User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kutil kelamin terasa gatal adalah kutil yang berkembang pada kulit dan selaput lendir di area genital. Kutil juga biasa disebut dengan Condyloma Acuminata, kutil ini biasanya disebarkan atau ditularkan melalui kontak kulit ke kulit selama hubungan intim atau hubungan seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi virusnya.

Pengertian Tentang Kutil Kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh virus yang disebut Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini menyerang kulit penis, vagina dan anus. Dan dapat menyebabkan kutil seperti yang tumbuh di bagian tubuh lain. Memiliki kutil jangan panik, karena kondisinya sangat umum. Segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Apa Penyebab Utama Kutil Kelamin?


Kutil kelamin disebabkan oleh beberapa jenis Human Papilloma Virus (HPV). Lebih dari 100 jenis HPV yang berebda telah diidentifikasi dan kebanyakan tidak berbahaya. Beberapa dapat menyebabakn kutil kulit seperti yang ada di tangan dan di kaki. Lebih dari 30 jenis HPV disebarkan atau ditularkan melalui kelamin, anal atau seks oral dan beberapa diantaranya terutama tipe 6 dan tipe 11 menyebabkan kutil kelamin.

HPV genital adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Bebeapa berhubungan dengan kanker serviks (leher rahim) dan kanker genital lainnya, akan tetapi tidak pada HPV-6 dan HPV-11, yang merupakan jenis HPV yang umumnya menyebabkan kutil kelamin. HPV-6 dan HPV-11 adalah virus berisiko rendah dan jarang berkembang menjadi kanker. Pada kebanyakan orang yang memiliki infeksi HPV kemungkinan tidak pernah mengembangkan kutil kelamin terasa gatal. Namun masih bisa menularkan HPV pada pasangannya yang kemungkinan tidak mengetahui terinfeksi kutil.

Baca Juga : Apa Saja Obat Kutil Di Kelamin Yang Ampuh?

 

Kutil Kelamin Terasa Gatal Dan Gejala Lainnya

Kutil sangat kecil dan sangat sulit untuk dilihat, bahkan kemungkinan tidak mengetahui jika memilikinya. Kutil adalah benjolan kecil dan berdaging, kemungkinan bisa dilihat dan dirasakan atau bida diperhatikan oleh pasangan seksual Anda. Kutil bisa rata, halus, benjolan kecil atau cukup besar, benjolan seperti kembang kol dan berwarna merah muda. Kutil kelamin terasa gatal akan tetapi biasanya tidak sakit.
 
Pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh pada kulit vulva, pada pembukaan vagina dan di sekitar anus. Terkadang tumbuh di dalam vagina dan di serviks (leher rahim). Pada pria, kutil kelamin dapat tumbuh pada kulit genital dan di sekitar anus. Kutil kelamin terasa gatal biasanya berwarna seperti daging dan lembut saat disentuh menyerupai bunga kol.
 
Seringkali terlihat datar dan kecil namun umumnya mempengaruhi jaringan lunak dan lembab di area genital. Sangat jarang kutil berkembang di mulut atau di tenggorokan seseorang yang telah melakukan hubungan seks oral dengan orang yang terinfeksi. Kutil kelamin terasa gatal atau berdarah dan kemungkinan sulit dibersihkan.

Kutil Kelamin Dan Cara Mendiagnosisnya


Dokter biasanya dapat mendiagnosis kutil hanya dengan melihatnya. Banyak penderita kutil juga memiliki infeksi lain walaupun tidak memiliki gejala lain. Adanya pertumbuhan yang tidak biasa di area genital. Sebaiknya melakukan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan seksual secara lengkap dengan dokter.

Jangan pernah melakukan diagnosis kutil kelamin sendiri. Ada berbagai kondisi yang dapat terlihat seperti kutil. Pada wanita yang tidak terlihat adanya kutil namun ternyata memiliki infeksi HPV selama melakukan diagnosis dengan dokter. Maka harus melakukan pap smear, tes atau pengujian untuk memeriksa kesehatan serviks (leher rahim). Jika didiagnosis dengan HPV dengan adanya kutil kelamin terasa gatal, maka selalu lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk memantau perkembangannya. Dokter juga bisa melakukan biopsi untuk pengobatan akhirnya jika pengobatan sebelumnya tidak berdampak apapun terhadap kutilnya.

Bagaimana Kutil Kelamin Ditangani?


Untuk menyembuhkan kutil kelamin biasanya harus dengan menghilangkan kutil, akan tetapi bisa juga dengan menghancurkan virus (HPV) yang menyebabkannya. Kekambuhan dapat terjadi setelah pengobatan terutama pada seseorang yang aktif merokok. Pengobatan dilakukan harus sesuai dengan resep dokter.

Menghilangkan kutil membantu mengurangi risiko penularan terhadap orang lain. Pengobatan dilakukan berdasarkan ukuran kutil, jumlah kutil, dan lokasi kutil, efek samping kutil, perubahan kutil dan lainnya. Pengobatan untuk kutil kelamin ini bisa Anda lakukan di Klinik Utama Gracia. Klinik ini menangani permasalahan kutil kelamin yang parah juga. Untuk info nya segera hubungi kami di 081336361555 atau konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Kutil Kelamin Jika Dibiarkan Berdampak Fatal

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.