User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sipilis adalah infeksi serius oleh karena itu harus segera dicari pengobatan sipilis pada pria dengan tepat. Sipilis ditularkan dari 1 orang ke orang lain saat berhubungan seksual. Sipilis disebabkan oleh bakteri (kuman). Sipilis menular dengan menyentuh darah atau luka seseorang yang menderita sipilis terutama luka pada mulut, penis atau anus orang tersebut.

Sipilis Berikut Penjelasannya

Sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum. Infeksi ini bisa disebut peniru karena mirip dengan infeksi penyakit yang lain dan begitu banyak tanda atau gejala sipilis yang tidak dapat dibedakan dengan tanda atau gejala penyakit lainnya. Sipilis adalah penyakit kelamin yang umum di kalangan pria.

Penyebab Sipilis Secara Umum


Seseorang dapat terinfeksi melalui seks oral, seks vaginal atau seks anal tanpa kondom dengan pasangan yang terinfeksi atau melalui kontak seksual langsung dengan bakteri yang terkandung dalam luka atau ruam sipilis. Ini juga dapat ditularkan dari orang hamil yang terinfeksi ke janin dan dalam kasus yang sangat jarang sekali terjadi dari berbagi jarum yang tidak bersih untuk menyuntikkan obat-obatan terlarang. Sipilis meningkatkan risiko penularan atau terinfeksi HIV.

Baca Juga : Berbagai Cara Mengatasi Sipilis Dengan Cepat

 

Tanda Dan Gejala Sipilis Pada Pria

Beberapa orang tidak memiliki gejala dan dapat menularkan infeksi ke pasangan seksual tanpa menyadarinya. Sipilis bisa terjadi secara bertahap. Biasanya menular kurang dari 1 tahun selama tahap primer dan tahap sekunder dan awal pada tahap laten.
 
1. Tahap Primer
Selama tahap primer, 3 hari hingga 3 bulan setelah pajanan muncul rasa sakit yang disebut chancre. Luka muncul dimana bakteri pertama kali memasuki tubuh (genitalia eksternal di serviks atau leher rahim, di vagina, di bawah kulit khatan, di dubur, di mulut atau di tenggorokan). Selama tahap ini, seseorang bisa menularkannya ke pasangan seksualnya yaitua dapat dengan mudah menularkan ke orang lain. Luka akan tetap berada selama 3 minggu hingga 6 minggu dan kemudian akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan, jika tidak segera ditangani penyakitnya akan berpindah ke tahap selanjutnya.
 
2. Tahap Sekunder
Jika sipilis tahap primer tidak segera diobati dari 3 minggu hingga 6 minggu setelah chancre sembuh, ruam dapat muncul dimana saja pada tubuh, pada telapak tangan dan pada telapak kaki. Ruam biasanya tidak gatal. Gejala lain kemungkinan termausk gejala seperti flu (kelenjar bengkak, nyeri sendi, nyeri otot dan demam), rambut rontok sementara dan pertumbuhan seperti kutil di area genital. Selama tahap ini, seseorang juga dapat menularkannya ke pasangan seksualnya. Gejala sekunder hilang setelah beberapa minggu tanpa pengobatan. Akan tetapi dapat kembali lagi atau kambuh. Terkadang ruam muncul saat chancre masih ada.
 
3. Tahap Laten Dan Tahap Tersier
Periode yang lama tanpa gejala dari tahap sekunder disebut tahap laten. Seseorang kemungkinan menularkannya selama tahap awal laten. Jika tidak segera diobati, dapat berlanjut ke tahap tersier. Gejala ini bisa memakan waktu 10 tahun hingga 30 tahun untuk berkembang. Dan bisa sangat serius yang mengakibatkan kerusakan pada otak, saraf, pembuluh darah dan jantung. Serta dapat menyebabkan kebutaan dan bahkan kematian.

Bagaimana Diagnosis Sipilis Yang Tepat?


Sipilis didiagnosis dengan menggabungkan informasi dari riwayat, pemeriksaan fisik dan tes atau pengujian darah. Ini juga dapat didiagnosis dari analisis di laboratorium melalui deteksi bakteri sipilis dalam sekresi dari chancre awal. Dokter dapat mengetahui seseorang yang menderita sipilis. Dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan alat kelamin untuk mencari ruam kulit atau luka. Tes atau pengujian darah dapat membuat antibodi untuk melawan infeksi. Orang-orang yang melawan bakteri sipilis dapat bertahan di tubuh selama bertahun-tahun. Selain itu juga dapat mendiagnosis sipilis dengan menguji cairan dari luka.

Bagaimana Pengobatan Sipilis Pada Pria Yang Parah


Jika terdeteksi dalam 1 tahun infeksinya, pengobatan sipilis pada pria sangat mudah dengan pengobatan melalui intravena atau dengan antibiotik. Dan utnuk seseorang dengan alergi terhadap pengobatan sipilis pada pria maka akan direkomendasikan pengobatan lain. Beberapa orang kemungkinan mengalami demam, nyeri otot, kedinginan dan sakit kepala.

Reaksi ini adalah salah satu tanda pengobatan sipilis pada pria untuk membunuh bakteri. Selain itu reaksi-reaksinya bisa meliputi gatal-gatal, sulit bernapas dan pembengkakan pada wajah atau mulut. Segera lakukan pengobatan sipilis pada pria di Klinik Utama Gracia. Dan pengobatan sipilis pada pria ini harus dilakukan secara efektif. Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi nomor 081336361555 atau dengan layanan konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Cara Aman Pengobatan Sipilis Pada Wanita

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.