User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kutil kelamin pada wanita adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Kutil tidak berbahaya dan mempengaruhi area genital dan area anal pada wanita dan yang paling umum terjadi pada orang yang aktif secara seksual. Kutil kelamin adalah pertumbuhan atau benjolan pada kulit di sekitar area genital, vulva, vagina, serviks (leher rahim), skrotum, uretra (pembukaan urine), anus, selangkangan atau paha. Kutil bisa berupa bentuk yang terangkat atau datar, tunggal atau ganda, kecil atau besar. Beberapa kutil kelamin dapat berkelompok membentuk seperti kembang kol. Jenis virus yang terkait dengan kanker serviks (leher rahim) atau kanker lain bukanlah jenis yang terkait dengan kutil kelamin.

Kutil Kelamin Secara Umum

Kutil kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umum. Kutil sering muncul pada:
 
• Kulit di sekitar bagian bawah (anus).
• Alat kelamin luar (seperti vulva, termasuk labia dan klitoris).
• Alat kelamin internal (termasuk vagina dan serviks atau leher rahim).
 
Kutil juga dapat muncul di paha atas dan kulit di sekitar area genital.

Apa Yang Menyebabkan Kutil Kelamin?


Kutil kelamin pada wanita disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). HPV adalah penyakit menular seksual (PMS) yang paling umum. Jenis-jenis HPV tertentu menyebabkan kutil kelamin, sementara jenis virus lainnya dikaitkan dengan kanker serviks (leher rahim), vulva, anal dan penis. Kutil pada alat kelamin luar mudah diidentifikasi sedangkan kutil di vagina atau di serviks (leher rahim) tidak.

Karena HPV dapat menyebabkan kelainan seluler praligna di serviks (leher rahim), perubahan ini harus segera didiagnosis dan diobati. Pap smear secara teratir sangat penting untuk mendiagnosis HPV pada serviks (leher rahim). Infeksi HPV sangat umum dan pada kebanyakan orang tidak memiliki gejala apapun.

Baca Juga : Atasi Kutil Kelamin Laki Dengan Cepat

 

Beberapa Gejala Kutil Kelamin Pada Wanita

Kutil kelamin pada wanita dapat terlihat berbeda tergantung pada berapa banyak yang terlihat dan seberapa banyak yang berbentuk terangkat. Kutil biasanya terlihat seperti benjolan berdaging pada kulit di sekitar alat kelamin atau anus. Kutil bisa sangat kecil, atau tunggal yang kemungkinan terlihat seperti pertumbuhan atau warna yang berbeda pada kulit.
 
Terkadang muncul dalam kelompok kecil beberapa kutil yang memiliki penampilan seperti bunga kol. Kutil kelamin seharusnya tidak menyebabkan rasa sakit atau masalah serius. Akan tetapi bisa menjadi tidak menyenangkan dan bisa membuat seseorang mudash marah atau khawatir. Jika kutil mempengaruhi kulit di sekitar penis, vagina atau anus terkadang menyebabkan pendarahan di area tersebut. Gejala kutil kelamin pada wanita dapat mempengaruhi kulit:
 
• Paha atas atau kulit di sekitar area genital.
• Vulva yang merupakan area genital eksternal yang meliputi labia dan klitoris.
• Vagina.
• Serviks (leher rahim).
• Anus, di sekitar pembukaan dan di dalam.

Inilah Diagnosis Kutil Kelamin


Kutil dapat didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan visual oleh dokter dalam kebanyakan kasus. Kutil kelamin didiagnosis berdasarkan pemeriksaan. Jika dokter tidak mendiagnosis di area tersebut adanya kutil, kemungkinan harus melakukan biopsi (potongan kecil jaringan) yang akan di analisis di laboratorium untuk menghasilkan diagnosis yang akurat.

Pengobatan Tepat Kutil Kelamin Pada Wanita


Ada banyak cara untuk mengobati kutil kelamin pada wanita. Beberapa melibatkan penggunaan obat-obatan dan beberapa melibatkan prosedur. Bahkan dengan pengobatan, ada kemungkinan kutol akan kembali kambuh dalam beberapa minggu atau beberapa bulan. Karena mengobati kutil harus menghilangkan semua virusnya (HPV) yang menyebabkan kutil.

Beberapa sel di kulit genital dan vagina yang tampak normal tetap terinfeksi HPV. Saat ini tidak ada pengobatan secara permanen yang menghilangkan HPV di semua sel yang terinfeksi, akan tetapi pada kebanyakan orang akan membersihkan virus dan kutil dengan sistem kekebalan tubuh dengan sendirinya dalam 2 tahun.

Pengobatan kutil kelamin ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Klinik yang menangani permasalahan kutil kelamin dan PMS atau IMS lainnya. Klinik ini sangat merekomen dan sangat terpercaya. Anda tidak perlu khawatir karena biaya yang harus dikeluarkan sangat terjangkau. Segera hubungi kami di 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Kutil Kelamin Apa Berbahaya Jika Dibiarkan?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.