User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang sangat serius yang dapat mempengaruhi otak dan organ-organ lain. Penderita sifilis disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema Pallidum (T. Pallidum). Sifilis mudah disembuhkan jika didiagnosis sejak dini. Sifilis yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh manusia termasuk mata, otak, jantung, hati dan sistem saraf, akan tetapi dapat dicegah dengan pengobatan sejak dini.

Apa Itu Sifilis?

Sifilis adalah infeksi bakteri menular seksual. Gejala awalnya termausk luka genital dan luka di mulut, adanya ruam, sakit kepala dan nyeri sendi. Pengobatannya juga bisa dengan antibiotik. Namun jika tidak diobati sejak dini dapat menyebar ke jantung, otak dan organ utama lainnya dan menyebabkan kematian. Penderita sifilis nya wanita hamil dapat melahirkan bayi namun meninggal atau bisa juga mengalami keguguran. Bayi yang lahir dengan sifilis bawaan dapat meninggal atau menderita cacat secara permanen seperti kebutaan.

Sifilis Disebabkan Oleh Apa?


Sifilis ditularkan melalui hubungan seksual seperti seks vaginal, seks anal dan seks oral tanpa kondom. Penyakit ini juga dapat menyebar atau menular melalui kontak intim atau kulit ke kulit dengan seseorang yang terinfeksi. Pada ibu yang terinfeksi dapat menularkan sifilis ke bayinya melalui plasenta selama kehamilannya.

Baca Juga : Penyebab Dan Gejala Seorang Penderita Sifilis

 

Apa Gejala Yang Tepat Untuk Penderita Sifilis?

Gejala sifilis muncul dalam 3 fase yaitu:
 
1. Fase Utama Sifilis
Gejala sifilis muncul dalam 3 minggu hingga 6 minggu sejak terinfeksi. Salah satu gejalanya adalah luka dengan tepi yang keras di genitalia, mulut atau anus. Tidak semua orang mengalami gejala. Semua gejala dapat hilang dengan sendirinya bahkan jika sifilis tidak diobati sekalipun. Namun infeksi ini tidak dapat hilang dari tubuh.
 
2. Fase Kedua Sifilis
Gejala pada fase kedua ini muncul antara 2 bulan hingga 4 bulan setelah fase utama sifilis. Gejala pada fase kedua ini termasuk demam, pembesaran kelenjar getah bening, sakit kepala, mual dan berbagai gejala pada kulit. Bahkan jika sifilis tidak diobati, semua gejala dapat hilang dalam waktu kurang lebih dalam 6 bulan. Setelah itu, sifilis menjadi laten.
 
3. Fase Ketiga Sifilis
Penderita sifilis yang tidak diobati dapat mengembangkan sifilis tersier, dan kemungkinan muncul dalam beberapa tahun setelah infeksi utamanya dan ini dapat merusak sistem saraf pusat. Sifilis yang tidak diobati dalam menyebabkan sifilis tersier bagi penderita sifilis serta merusak sistem daraf pusat dan peredaran darah.

Bagaimana Mendiagnosis Penderita Sifilis?


Tes atau pengujian untuk sifilis dilakukan dengan menyeka area yang terinfeksi atau dengan melakukan tes atau pengujian darah. Dan cara terbaik untuk mengetahui terinfeksi atau tidak dengan sifilis adalah dengan dilakukan tes atau pengujian darah. Jika memiliki sakit maag pada perut saat melakukan pemeriksaan dengan dokter, maka tes atau pengujian akan disesuaikan tergantung organsimenya juga setelah diketahui dari hasil pemeriksaannya.

Pengobatan Untuk Penderita Sifilis Yang Parah


Sifilis diobati dengan obat-obatan yang dapat dilakukan melalui intravena ke dalam otot di sekitar bokong tergantung tingkat keparahannya. Tahap awal infeksi hanya menbutuhkan 1 dosis antibiotik, akan tetapi pada tahap selanjutnya akan membutuhkan beberapa pengobatan antibiotik setiap minggunya. Jika sedang hamil atau berencana untuk hamil maka konsultasikan dengan dokter, sehingga pemilihan pengobatan dapat ditentukan agar aman untuk Anda dan calon bayi Anda.

Sifilis harus dilakukan pengobatan jika sedang hamil dan jika tidak diobati biasanya berisiko keguguran, lahir mati dan cacat lahir jika bayinya selamat saat kelahiran. Selain itu harus memperhatikan respon dari pengobatan tersebut serta harus dipantau karena memerlukan tindak lanjut pengobatan.

Pengobatan ini bisa Anda temui di Klinik Utama Gracia. Klinik ini sangat ahli dalam permasalahan sifilis. Tidak diragukan lagi dan sangat terpercaya selain terjamin kesehatan Anda. Klinik kami adalah klinik dengan pengobatan yang berstandar atau bertaraf nasional karena Anda akan dibantu oleh para dokter ahli dan peralatan medis canggih pendukungnya. Segera hubungi kami di nomor 081336361555 atau konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga : Bagaimana Cara Pencegahan Sifilis Yang Ampuh?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.