User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) dan disebabkan oleh bakteri. Gejala sipilis wanita ada 4 tahap diantaranya primer, sekunder, laten dan tersier. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir atau kulit yang rusak. Jika tidak segera diobati, penyakit ini berkembang dan masing-masing dengan gejala sipilis wanita itu sendiri. Sipilis yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah termasuk kematian.

Sipilis Wanita Adalah

Sipilis adalah IMS yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum (T. Pallidum). Penyakit ini menyebar melalui kontak langsung dengan luka yang merupakan bagian dari infeksi. Ketika adanya sipilis pada bayi dan remaja pubertas, kemungkinan merupakan tanda dari pelecehan seksual. Wanita hamil dengan sipilis dapat menyebarkan atau menularkan penyakit ke janinnya melalui plasenta atau selama kelahiran dan dapat menyebabkan lahir mati, kelahiran prematur dan berbagai cacat lahir. Setelah terinfeksi, hanya membutuhkan waktu sekitar 3 minggu tanda-tanda sipilis akan muncul.

Apa Yang Menyebabkan Sipilis Pada Wanita?


Sipilis disebabkan oleh bakteri atau mikroorganisme yang dikenal sebagai Treponema Pallidum (T. Pallidum) dan terinfeksi melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi. Infeksi ini juga dapat menular dari mencium luka dan menyebabkan infeksi oral. Ibu yang terinfeksi dapat menularkan sipilis ke janin di dalam rahim, suatu kondisi yang dikenal dengan sipilis bawaan.

Baca Juga : Gejala Atau Tanda Tanda Sipilis Pada Pria Secara Umum

 

Gejala Sipilis Wanita Meliputi:

Beberapa orang tidak melihat adanya gejala sipilis wanita, akan tetapi masih bisa berisiko mengalami komplikasi pada tahap akhir. Gejala sipilis wanita tergantung pada tahapan penyakitnya. gejala-gejala ini kemungkinan termasuk:
 
• Sipilis Tahap Primer
Sipilis primer ini biasanya ditandai dengan munculnya sakit tunggal (chancre), meskipun lebih dari 1 chancre dapat muncul. Luka dapat muncul di alat kelamin, di vagina, di serviks (leher rahim), di bibir, di mulut atau di anus. Chancre biasanya muncul dalam waktu 90 hari setelah terpapar bakteri dan bertahan 3 minggu hingga 6 minggu. Meskipun lukanya smebuh tanpa pengobatan, namun infeksinya akan terus berlanjut ke tahap berikutnya.
 
• Sipilis Tahap Sekunder
Sipilis sekunder berkembang 2 minggu hingga 8 minggu setelah seseorang terinfeksi. Gejala sipilis wanita selama tahap ini dapat termasuk ruam kulit, muncul sebagai bintik-bintik kasar, memerah atau kemerahan pada telapak tangan dan bagian bawah kaki. Namun ruam dapat memiliki penampilan yang berbeda dan terjadi pada bagian tubuh yang berbeda.
 
Terkadang ruam sangat ringan sehingga tidak terlalu diperhatikan. Selain ruam, pada kebanyakan orang dalam tahap sekunder kemungkinan mengalami demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, rambut rontok, sakit kepala, penurunan berat badan, nyeri otot dan kelelahan. Gejala sipilis wanita biasanya hilang namun infeksinya akan terus berlanjut dan gejala tahap sekunder dapat kambuh kembali.
 
• Sipilis Tahap Laten
Sipilis dapat tetap tidak aktif dalam tubuh selama bertahun-tahun, dan biasanya antara tahap sekunder dan tahap akhir. Gejalanya tidak ada, akan tetapi infeksinya akan tetap berada di tubuh dan dapat menularkan ke pasangan seksual.
 
• Sipilis Tahap Terser
Sipilis dapat terjadi dari 2 tahun hingga 30 tahun setelah infeksi awal. Selama tahap ini, kerusakan dapat terjadi pada otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang dan persendian. Kerusakan kemungkinan tidak muncul selama bertahun-tahun. Pada tahap ini sebagai akibat dari kerusakan, seseorang kemungkinan mengalami gerakan otot yang tidak terkoordinasi, kelumpuhan, mati rasa, kebutaan bertahap dan demensia. Kerusakan sipilis dapat menyebabkan organ dalam dapat berakibat kematian.

Bagaimana Sipilis Pada Wanita Didiagnosis?


Tes atau pengujian darah dilakukan untuk mendeteksi sipilis. Tes atau pengujian kuantitatif pada infeksi awal meningkat. Setelah tes atau pengujian dinyatakan positif (karena infeksinya sudah lama terjadi) maka harus segera melakukan pengobatan. Pengobatan harus dilakukan secara efektif, untuk mencegah tingkat keparahannya.

Sipilis Pada Wanita Diobati Dengan?


Pengobatan untuk sipilis biasanya dengan pengobatan intravena. Pada tahap awal infeksi (kurang dari 1 tahun) membutuhkan pengobatan. Tahap selanjutnya membutuhkan pengobatan yang lebih efektif hingga 1 minggu atau 3 minggu. Jika seseorang alergi terhadap antibiotik, maka pengobatan lainnya bisa disarankan.

Pengobatan sipilis melalui intravena sangat terbukti efektif bagi setiap orang. Pengobatan ini bisa Anda dapatkan di Klinik Utama Gracia. Klinik yang menangani permasalahan sipilis dan penyakit kelamin lainnya. Untuk pengobatan lebih lanjut bisa menghubungi nomor ini 081336361555 atau layanan dibawah ini.

Baca Juga : Ciri Ciri Penyakit Sipilis Yang Harus Segera Diobati

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.