User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kutil kelamin jika dibiarkan akan bertambah parah. Kutil kelamin adalah pertumbuhan atau benjolan yang biasanya menular melalui kontak seksual. Kutil disebabkan oleh beberapa jenis Human Papilloma Virus (HPV) yang merupakan salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum. Ada lebih dari 100 jenis HPV. Beberapa diantaranya menyebabkan jenis kutil yang dilihat di tangan dan di kaki. Kutil kealmin dan jenis kutil di tangan atau di kaki biasanya disebabkan oleh berbagai jenis HPV. Lebih dari 40 jenis HPV menyebabkan kutil kelamin.

Kutil Kelamin Adalah PMS

Kutil kelamin jika dibiarkan akan menumbuhkan benjolan kecil pada alat kelamin yang bisa dilihat atau dirasakan, akan tetapi biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Kutil disebabkan oleh virus. Virus yang menyebabkan kutil kelamin biasanya ditularkan melalui kontak seksual (anal, oral atau vaginal) dengan orang yang terinfeksi dan kutil dapat muncul dalam beberapa minggu atau bulan sesudahnya.

Apa Yang Menyebabkan Kutil Kelamin?


Kutil kelamin ditranfer selama hubungan seksual (oral, anal dan vaginal) dengan orang yang terinfeksi. Seseorang dengan sistem kekebalan tubuh kuat dapat membunuh kutil kelamin dan tidak mengalami gejala infeksi apapun. Kutil kelamin disebabkan oleh virus yang disebut Human Papilloma Virus (HPV). Kutil kelamin dapat terjadi di dalam vagina, di bibir vagina, di batang atau di kepala (glans) penis, di sekitar skrotum atau di dalam dan di sekitar anus. Jarang terjadi di mulut dan di wajah.

Baca Juga : Inilah Kondisi Kutil Kelamin Tahap Awal

 

Gejala Yang Mempengaruhi Kutil Kelamin

Gejala kutil kelamin meliputi:
 
• Perdarahan saat hubungan intim.
• Terasa gatal pada kelamin.
• Beberapa kutil saling berdekatan.
• Pembengkakan kecil di sekitar alat kelamin.
 
Kutil kelamin jika dibiarkan dapat ditemukan pada vagina, vulva, serviks (leher rahim), anus atau penis dan terkadang di mulut atau di tenggorokan. Beberapa kutil kemungkinan sangat kecil dan yang lain kemungkinan menggumpal. Banyak infeksi HPV tidak terlihat dan tidak memiliki gejala. Kutil kelamin tidak terasa sakit, menyerupai pertumbuhan seperti kembang kol yang berdaging dan dapat membentuk kelompok.

Diagnosis Untuk Kutil Kelamin


Kutil kelamin yang terlihat dapat didiagnosis dalam pemeriksaan fisik dengan dokter. Tidak semua infeksi HPV menyebabkan kutil yang terlihat, karena infeksi HPV sulit untuk didiagnosis. Selama melakukan tes atau pengujian harus melakukan tes pap smear untuk menyaring sel-sel abnormal (tidak normal) pada serviks (leher rahim).

Tes pap dapat menunjukkan infeksi HPV. Jika berusia diatas 30 tahun dan berisiko tinggi terkena HPV, dokter biasanya menyarankan skrining HPV. Tes atau pengujian HPV untuk mencari jenis HPV penyebab kanker tertentu. Tidak ada tes skrining yang direkomendasikan untuk pria yang berisiko kutil kelamin.

Dokter biasanya menanyakan riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan adanya kutil yang terlihat. Pria dan wanita yang memilki kutil kelamin yang terlihat pada anus dan yang melakukan seks anal harus diskrining untuk kanker dubur. Jika jaringan abnormal (tidak normal) ditemukan, kemungkinan direkomendasikan untuk biopsi.

Kutil Kelamin Jika Dibiarkan Akan Parah, Ini Pengobatannya!


Kutil kelamin dapat diobati dengan beberapa cara, pembekuan, penanganan laser dan pengangkatan dengan pembedahan. Adanya vaksin yang tersedia untuk melindungi para wanita terhadap beberapa kutil kelamin dan kanker serviks (leher rahim). Konsultasikan dengan dokter untuk melakukan pengobatan sesegera mungkin.

Kutil kelamin jika dibiarkan tidak akan hilang, dan akan terus tumbuh dan menyebar atau menular. Kutil kelamin ditangani dengan penggunaan metode yang berbeda tergantung pada ukuran, posisi dan jumlah kutil. Kebanyakan kutil dapat diobati dengan membekukan atau dengan pengobatan antivirus.

Kutil kelamin jika dibiarkan akan menjadi persisten dan kemungkinan memerlukan pengobatan seperti operasi atau laser disarankan. Dan pengobatan ini bisa Anda lakukan di Klinik Utama Gracia. Biaya yang dikeluarkan sangat terjangkau. Anda bisa menghubungi nomor 081336361555 untuk melakukan pengobatan atau dengan layanan berikut ini.

Baca Juga : Inilah Tanda Tanda Kutil Kelamin Pada Remaja

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.