User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
Bakteri Sipilis

Sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri yang disebut bakteri sipilis yang masuk ke dalam tubuh melalui kulit saat berhubungan seksual atau kontak fisik yang dekat dengan pasangan yang terinfeksi. Area infeksi yang paling umum pada pria terjadi pada mulut, pada penis dan pada bokong.

Apa Itu Bakteri Sipilis?


Sipilis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri sipilis yaitu Treponema Pallidum (T. Pallidum). Ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan rasa sakit pada sipilis yaitu chancre. Luka chancre ini ditemukan pada alat kelamin, vagina, anus, rektum, bibir dan mulut. Pada wanita hamil dapat menularkan penyakit ini ke anaknya yang belum lahir. Sipilis dapat menyebabkan komplikasi kesehatan jangka panjang jika tidak segera ditangani.

Bakteri Apa Yang Menyebabkan Sipilis?


Sipilis disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum (T. Pallidum), karena banyak gejalanya dan sama dengan gejala penyakit lainnya. Oleh karena itu jangan pernah keliru mengenai jenis penyakit ini. Penyakit ini terkenal dengan adanya luka atau chancre. Selain itu, penyakit ini mempunyai tahap-tahap gejalanya.

Baca Juga : Bagaimana Cara Pencegahan Sifilis Yang Ampuh?

Ketahui Gejala Sipilis Secara Umum


1. Sipilis Primer

Muncul dengan luka kecil dan bulat tanpa rasa sakit (chancre) yang biasanya muncul ketika bakteri memasuki tubuh. Ini biasanya terjadi sekitar 3 minggu setelah infeksi, akan tetapi dapat memakan waktu hingga 3 bulan. Chancre akan tetap ada selama 2 minggu hingga 6 minggu.

2. Sipilis Sekunder

Sebagian besar ditandai dengan sakit tenggorokan dan ruam kulit pada telapak tangan dan telapak kaki. Namun ruam bisa muncul di bagian tubuh dimana saja. Gejala lain termasuk :
 
• Demam.
• Sakit kepala.
• Kelelahan.
• Penurunan berat badan.
• Pembengkakan kelenjar getah bening.
• Rambut rontok.
• Sendi terasa pegal.
 
Gejala-gejala ini biasanya keliru pada penyakit lain dan merupakan alasan utamanya. Gejala-gejalanya yang pada akhirnya akan hilang, akan tetapi penyakit ini masih ada di dalam tubuh.

3. Sipilis Laten


Tahap ketiga yang gejalanya hilang meskipun masih terinfeksi dan tidak ada gejala yang nyata ketika menderita penyakit tersebut. Gejala sipilis sekunder dapat muncul kembali, akan tetapi penyakitnya akan tetap berada selama bertahun-tahun hingga sipilis terseir muncul.

4. Sipilis Tersier

Tahap akhir infeksi dan dapat memakan saktu hingga 30 tahun untuk muncul. Sipilis tersier dapat mengancam jiwa dan dapat menyebabkan sejumlah kondisi yang tampaknya tidak terkait seperti :
 
• Infeksi otak atau sumsum tulang belakang (neurosipilis).
• Kebutaan.
• Tuli.
• Hilang ingatan.
• Penyakit kejiwaan.
• Gangguan neurologis seperti stroke atau meningitis.
• Penyakit jantung.

Bagaimana Bakteri Sipilis Didiagnosis?


Tes atau pengujian darah diperlukan untuk mendiagnosis sipilis. Jika diobati tepat waktu, sipilis mudah disembuhkan dengan antibiotik. Sipilis didiagnosis dengan menguji darah atau urine penderitanya. Jika adanya chancre pada tubuh, dokter akan mengambil sampel untuk menguji bakteri sipilis. Pada sipilis tersier diduga adanya cairan tulang belakang yang dapat dikumpulkan untuk menguji sipilis. Pada wanita hamil harus melakukan tes atau pengujian sipilis untuk mencegah kemungkinan sipilis bawaan yang bisa berakibat fatal pada bayi yang baru lahir.

Bakteri Sipilis

Bagaimana Cara Mengobati Bakteri Sipilis?


Dengan pengobatan biasanya dapat menyembuhkan kondisi ini. Seseorang yang alergi terhadap pengobatan dapat diobati dengan antibiotik lain. Jika aktif secara seksual, pasangan seksual Anda juga harus melakukan pengobatan. Hindari melakukan hubungan atau aktifitas seksual sampai menyelesaikan pengobatan. Dan dinyatakan sembuh oleh dokter.

Di Klinik Utama Gracia menangani beberapa pengobatan sipilis. Pengobatan yang dilakukan sangat sesuai dengan standar nasional. Klinik ini sangat mengutamakan kesembuhan dan kepuasan setiap pasiennya. Hanya dengan menghubungi kami di nomor 081336361555 Anda sudah bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Atau dengan menggunakan layanan konsultasi online kami dibawah ini.

Baca Juga : Fakta Tanda-Tanda Penyakit Sipilis


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.