User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kutil kelamin laki adalah kutil yang ada di dekat penis (alat kelamin). Kutil kelamin adalah infeksi kulit dengan pertumbuhan disekitar alat kelamin atau area anal. Penyakit ini dapat menyebar atau menular melalui kontak langsung dengan luka terbuka dan biasanya menular saat melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi.

Pengertian Kutil Kelamin Laki Pada Umumnya

Kutil kelamin adalah pertumbuhan kecil dan berdaging seperti benjolan di alat kelamin. Kutil dapat muncul dimana saja di penis, di selangkangan, di perineum, di anus dan bahkan di mulut. Kutil kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum pada seseorang yang baru didiagnosis. Dapat menjadi suatu kondisi yang membuat seseorang itu merasa malu untuk melihatnya atau dilihat oleh orang lain. Untuk menghindari menular ke orang lain memerlukan pengobatan yang efektif.

Penyebab Mendasar Kutil Kelamin Laki


Penyebab kutil kelamin adalah virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV). Kutil kelamin biasanya merupakan penyakit menular seksual (PMS). Kutil ini disebabkan oleh HPV. HPV juga dapat menyebabkan beberapa jenis kanker. Akan tetapi jenis HPV yang dapat menyebabkan kutil kelamin biasanya tidak dapat menyebabkan kanker.

Baca Juga : Kutil Kelamin Apa Berbahaya Jika Dibiarkan?

 

Apa Saja Gejala Kutil Kelamin Laki?

Kutil kelamin muncul antara 2 minggu hingga 8 bulan setelah kontak dengan orang yang treinfeksi. Pada pria, gejalanya adalah benjolan kecil yang terasa gatal atau tidak terlalu nyeri yang muncul pada penis, skrotum dan anus. Kutil kelamin dapat menjadi kecil atau dapat tumbuh menjadi besar. Kutil dapat tumbuh secara tunggal maupun berkelompok.
 
Dalam beberapa kasus akan tampak seperti kembang kol. Kutil pada pria sering terjadi teruma secara internal. Kutil ini biasanya ditemukan di ujung penis, di pangkal paha dan di skrotum serta di dalam atau disekitar anus. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, infeksi berkembang di dalam tenggorokan atau di mulut seseorang yang telah melakukan hubungan seks oral dengan membawa virusnya.

Kutil Kelamin Laki Dan Diagnosisnya


Dokter biasanya dapat mendiagnosis kutil kelamin dengan cara melihat kutilnya dan melakukan pemeriksaan. Terkadang dokter akan mengambil sampel kecil kutil kelamin untuk di lakukan analisis di laboratorium untuk dilakukan tes atau pengujian. Dan ini biasanya tidak menyakitkan. Secara umum, kutil kelamin dapat dengan mudah didiagnosis dengan inspeksi.

Dan biasanya dilakukan pemeriksaan dengan mikroskop untuk memastikan diagnosis kutil. Kutil tidak menimbulkan rada sakit kecuali terjadinya iritasi karena gesekan atau sebuah trauma. Sementara pada kebanyakan IMS dapat diidentifikasi dengan gejalanya seperti ketidaknyamanan secara keseluruhan dan kutil dapat didiagnosis melalui pengamatan dokter.

Obat-Obatan Untuk Kutil Kelamin Laki


Infeksi ini tidak dapat disembuhkan, akan tetapi dapat diobati dan dikelola gejalanya. Kutil kelamin dapat diobati dengan melakukan pembekuan atau pembakaran bahan kimia atau dengan melakukan terapi laser. Pengobatan topikal dapat diresepkan dokter untuk mengurangi ukuran dan jumlah kutil. Pemeriksaan harus dilakukan untuk menindak lanjuti perkembangan dan membuat perubahan dalam pengobatan. Selalu konsultasikan dengan dokter untuk mengobati kutil kelamin ini, pengobatan kutil ada berbagai macam seperti:

• Obat-obatan untuk kutil kelamin.
• Laser, pembekuan atau pembakaran untuk kutil kelamin.
• Operasi.

Terkadang kutil kelamin akan kambuh setelah melakukan pengobatan. Karena pengobatan tidak dapat menghilangkan semua HPV dalam tubuh. Namun Anda tidak perlu khawatir. Kini di Klinik Utama Gracia terdapat pengobatan efektif. Pengobatan ini sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya. Untuk lebih jelas Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 atau melakukan chat konsultasi online seperti dibawah ini.

Baca Juga : Ketahui, Penyakit Kutil Kelamin Apakah HIV?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.