User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Apa itu sipilis? Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema Pallidum (T. Pallidum). Apa itu sipilis? Sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS). Tes atau pengujian darah sederaha dapat menemukan saat seseorang terinfeksi. Kenali saat mengalami sipilis, karena sipilis memiliki tahap-tahap infeksinya.

Apa Itu Sipilis?

Apa itu sipilis? Sipilis adalah IMS yang disebarkan atau ditularkan melalui hubungan seksual antar vaginal, antar anal dan antar oral pada tahap awalnya. Akan tetapi tanpa adanya pengobatan, sipilis dapat berkembang ke tahap akhir dan dapat merusak organ tubuh yang menyebabkan penyakit yang parah dan bahkan menyebabkan kematian.

Apa Yang Menyebabkan Sipilis?


Apa itu sipilis? Sipilis ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan luka tanpa adanya rasa sakit yang disebut chancres selama hubungan seksual vaginal, anal dan oral. Chancres biasanya terjadi pada alat kelamin luar seperti vagina, anus atau dubur, akan tetapi juga dapat terjadi pada bibir dan di mulut. Sipilis tidak dapat disebarkan melalui kontak dengan kursi toilet, gagang pintu atau jenis kontak eksternal lainnya.

Baca Juga : Temukan Penyembuhan Sipilis Yang Tepat Di Klinik Utama Gracia

 

Apa Saja Gejala Pada Sipilis?

Gejala sipilis memiliki tahap-tahapnya seperti:
 
• Tahap Primer
Tahap primer sipilis biasanya ditandai oleh penampilan chancre tunggal, akan tetapi kemungkinan ada beberapa luka. Chancre biasanya berbentuk kecil dan tidak sakit serta berlangsung 3 minggu hingga 6 minggu. Dan akan sembuh tanpa pengobatan, akan tetapi infeksinya akan berlanjut ke tahap sekunder jika tidak diobati.
 
• Tahap Sekunder
Tahap kedua sipilis baisanya di mulai dengan pengembangan ruam yang tidak gatal di telapak tangan dan bagian bawah kaki. Ruam kemungkinan tampak merah atau coklat kemerahan. Gejala lain dari sipilis sekunder kemungkinan termasuk demam, nyeri otot dan kelelahan. Gejala sipilis sekunder dapat sembuh tanpa adanya pengobatan, akan tetapi infeksinya akan berlanjut jika tidak segera diobati.
 
• Tahap Tersier
Tanpa adanya pengobatan sipilis akan berkembang, meskipun tidak adanya tanda atau gejala. Jika tidak segera diobati sipilis dapat menyebabka kerusakan pada organ internal termasuk otak, saraf, mata, jantung, hati dan tulang. Kerusakan ini kemungkinan tidak muncul selama bertahun-tahun, akan tetapi bisa cukup serius untuk menyebabkan kematian. Gejalanya meliputi kesulitan dalam mengkoordinasikan gerakan otot, kelumpuhan, mati rasa, kebutaan bertahap dan demensia. Pada kebanyakan orang yang terinfeksi sipilis tidak menunjukkan gejala selama bertahun-tahun, akan tetapi tetap berisiko mengalami komplikasi lanjut jika tidak segera diobati. Pada kebanyakan orang yang terinfeksi sipilis tidak mengenali luka chancre, dan risiko penularannya sangat tinggi.

Bagaimana Sipili Didiagnosis?


Ada 2 cara yang dilakukan untuk menguji sipilis yaitu dengan:

• Mengambil sampel darah dan mengirimkannya ke laboratorium untuk dilakukan pengujian dan mendapatkan hasil analisisnya.
• Melihat adanya cairan dari luka sipilis dibawah mikroskop khusus (ketika adanya luka).

Tes atau pengujian darah dilakukan untuk mendiagnosis sipilis. Jika melakukan hubungan seks tanpa kondom, kemungkinan akan berisiko menderita sipilis atau IMS lainnya.



Bagaimana Sipilis Diobati?


Apa itu sipilis? Sipilis dapat disembuhkan dengan obat-obatan. Sangat penting untuk melakukan tes atau pengujian dan melakukan pengobatan sesegera mungkin, karena pengobatan tidak dapat menyembuhkan kerusakan secara permanen yang disebabkan oleh sipilis. Untuk mengetahui lebih lanjut Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia.

Sipilis mudah disembuhkan pada tahap awal. Pengobatan tunggal akan menyembuhkan seseorang yang menderita sipilis kurang dari 1 tahun. Seseorang yang menderita sipilis lebih lama kemungkinan memerlukan dosis tambahan. Pengobatan di Klinik Utama Gracia sangat terjamin kesembuhannya. Karena pada kebanyakan orang melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia dan hasilnya sembuh. Untuk lebih jelas, Anda bisa melakukan konsultasi dengan kami di nomor 081336361555 atau melakukan konsultasi seperti dibawah ini.

Baca Juga : Kenali Tanda Dan Gejala Awal Sipilis

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.