User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kencing nanah dan sipilis apakah sama penularannya? Sangat umum dikalangan remaja yang berusia antara 15 tahun hingga 24 tahun, kencing nanah dapat menyebabkan infeksi pada alat kelamin, rektum dan tenggorokan. Sementara itu dapat ditularkan melalui hubungan seks vaginal, seks anal atau seks oral dan juga dapat ditularkan dari seorang wanita pada bayinya saat melahirkan. Keputihan, perdarahan antar periode, testis membengkak adalah beberapa gejalanya. Beberapa tahap pada sipilis seperti primer, sekudner, laten dan tersier memiliki gejala yang berbeda. Gejalanya dapat terjadi setelah kontak langsung dengan luka sipilis selama berhubungan seksual.

Penyakit Kencing Nanah Dan Sipilis Apakah Sama?

Kencing nanah adalah penyakit dewasa yang sangat umum, meskipun yang terinfeksi diantaranya adalah kebanyakan wanita dan sebagiannya pria dan tidak menunjukkan gejala bukan berarti tidak memiliki gejala. Karena tidak menyadari adanya gejala, kebanyakan orang tidak melakukan pengobatan dan akan berisiko penularan penyakit ke orang lain. Kurangnya kesadaran pada jumlah kasus kencing nanah setiap tahunnya. Sipilis yang tidak segera diobati dapat menyebabkan hilangnya penglihatan, penyakit otak dan masalah pendengaran. Selain itu, pada ibu yang terinfeksi dapat menularkan sipilis ke bayinya yang belum lahir.

Penyebab Kencing Nanah Dan Sipilis Apakah Sama?


Kencing nanah disebabkan oleh Neisseria Gonorrhoeae. Sampel diambil dari bagian uretra pria dan endoserviks uterus atau faring poterior, amandel dan rektum dalam kasus hubungan seksual orogenital atau anal. Sipilis adalah penyakit sistemik infeksius yang disebabkan oleh Treponema Pallidum (T. Pallidum) subspesies Pallidum. Ditularkan secara seksual melalui plasenta (sipilis bawaan).

Baca Juga : Kenali Infeksi Kencing Nanah Wanita Dan Pengobatannya

 

Gejala Kencing Nanah Dan Sipilis Apakah Sama?

Pada kebanyakan pria tidak memiliki gejala sama sekali. Jika memiliki gejala biasanya muncul dalam waktu 1 minggu setelah infeksi dan gejalanya termasuk:
 
• Terasa terbakar saat kencing.
• Adanya cairan yang berwarna putih, hijau atau kuning dari penis.
• Testis yang menyakitkan atau bengkak.
 
Pada kebanyakan wanita seringkali hanya memiliki gejala yang kecil atau bahkan tidak memiliki gejala sama sekali. Karena mendeteksi infeksinya teritama tergantung pada kultur vagina. Jika seorang wanita memiliki gejalanya kemungkinan termasuk:
 
• Nyeri atau terasa terbakar saat kencing.
• Keputihan.
• Perdarahan vagina antar periode.
 
Pada pria maupun wanita bisa tertular infeksi kencing nanah di dubur, dan gejalanya meliputi:
 
• Adanya cairan di didubur.
• Terasa gatal atau nyeri di anal.
• Perdarahan pada anal.
• Gerakan usus yang menyakitkan.
 
Infeksi kencing nanah ditenggorokan sangat jarang menyebabkan gejala akan tetapi jika terjadi biasanya terjadi sakit pada tenggorokan. Sipilis gejalanya sama dengan gejala kondisi pada penyakit yang lainnya. Seseorang dengan sipilis selama bertahun-tahun mengalami sipilis tanpa adanya gejala sama sekali. Bahkan pada tahap awal penyakit, jika adanya luka sipilis kemungkinan tidak diperhatikan. Karakteristik sipilis sebagian besar infeksinya terjadi pada orang-orang yang tidak mengetahui memiliki infeksi sipilis.

Kencing Nanah Dan Sipilis Apakah Sama Cara Mendiagnosisnya?


Cara mendiagnosis kencing nanah dan sipilis, pertama dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, lalu melakukan pemeriksaan lebih lanjut yang mengharuskan untuk melakukan tes atau pengujian untuk di analisis di laboratorium. Setelah hasil dari tes dan pengujiuan tersebut diketahui. Maka pengobatan untuk kencing nanah dan sipilis bisa ditentukan berdasarkan tingkat keparahan penyakitnya. Lalu, pengobatan untuk kencing nanah dan sipilis apakah sama?.

Kencing Nanah Dan Sipilis Apakah Sama Cara Mengobatinya?


Ada beberapa antibiotik untuk mengobati kencing nanah. Kencing nanah yang resisten terhadap antibiotik menjadi lebih umum dan jauh lebih sulit untuk mengobati PMS. Seseorang dengan kencing nanah dapat terinfeksi dengan PMS lainnya (klamidia). Jika seseorang tersebut memiliki 2 infeksi maka harus melakukan pengobatan untuk ke 2 infeksi tersebut. Jika kencing nanah tidak diobati dapat menyebabkan penyakit seirus dan permanen lainnya, penyakitnya bisa termasuk:

• Infeksi uterus, ovarium atau saluran tuba (penyakit radang panggul atau PID) pada wanita.
• Risiko kehamilan ektopik.
• Infeksi testis (epididimitis).
• Infeksi darah dan sendi.

Pada tahap awal, sipilis mudah diobati dengan pengobatan intravena tunggal atau antibiotik. Ketika tahap-tahap selanjutnya berkembang maka obat-obatan dan pengobatan untuk jangka waktu yang lebih lama dan lebih invasif bisa direkomendasikan. Penderita sipilis setelah diobati tidak akan menutup kemungkinan dapat terinfeksi lagi di masa yang akan datang.

Usahakan melakukan tindakan pencegahan seks yang lebih aman dan tes atau pengujian secara rutin. Jika pencegahannya tidak ada sama sekali. Seperti pada kebanyakan PMS, maka dapat meningkatkan risiko infeksi HIV. Namun Anda tidak perlu khawatir dan cemas lagi. Klinik Utama Gracia menangani pengobatan untuk kencing nanah dan sipilis secara efektif. Pengobatan yang dilakukan untuk kencing nanah dan sipilis apakah sama? Untuk lebih jelas Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan melakukan konsultasi seperti dibawah ini.

Baca Juga : Atasi Kencing Nanah Laki Laki Secara Umum

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.