User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit sipilis adalah infeksi bakteri Treponema Pallidum (T. Pallidum) yang paling sering menyebar melalui kontak seksual. Gejala penyakit sipilis pada pria ada beberapa tahap yaitu primer, sekunder, laten dan tersier. Infeksi yang tidak diobati dapat menyebabkan penyakit selama beberapa tahun. Meskipun dapat disembuhkan dengan antibiotik, seseorang dapat terinfeksi kembali.

Pada tahap awal penyakit sipilis menyebabkan penyakit pada alat kelamin, selaput lendir dan kulit. Jika tidak segera diobati, penyakit sipilis dapat menyebabkan kondisi serius seperti masalah jantung, masalah neurologis (neurosifilis), kebutaan, demensia dan kematian. Tingkat penyakit sipilis telah meningkat terutama diantara pria yang berhubungan seksual dengan pria lain.

Penyakit Sipilis Pada Pria Secara Umum

Penyakit sipilis adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh bakteri bernama Treponema Pallidum (T. Pallidum). Ditularkan melalui kontak seksual tanpa kondom dengan pasangan yang terinfeksi (melalui hubungan seksual, seperti seks oral atau seks anal, mainan seks yang digunakan secara bersama dan jarum suntik obat-obatan terlarang). Gejala penyakit sipilis pada pria cukup umum dan dapat muncul serta pergi. Seseorang dapat memiliki penyakit sipilis selama bertahun-tahun dan tidak menyadarinya. Penyakit sipilis dapat disembuhkan dan harus segera melakukan pengobatan untuk mencegah komplikasi.

Penyebab Penyakit Sipilis Pada Pria


Penyakit sipilis ditularkan antara pasangan seksual melalui kontak kulit ke kulit saat berhubungan seksual. Penyakit sipilis juga dapat ditularkan dari wanita hamil ke bayinya. Penyakit sipilis disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema Palllidum (T. Pallidum). Jika merasa mengalami adanya penyakit sipilis, segera lakukan konsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga : Ketahui Apa Itu Sipilis?

 

Kenali Gejala Penyakit Sipilis Pada Pria

Gejala penyakit sipilis pada pria dapat muncul dari 10 hari hingga 3 bulan setelah infeksi, seperti:
 
1. Tahap Primer
• Lukanya kecil (chancre) di lokasi tubuh tempat penyakit terinfeksi seperti di penis, di vagina, di mulut dan di anus.
• Kelenjar getah bening di dekat area infeksi bengkak.
• Chancre akan hilang dengan sendirinya.
 
2. Tahap Sekunder
• Ruam yang tidak gatal, muncul di kaki dan di tangan, namun bisa dimana saja.
• Sakit kepala.
• Sakit tenggorokan.
• Kelelahan.
• Kelenjar membengkak.
• Yang jarang terjadi sepertu sakit, demam, luka di mulut atau disekitar alat kelamin, penurunan berat badan.
• Dapat hilang dengan sendirinya dan kemungkinan terjadi secara berulang sebelum pindah ke tahap selanjutnya.
 
3. Tahap Laten
• Sebagian besar gejala penyakit sipilis pada pria terasa ringan atau terkadang hilang.
• Masih bisa menular.
 
4. Tahap Tersier
• Jarang sekali ada yang sampai ke tahap ini.
• Bakteri dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai organ dan jaringan tubuh.
• Dapat menyebabkan sejumlah masalah termasuk kebutaan, tuli, penyakit mental dan bahkan kematian.

Diagnosis Untuk Penyakit Sipilis Pada Pria


Penyakit sipilis didiagnosis dengan melakukan tes atau pengujian darah. Cairan dari luka juga bisa diseka. Sebagian besar hasil dari tes atau pengujian agar akurat membutuhkan waktu 3 minggu setelah kontak dengan penyakit sipilis, akan tetapi bisa juga sampai 3 bulan. Gejala penyakit sipilis pada pria terkadang hilang atau kemungkinan tidak muncul sama sekali menyebabkan dokter kesulitan untuk mendiagnosisnya. Sangat penting untuk mengkonsultasikannya dengan dokter agar luka di area genital dan ruam bisa ditemukan. Tes atau pengujian dilakukan pada:

• Secara mikroskopis dari sampel luka terbuka untuk menentukan adanya bakteri.
• Sampel darah.

Obati Penyakit Sipilis Pada Pria


Penyakit sipilis dapat diobati pada tahap infeksi apapun, meskipun mengobatinya lebih cepat akan mengurangi risiko penularan. Melalui intravena adalah pengobatan yang paling efektif bahkan dapat menyembuhka sipilis. Pengobatan digunakan tergantung pada tahap infeksi. Seseorang yang alergi terhadap obat-obatan dianjurkan untuk menjalani desensitisasi.

Pengobatan efektif untuk penyakit sipilis bisa Anda temui di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani permasalahan penyakit sipilis. Semakin cepat dilakukan pengobatan maka akan semakin baik. Tunggu apalagi segera hubungi kami di nomor 081336361555 untuk melakukan pengobatan penyakit sipilis. Atau dengan mengkonsultasikannya dibawah ini.

Baca Juga : Temukan Penyembuhan Sipilis Yang Tepat Di Klinik Utama Gracia

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.