User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
Penyembuhan Sipilis

Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS). Penyembuhan sipilis bisa Anda temui di Klinik Utama Gracia. Ini adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum (T. Pallidum). Pada wanita hamil dengan infeksi ini dapat menularkannya pada anaknya yang belum lahir. Tanda dan gejala sipilis tidak dapat dibedakan dengan tanda dan gejala penyakit lainnya. Sipilis dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang atau kematian jika tidak segera diobati secara memadai. Sipilis mudah disembuhkan pada tahap awal.

Fakta Tentang Sipilis

Sipilis disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang menyebabkan sipilis masuk ke tubuh melalui luka di kulit atau melalui kontak dengan luka sipilis (pasangannya). Luka ini dikenal dengan chancre. Rasa sakit ini umumnya terjadi pada vulva, vagina, anus atau penis, sipilis menyebar melalui kontak seksual. Luka kelamin yang disebabkan oleh sipilis juga mudah terinfeksi dan menularkan HIV. Sipilis juga dapat menyebar melalui kontak dengan ruam yang muncul pada tahap akhir penyakitnya.

Penyebab Mendasar Penyakit Sipilis


Sipilis adalah infeksi sistemik kronis yang disebabkan oleh Treponema Pallidum (T. Pallidum) subspesies Pallidum dan biasanya ditularkan secara seksual dan ditandai dengan penyakit yang aktif dan terganggu oleh periode latensi. Setelah masa inkubasi rata-rata 2 minggu hingga 6 minggu, luka primer muncul dan sering dikaitkan dengan limfadenopati regional yang sembuh tanpa pengobatan.

Tahap sekunder terkait dengan luka mukokutan generalisata dan limfadenopati generalisata dengan periode laten infeksi subklinis yang berlangsung selama bertahun-tahun atau beberapa dekade. Keterlibatan sistem saraf pusat dapat terjadi pada awal infeksi dan dapat bersifat simtomatik atau asimtomatik.

Baca Juga : Tanda Dan Gejala Sifilis Yang Perlu Diketahui

Apa Saja Gejala Sipilis Pada Umumnya?

Gejala sipilis berbeda berdasarkan tahap, seperti :

• Tahap Primer

Sipilis pertama kali muncul sebagai chancre yang tidak menyakitkan. Luka ini hilang tanpa pengobatan dalam waktu 3 minggu hingga 6 minggu.

• Tahap Sekunder

Jika sipilis tidak segera diobati, tahap berikutnya muncul saat chancre sedang sembuh atau beberapa minggu setelah chancre menghilang. Ketika ruam kemungkinan muncul, ruam biasanya muncul di telapak kaki dan di telapak tangan. Kutil yang datar dapat terlihat pada vulva. Kemungkinan adanya gejala seperti flu.

• Tahap Laten

Pada beberapa orang dengan ruam dan gejala lainnya dapat hilang dalam beberapa minggu atau beberapa bulan, akan tetapi tidak berarti infeksinya disebut hilang.

Bagaimana Sipilis Didiagnosis?


Tidak seperti tes atau pengujian untuk klamidia dan gonore (kencing nanah), skrining rutin untuk sipilis tidak dianjurkan untuk wanita yang tidak hamil. Semua wanita hamil harus diskrining pada pemeriksaan prenatal untuk yang pertama kalinya dan melakukan tes atau pengujian ulang pada kehamilan dan saat persalinan jika berisiko tinggi. 2 tes atau pengujian darah biasanya sangat diperlukan untuk mendiagnosis sipilis.

Penyembuhan Sipilis

Pengobatan Dan Penyembuhan Untuk Sipilis


Pengobatan dan penyembuhan sipilis dengan antibiotik. Jika penyembuhan sipilis dilakukan lebih awal, masalah jangka panjang bisa dicegah. Lamanya penyembuhan sipilis tergantung pada berapa lama telah terinfeksi. Kemungkinan harus melakukan tes atau pengujian darah secara berkala untuk melihat adanya penyembuhan sudah berhasil. Kontak seksual harus dihindari selama pengobatan. Jika didiagnosis menderita sipilis maka harus melakukan tes atau pengujian HIV, pasangan seksual Anda juga harus melakukan penyembuhan sipilis.

Sipilis mudah disembuhkan dengan antibiotik (obat-obatan) yang sesuai dari dokter. Pengobatan dilakukan untuk membunuh bakteri sipilis dan mencegah kerusakan lebih lanjut akan ettapi tidak akan memperbaiki kerusakan yang sudah dilakukan. Seseorang yang melakukan pengobatan sipilis harus menjauhkan diri dari kontak seksual dengan pasangan seksual barunya sampai luka sipilis benar-benar sembuh.

Seseorang dengan sipilis harus memberitahu pasangan seksualnya sehingga pasangan seksualnya melakukan tes atau pengujian dan pengobatan atau penyembuhan sipilis juga. Tes atau pengujian lanjutan sangat dianjurkan untuk memastikan pengobatannya berhasil. Sipilis akan terus berada di dalam tubuh meskipun telah melakukan pengobatan dan penyembuhan sipilis.

Karena luka sipilis dapat bersembunyi di vagina, di anus, di mulut atau di bawah kulit khatan yang kemungkinan tidak jelas pasangan seksual Anda menderita sipilis juga. Untuk mengurangi gejala yang ada, Anda bisa melakukan pengobatan untuk sipilis ini hanya di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik terpercaya dan terjamin pengobatannya. Segera hubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan layanan konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga : Ini Dia Bakteri Yang Menyebabkan Penyakit Sipilis


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.