User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan kerusakan jantung dan otak yang paling ekstrim. Gejala awal sipilis mirip dengan banyak penyakit lainnya. Sipilis bisa diobati jika didiagnosis lebih awal, akan tetapi pasangan seksual Anda yang terinfeksi juga harus melakukan pengobatan bertujuan untuk menghentikan penyebaran penyakit. Seseorang yang terinfeksi lebih berisiko terserang penyakit menular seksual (PMS) lainnya seperti HIV, jadi tes atau pengujian infeksi menular seksual (IMS) lengkap harus dilakukan.

Pengertian Mengenai Sipilis

Sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang dapat memiliki komplikasi yang sangat serius dan jangka panjang jika tidak segera diobati, akan tetapi mudah disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Gejala awal sipilis pada orang dewasa terbagi menjadi beberapa tahap. Tahapannya seperti sipilis primer, sipilis sekunder dan sipilis tersier.

Penyebab Sipilis Pada Umumnya


Treponema Pallidum (T. Pallidum) adalah Spirochete yang dapat bertahap selama beberapa dekade. Anda bisa tertular sipilis dengan kontak langsung dengan luka sipilis selama hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral. Luka dapat ditemukan di penis, di vagina, di anus, di dubur atau di bibir dan di mulut. Sipilis juga dapat menyebar dari ibu yang terinfeksi ke bayinya yang belum lahir.

Baca Juga : Ini Dia Bakteri Yang Menyebabkan Penyakit Sipilis

 

Gejala Awal Sipilis Yang Harus Diketahui

Ada 3 tahap umum untuk infeksi sipilis, dengan gejala awal sipilis yang sama untuk pria dan wanita, meliputi:
 
1. Sipilis Tahap Primer
Ada masa inkubasi antara 9 hari hingga 90 hari (waktu antara pajanan terhadap penyakit infeksi dan munculnya gejala awal sipilis untuk yang pertama). Luka tanpa rasa sakit (chancre) biasanya akan muncul yang kemungkinan tidak terlihat. Itu terlihat seperti area bundari dari kulit yang rusak dengan pusat infeksi. Terasa nyeri dan ada nanah yang keluar.
Anda dapat memiliki chancre di sekitar vagina atau penis, di mulut atau di tenggorokan dan di dubur. Ini biasanya sembuh setelah 2 minggu hingga 6 minggu, akan tetapi tetap ada di dalam tubuh. Namun beberapa orang tidak memiliki gejala awal sipilis pada tahap ini. Infeksinya dapat ditularkan ke orang lain pada saat ini.
 
2. Sipilis Tahap Sekunder
Tahap ini memiliki masa inkubasi antara 6 minggu dan 6 bulan. Ruam yang tebal kemungkinan muncul di telapak tangan atau di telapak kaki, akan tetapi biasnaya tidak terasa gatal atau sakit. Kemungkinan adanya gejala awal sipilis seperti flu selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Anda masih dapat menularkan infeksi pada tahap ini.
 
3. Sipilis Tahap Tersier
Tahap ini dapat terjadi beberapa bulan atau beberapa tahun setelah infeksi awal. Masalah dengan otak, hati atau arteri dapat berkembang dalam kasus yang paling ektsrem yang dapat bertahan lama. Pada tahap ini tidak dapat menularkan sipilis ke orang lain, akan tetapi menjadi sangat sakit. Jika sipilis mempengaruhi terlalu banyak organ penting dapat menyebabkan kematian.

Bagaimana Sipilis Didiagnosis?


Kemungkinan sangat sulit dokter mendiagnosis sipilis berdasarkan gejala awal sipilis. Karena gejala dan tanda-tanda penyakit kemungkinan tidak ada, hilang tanpa pengobatan atau mirip dengan gejala penyakit yang lainnya. Karena sipilis sulit didiagnosis maka harus dilakukan:

• Konsultasikan dengan dokter jika memiliki luka di area genital atau ruam yang menyebar.
• Lakukan tes atau pengujian sipilis secara berkala jika perilaku seksual berisiko terkena infeksi menular seksual (IMS).
• Lakukan tes atau pengujian untuk memastikan tidak menderita sipilis jika pernah melakukan pengobatan karena IMS lain seperti infeksi gonore (kencing nanah) atau HIV.

Dokter dapat mendiagnosis sipilis sejak dini dengan melihat chancre atau ruam dan kemudian mengkonfirmasi diagnosis dengan tes atau pengujian yang dilakukan di laboratorium. Karena sipilis laten tidak memiliki gejala, dan hanya didiagnosis dengan tes atau pengujian di laboratorium. Ada 2 metode untuk mendiagnosis sipilis melalui laboratorium, seperti:

• Identifikasi bakteri dibawah mikroskop dalam sampel yang diambil dari chancre.
• Melakukan tes atau pengujian darah untuk sipilis.

Bagaimana Sipilis Diobati?


Sipilis mudah disembuhkan pada tahap awal. Dengan antibiotik yang di suntikan ke otot adalah pengobatan terbaik untuk sipilis. Jika alergi terhadap pengobatannya, dokter kemungkinan akan memberikan antibiotik atau pengobatan lain. Jika menderita neurosifilis kemungkinan harus melakukan pengobatan intravena.

Dan jika memiliki sipilis laten, kerusakan yang terjadi pada organ tubuh tidak dapat dihindari. Saat sedang melakuakan pengobatan hindari melakukan hubungan seksual sampai lukanya benar-benar sembuh. Pasangan seksual Anda juga harus melakukan tes atau pengujian untuk sipilis dan melakukan pengobatan.

Pengobatan sipilis ini bisa Anda lakukan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik terpercaya dalam menangani permasalahan sipilis. Hanya dengan menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan melakukan konsultasi seperti dibawah ini. Anda sudah bisa melakukan pengobata di klinik kami.

Baca Juga : Fakta Tanda-Tanda Penyakit Sipilis

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.