User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kutil kelamin tahap awal atau tahap primer adalah infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Kutil kelamin adalah pertumbuhan lunak pada kulit dan selaput lendir alat kelamin. Kutil dapat ditemukan di penis, di vulva, di uretra, di vagina, di serviks (leher rahim) dan di sekitar anus. Kutil kelamin tersebar melalui kontak seksual.

Kutil Kelamin Tahap Awal Adalah

Kutil kelamin tahap awal disebabkan oleh sekelompok virus yang disebut Human Papilloma Virus (HPV). Biasanya benjolannya berwarna merah atau coklat dan berukuran kecil. Terkadang dapat muncul di paha atas, akan tetapi kebanyakan akan ditemukan di sekitar penis, vagina atau anus. Kutil dapat dirasakan daripada dilihat karena bisa saja begitu kecil. Kutil umumnya tidak gatal atau tidak sakit. Setelah terbentuk kutilnya maka dapat membesar dan menyebar atau menular, oleh karena itu obati sejak dini.

Apa Yang Menyebabkan Kutil Kelamin Itu?


Infeksi Human Pappiloma Virus (HPV) adalah infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum dan yang menyebabkan kutil kelamin. Ada lebih dari 180 jenis HPV. Banyak yang tidak menimbulkan masalah. Beberapa menyebabkan kutil pada bagian tubuh lain dan bukan pada alat kelamin. Tipe 6 dan tipe 11 paling sering dikaitkan dengan kutil kelamin. Jenis HPV tertentu lainnya dapat menyebabkan perubahan prekanker pada serviks (leher rahim), atau kanker serviks (leher rahim). Ini disebut jenis HPV risiko tinggi dan juga dapat menyebabkan kanker vagina, kanker vulva, kanker dubur, kanker tenggorokan atau kanker mulut.

Baca Juga : Inilah Tanda Tanda Kutil Kelamin Pada Remaja

 

Gejala Apa Saja Pada Kutil Kelamin Tahap Awal?

Kutil kelamin tahap awal dapat melibatkan anus, serviks (leher rahim), penis, skrotum, uretra, vagina atau vulva. Terkadang dapat ditemukan di pangkal paha atau di paha. Terkadang tidak dapat terlihat juga tanpa mikroskop. Terkadang membentuk kelompok besar. Dan kemungkinan datar atau terangkat dan seperti bunga kol.
 
• Gejala Umum Kutil Kelamin Meliputi:
 Perdarahan dari uretra atau vagina.
 Berwarna daging, putih, keabu-abuan atau benjolan gelap di aera genital.
 Terasa gatal.
 
• Gejala Serius Atau Kondisi Yang Mengancam Jiwa
 Perdarahan selama kehamilan.
 Ketidakmampuan untuk buang air besar (BAB).
 Ketidakmampuan untuk kencing karena kutil kelamin menghalangi uretra.

Bagaimana Mendiagnosisnya?


Tidak ada tes atau pengujian rutin untuk HPV. Kemungkinan harus menguji HPV secara langsung, akan tetapi biasanya tidak dianjurkan karena HPV sangat umum. Tes atau pengujian untuk mengetahui jenis HPV tidak memberikan bagaimana terinfeksinya. HPV dapat diuji untuk mengetahui adanya strain yang berisiko tinggi yang dapat menyebabkan kanker.

Bagaimana Pengobatan Cepat Untuk Kutil Kelamin?


Konsultasikan dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan kutil kelamin tahap awal. Dengan memperlihatkan benjolan yanga da dan tidak perlu merasa malu. Jika kutil diketahui lebih awal, kutil kelamin mudah untuk diobati. Selama pengobatan dilakukan usahakan tidak melakukan hubungan seksual karena bisa lebih menular ketika memiliki kutil.

Jika kutilnya keras dan sulit untuk dihilangkan, kemungkinan pengobatan lain adalah pilihan terakhir atau dengan membekukannya. Akan tetapi pengobatan ini harus sesuai dengan resep dokter. Mengobati kutil kelamin akan menghentukan risiko penularan virus terhadap pasangan seksualnya atau ke orang lain.

Pengobatan untuk kutil kelamin ini bisa Anda temukan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani permasalahan kutil kelamin dan penyakit menular seksual (PMS) lainnya. Tidak hanya itu, penyakit andrologi dan penyakit ginekologi juga ditangani di Klinik Utama Gracia. Pengobatan di klinik ini sangat terjangkau, terjamin dan terpercaya. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan layanan konsultasi.

Baca Juga : Inilah Ciri Ciri Kutil Kelamin Pada Wanita

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.