User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Apa efek kencing nanah pada tubuh jika tidak diobati? Kencing nanah adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabakna oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Dan ini adalah penyakit yang sangat menular dan menyebar selama hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral dengan seseorang yang terinfeksi. Juga bisa ditularkan dari ibu hamil yang terinfeksi ke bayinya yang belum lahir.

Fakta Mengenai Kencing Nanah Pada Tubuh

Efek kencing nanah pada tubuh bisa mempengaruhi wanita dan pria. Ini adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini bertujuan untuk selaput lendir yang lembab dan jaringan lunak yang tidak tertutup oleh lapisan kulit luar. Ketika seseorang mengalami infeksi, bakteri dapat ditemukan di vagina, di leher rahim (serviks), rahim, saluran tuba, uretra dan rektum serta mata (lapisan kelopak mata), mulut atau tenggorokan.

Ketahui Efek Kencing Nanah Pada Tubuh Secara Umum


Kencing nanah disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae yang dapat tumbuh dengan cepat pada selpaut lendir tubuh. Infeksi disebarkan atau ditularkan melalui kontak seksual seperti vagina, anal dan oral. Seorang bayi dapat terkena kencing nanah dari ibu hamil yang terinfeksi selama persalinan yang dapat menyebabkan bayi menjadi buta kecuali segera diobati.

Baca Juga : Efek Kencing Nanah Pada Wanita Yang Tidak Segera Diobati

 

Apa Saja Gejala Kencing Nanah Pada Tubuh Itu?

Terkadang seseorang dengan kencing nanah tidak menunjukkan efek kencing nanah pada tubuh apapun itu. Gejala lebih umum pada wanita dibandingkan pada pria. Gejala awal kencing nanah dapat muncul dalam 1 minggu atau 2 minggu setelah berhubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi kencing nanah. Bahkan tanpa adanya gejala masih bisa untuk menularkan penyakitnya dan merusak sistem reproduksi. Gejala dari efek kencing nanah pada tubuh yang paling umum bisa meliputi:
 
• Keputihan abnormal disertai kencing nanah pada wanita dan cairan disertai kencing nanah pada pria, yang kemungkinan berwarna hijau, kuning atau putih.
• Sensasi seperti terbakar saat kencing atau disuria, gejala ini biasa terjadi pada PMS lain dan gejala yang sangat penting untuk dilakukan tes atau pengujian.
• Kelenjar yang menyakitkan, terbakar dan bengkak di tenggorokan ini adalah gejala yang sangat umum dari infeksi kencing nanah akibat hubungan seks oral.
 
Wanita juga bisa mengalami menstruasi yang menyakitkan, perdarahan diantara menstruasi, nyeri saat berhubungan seksual, sakit perut atau demam. Pria bisa memiliki gejala pembengkakan atau rasa sakit yang kurang umum di salah satu atau ke 2 testis. Kencing nanah dapat menginfeksi 1 atau ke 2 mata yang menyebabkan keluarnya cairan, konjungtivitis (gatal dan mata merah) atau sensitivitas terhadap cahaya. Kencing nanah juga dapat menyebarkan atau menularkan dan menginfeksi anus yang menyebabkan perdarahan dan nyeri dubur.

Lalu, Bagaimana Kencing Nanah Pada Tubuh Didiagnosis?


Sampel cairan genital atau cairan dari ujung penis, vagina, serviks atau dubur dapat dilakukan pengujian atau tes untuk Neisseria Gonorrhoeae dengan melakukan kultur. Tes atau pengujian lain juga digunakan untuk mencari DNA dari bakteri dalam urine, cairan dari serviks (leher rahim) atau dari penyeka yang diambil dari uretra.

Pada faring atau tenggorokan, kencing nanah dapat dideteksi dengan melakukan kultur tenggorokan. Pada bayi yang baru lahir dan berisiko terkena penyakit ini, dokter biasanya membersihkan mata bayi dan melakukan kultur untuk mematikan diagnosis. Infeksi mata kencing nanah jarang terjadi pada bayi, karena bayi yang baru lahir rutin menerima tetes mata antibiotik saat lahir untuk mencegah infeksi.

Bagaimana Kencing Nanah Pada Tubuh Diobati?


Kencing nanah dapat disembuhkan apabila diobati dengan antibiotik, meskipun beberapa strain bakteri menjadi resisten terhadap obat-obatan. Usahakan untuk menghindari hubungan seksual saat terinfeksi dan semua pasangan seksual Anda harus melakukan konsultasi dan melakukan pengujian atau tes bahkan jika tidak memiliki efek kencing nanah pada tubuh ataupun gejala lainnya.

Jika memiliki penyakit ini, maka harus melakukan pengobatan dengan antibiotik. Seseorang yang menderita infeksi kencing nanah dan klamidia diobati dengan kombinasi antibiotik. Pada bayi yang baru lahir dan terinfeksi diberikan antibiotik intravena. Dengan pengobatan antibiotik, kencing nanah biasanya akan hilang dalam waktu 2 minggu. Sangat penting untuk melakukan pengobatan walaupun efek kencing nanah pada tubuh membaik. Untuk melakukan pengobatan Anda bisa menghubungi kami di Klinik Utama Gracia dengan nomor 081336361555 atau konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Inilah Obat Kencing Nanah Laki Laki Yang Ampuh

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.