk penyakit menular seksual ini seperti:

• Ada 3 PMS bakteri (klamidia, gonore atau kencing nanah dan sipilis atau raja singa) dan 1 PMS parasit (trikomoniasis) umumnya dapat disembuhkan dengan antibiotik dosis tunggal yang efektif.
• Pengobatan untuk herpes dan HIV, obat-obatan yang paling efekif dengan antivirus yang dapat memodulasi jalannya penyakit meskipun tidak dapat menyembuhkan penyakit.
• Pengobatan untuk hepatitis B dengan modulator sistem kekebalan dan obat-obatan antivirus dapat membantu melawan vrius dan memperlambat karusakan hati.

Resistensi PMS khususnya gonore (kencing nanah) terhadap antibiotik telah meningkat. Munculnya penurunan kerentanan gonore (kencing nanah) terhadap pengobatan dengan resistensi antimikroba menjadikan gonore (kencing nanah) sebagai organisme yang resisten terhadap banyak obat-obatan. Pengobatan jenis-jenis ini bisa Anda lakukan di Klinik Utama Gracia. Klinik yang menangani permasalahan penyakit menular seksual. Hubungi kami di 081336361555 atau dengan layanan dibawah ini.

Baca Juga : Gejala Penyakit Menular Seksual

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.