User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Herpes kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS). Pada kebanyaan orang tidak memiliki gejala herpes kelamin, bahkan kemungkinan tidak mengetahui saat terinfeksi. Tidak ada obat-obatan untuk herpes kelamin, akan tetapi obat-obatan dapat membantu mengendalikan infeksi. Herpes kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS). Infeksi ini dapat menyebabkan luka yang menyakitkan di sekitar bibir, alat kelamin atau anus. Terkadang infeksinya tidak menyebabkan luka. Sangat mungkin untuk tertular infeksinya namun tidak mengetahuinya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Herpes Kelamin?

Herpes kelamin adalah infeksi virus yang ditandai dengan merebaknya lepuhan dan luka di sekitar area genital. Penyakit ini dapat tertular dari melakukan hubungan seksual (biasanya hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral) dengan seseorang yang terinfeksi salah satu virus yang menyebakan herpes kelamin.
 
Setelah terinfeksi dengan Herpes Simpleks Virus (HSV), virus akan tetap berada di tubuh selamanya, bahkan setelah lukanya hilang. Beberapa orang dengan herpes kelamin memiliki gejala luka genital yang terus muncul kembali, karena itu virusnya menjadi aktif kembali, sementara yang lainnya tidak memiliki gejala herpes kelamin sama sekali dan bahkan tdak mengetahui jika memiliki virus di dalam tubuhnya. Jadi sangat rentan menularkan virus ke pasangan seksual meskipun tidak memiliki gejala herpes kelamin.

Penyebab Umum Herpes Kelamin


Ada 2 virus yang dapat menyebabkan herpes kelamin yaitu:

1. Herpes Simpleks Virus tipe 1 (HSV-1).

2. Herpes Simpleks Virus tipe 2 (HSV-2).

HSV-1 adalah virus yang menyebabkan luka di sekitar mulut dan dapat menyebabkan herpes kelamin ketika menyebar atau menular melalui seks oral. Akan tetapi sebagian besar, herpes kelamin disebabkan oleh HSV-2.

Baca Juga : Mengetahui Herpes Genital Bahaya Tidak Pada Remaja

 

Gejala Herpes Kelamin Berbahaya

Pada awalnya kemungkinan adanya gejala herpes kelamin seperti flu, merasa tidak enak badan, demam, sakit kepala, sakit pada punggung atau kaki, kedinginan atau menggigil, nyeri otot, kelelahan dan mual. Luka dapat muncul sebagai lepuhan kecil berisi cairan pada alat kelamin, bokong atau area lainnya. Luka di area yang muncul kemungkinan membengkak dan berstektur lunak.
 
Jika luka ada di alat kelamin, perasaan seperti menyengat atau terbakar saat kencing adalah gejala herpes kelamin yang umum. Gejala herpes kelamin dapat berlangsung selama 2 minggu hingga 4 minggu. Selama itu lukanya terbuka dan keluarnya cairan. Selama beberapa hari, lukanya bisa menjadi berkerak dan kemudian sembuh tanpa meninggalkan bekas luka.
 
Ketika seseorang terinfeksi virus herpes kemungkinan tidak disadari. Dan biasanya disebut infeksi subklinis. Karena pada kebanyakan orang dengan herpes kelamin tidak menyadari saat terinfeksi. Saat gejalanya muncul termasuk lepuhan kecil yang menyakitkan lalu pecah dan membentuk luka atau bisul yang menyakitkan.
 
Luka keropeng biasanya sembuh setelah 1 minggu hingga 2 minggu. Gejala pertama kemungkinan sangat parah dengan banyaknya lepuhan. Memiliki infeksi menular seksual (IMS) seperti herpes kelamin ini dapat meningkatkan risiko terkena infeksi HIV jika terpajan HIV. Pada wanita yang memiliki riwayat herpes kelamin harus melakukan pap smear lebih sering dibandingkan pada wanita yang baru terinfeksi herpes kelamin.

Diagnosis Untuk Herpes Kelamin


Untuk mengetahui seseorang menderita herpes kelamin, dokter biasanya akan melakukan tes atau pengujian pada:

• Cairan dari luka yang ada.
• Darah (jika adanya luka).

Seseorang dengan herpes kelamin harus mengkonsultasikan dengan pasangan seksualnya mengenai infeksi yang dideritanya. Karena seseorang kemungkinan memiliki gejala ataupun tidak memiliki gejala selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun setelah infeksi. Usahakan agar pasangan seksual juga melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Bagaimana Herpes Kelamin Diobati?


Tidak ada obat-obatan untuk herpes kelamin. Akan tetapi dokter dapat meresepkan obat-obatan untuk membantu. Seperti pengobatan antivirus untuk gejala agar tidak semakin bertambah parah. Dan pengobatan untuk mengurangi risiko penyebaran herpes kelamin ke orang lain. Pengobatan supresif yaitu pengobatan untuk menekan gejala.

Penggunaan kondom saat berhubungan seksual dapat membantu mengurangi risiko penularan virus ke pasangan yang tidak terinfeksi. Pengobatan efektif bisa Anda dapatkan di Klinik Utama Gracia. Klinik terpercaya penanganan herpes kelamin. Jangan pernah menunggu hingga penyakitnya bertambah parah. Pengobatan yang dilakukan lebih cepat akan semakin baik. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 atau melalui layanan konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Atasi Penyakit Herpes Genital Pada Wanita

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.